10 Kelebihan Telegram Dibanding WhatsApp

kelebihan telegram yang tidak dimiliki whatsapp

Hadirnya aplikasi instant messenger perlahan mampu menggeser SMS sebagai media untuk berkirim pesan. Terbukti dengan jarangnya orang menggunakan SMS saat ini, kebanyakan orang lebih memilih mengirim pesan pakai aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau LINE. Tidak salah sih memang, karena layanan pesan instan memang memberikan berbagai kenyamanan yang tidak bisa ditemui di SMS.

Read more! Cara Menghilangkan Centang Biru di WhatsApp

Berbicara soal aplikasi chatting, mungkin kamu akan bilang bahwa WhatsApp adalah yang terbaik. Ya, hal tersebut memang benar adanya. Namun, jika itu dilihat dari sisi jumlah pengguna karena WhatsApp memiliki basis pengguna terbesar di dunia untuk aplikasi chatting. Namun, bagaimana dengan fitur lainnya?

Kalau kamu belum tahu, di luar sana ada aplikasi yang mirip dengan WhatsApp. Mirip karena sama-sama aplikasi chatting, pun tampilan dan fitur keduanya tidak jauh berbeda. Aplikasi tersebut adalah Telegram yang dibuat oleh Pavel Durov, seorang jenius berkebangsaan Rusia.

Nama Telegram di Indonesia memang tidak terlalu tenar. Namun, Telegram memiliki basis pengguna yang tidak kalah dengan WhatsApp dan layanan berkirim pesan lainnya. Bahkan, Telegram memiliki beberapa keunggulan yang belum tentu dimiliki pesaingnya.

Kelebihan Telegram, Aplikasi Chatting yang Powerfull

Pavel Durov menjunjung tinggi privasi pengguna telegram

Tidak hanya sekedar aplikasi bertukar pesan, ada puluhan kelebihan yang dimiliki aplikasi chatting berlogo pesawat kertas ini. Apa saja?

1. Gratis

Sampai sekarang Telegram masih menggratiskan layanannya digunakan oleh siapapun, tanpa terkecuali. Semua fitur dalam aplikasi ini bisa kamu gunakan secara bebas tanpa khawatir harus membayar.

WhatsApp juga gratis sih, cuma dulu pernah memungut biaya berlangganan setelah penggunaan selama setahun. LINE sendiri juga memonetisasi aplikasinya menggunakan iklan dan langganan berbayar (Official Account dan Sticket Premium). Sedangkan BBM bisa digunakan gratis, tapi dengan iklan yang mengganggu setiap scroll timeline.

2. Pesan di Telegram Terkirim Lebih Cepat

Kelebihan ini bisa kamu rasakan karena Telegram menggunakan server berbasis cloud computing. Jadi, pesan yang dikirimkan terasa lebih cepat terkirim. Dan karena berbasis cloud, kamu tak perlu khawatir kehabisan memori penyimpanan karena semua datamu tersimpan rapi dalam server Telegram.

3. Ukuran Aplikasi Lebih Kecil

Telegram (v4.9.1) hanya memiliki ukuran sebesar 15MB saja. Sebagai perbandingan, WhatsApp (v2.18.306) memiliki ukuran sebesar 30MB. Sedangkan BBM (v3.3.9.130) malah lebih tinggi dengan 34MB. LINE (v8.16.2) memiliki ukuran paling besar yaitu 88MB.

4. Dukungan Multi Platform yang Sempurna

Umumnya, setiap aplikasi chatting memiliki dukungan multi platform agar bisa digunakan di beberapa perangkat berbeda. Meski begitu, Telegram saya katakan sebagai juaranya. Pertama, kamu bisa dengan bebas menggunakan Telegram via smartphone, web browser, dan aplikasi PC.

WhatsApp sendiri mengharuskan smartphone harus tetap standby saat kamu login ke WhatsApp Web. Berbeda dengan Telegram yang bisa digunakan secara bebas dalam perangkat manapun. Hal ini dikarenakan Telegram menggunakan sistem berbasis cloud yang membuat sinkronisasi data menjadi lebih baik.

