11 Channel Telegram Keren yang Harus Kamu Ikuti

Telegram itu pada dasarnya sama saja seperti aplikasi chatting lainnya, seperti WhatsApp atau LINE. Hanya saja di Telegram kamu akan menemukan beberapa fitur yang tidak akan kamu temukan di aplikasi pesan instan lainnya. Fitur tersebut adalah 'channel'.

koleksi channel telegram keren

Layaknya YouTube, Telegram juga mempunyai fitur channel yang memungkinkan kamu melakukan subscribe kepada channel yang kamu sukai. Selanjutnya, kamu akan menerima update dari channel tersebut.

Masalahnya adalah tidak banyak informasi mengenai channel yang ada di Telegram. Mungkin karena memang aplikasinya yang kurang populer di Indonesia. Tapi tenang, disini saya akan memberikan 10 rekomendasi channel keren di Telegram untukmu. Berikut list-nya.

1. Belajar Jualan

Kenal sama nama Dewa Eka Prayoga? Jika belu tahu, dia adalah salah satu ahli di bidang internet marketing. Ilmunya dalam berjualan sudah diakui banyak orang. Mas Dewa ini juga menuangkan ilmunya ke dalam beberapa judul buku. Ada juga grup Facebook yang sudah memiliki anggota lebih dari 170 ribu. Di channel ini kamu akan mendapatkan banyak ilmu tambahan tentang konsep berjualan. Sangat cocok untuk kamu pelaku bisnis.


2. Nofi Bayu Darmawan

Mas Nofi ini masih sejalur dengan Dewa Eka Prayoga, dia juga merupakan sosok penting di dunia digital marketing. Sudah banyak sekali produk yang ia pasarkan, baik itu skala nasional atau internasional. Mas Nofi ini juga merupakan founder aplikasi insightzilla yang merupakan tool untuk mencari target pasar yang tepat. Jika kamu ingin mendalami lebih jauh tentang digital marketing, channel ini tentu sangat cocok buatmu.


3. Belajar Libre Office Indonesia

Libre Office adalah aplikasi sejenis Microsoft Office yang notabene fungsinya sama. Satu hal yang membedakan Libre Office dengan Microsoft Office adalah lisensi gratisnya. Ya, kamu dapat menggunakan Libre Office secara bebas tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Channel Belajar Libre Office Indonesia atau disingkat BLOI ini