Pun demikian untuk aplikasi desktop, WhatsApp hanya bisa diinstal di komputer dengan sistem operasi Windows 10 64bit. Padahal, Telegram bisa kamu instal di Windows 7 sekalipun, bahkan di Mac OS dan Linux.

5. Kapasitas Berbagi File yang Lebih Besar

Pernahkah kamu mengalami kendala gagal kirim file karena ukuran file yang terlampau besar. Hal ini memang wajar terjadi karena WhatsApp hanya memberikan ukuran maksimal sebuah file yang dikirim sebesar 16MB saja. Sangat jauh berbeda dengan Telegram yang mampu mengirimkan file dengan ukuran mencapai 1.5GB per file-nya.

File yang dikirimkan pun tidak terbatas, bisa lagu, foto, video, dokumen, file zip, dan sebagainya.

6. Daya Tampung Grup yang Lebih Banyak

Fitur ini bisa jadi solusi kalau kamu memiliki/tergabung dalam sebuah komunitas dengan jumlah anggota yang banyak, sampai ribuan mungkin. Untuk tetap terhubung, grup chat sering dijadikan solusi. Namun, jumlah maksimal member yang bisa masuk grup terkadang menjadi kendala. Sampai-sampai grup harus dipecah ke beberapa bagian karena tidak bisa menampun banyak orang.

WhatsApp sendiri memiliki kapasitas maksimal grup sebanyak 256 orang yang tadinya hanya 100 orang per grup. Sedangkan Telegram memberikan batasan mencapai 5000 orang per grup-nya. Wow!

7. Adanya Fitur Channel

Ini adalah fitur yang paling saya suka dari Telegram. Dengan fitur channel, pengguna bisa mengikuti berbagai channel yang sesuai dengan minat pengguna. Nantinya pengguna yang sudah subcribe channel tertentu, akan mendapatkan informasi dari channel tersebut. Informasi di dalam channel bersifat satu arah.

Read more! 11 Channel Telegram yang Wajib Diikuti

Sebaliknya, sebagai seorang yang memiliki engagement besar, kamu bisa memanfaatkan channel Telegram untuk membagikan sesuatu kepada pengikutmu (followers). Jadi, sama-sama untung, kan?

8. Tersedianya Bot

Bot sendiri adalah aplikasi yang nantinya bisa berjalan sesuai dengan perintah yang telah kita masukkan. Fitur ini sangat membantu dalam melakukan berbagai hal tanpa harus kamu melakukannya secara manual. Asiknya lagi, kamu bisa membuat bot sendiri di Telegram. Tentunya dengan fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri.

9. Interaktif

Interaktif disini terkait dengan aktivitas yang bisa dilakukan dalam aplikasi selain sekedar berkirim pesan. Tentunya fitur standar seperti mention, reply, forward, dan hastag tetap ada. Telegram juga menyediakan sticker untuk menambah interaksi dalam sebuah percakapan, tentunya sticker lebih interaktif daripada sekedar emoticon. Selain itu, kamu diperbolehkan membuat sticker-mu sendiri.

10. Last but Not Least, Aman!

Sejauh ini, privasi dan keamanan adalah fitur unggulan Telegram. Faktor ini juga yang membuat segelintir orang lebih memilih memakai Telegram daripada layanan pesan instan lainnya. Perlu kamu ketahui, informasi pribadi pengguna Telegram tersimpan aman (tidak disebarluaskan kepada siapapun). Jadi, tak perlu khawatir datamu disalahgunakan.

Read more! Tips Membuat Password Aman

Chat yang kamu kirim via Telegram juga hanya diketahui olehmu dan penerima saja, tidak untuk orang lain. Ditambah adanya fitur Secret Chat yang memungkinkanmu melakukan chatting secara privat dengan seseorang. Chat yang dikirimkan melalui Secret Chat akan otomatis terhapus dalam jangka waktu yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Bagaimana, masih mau bilang Telegram itu jelek?

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel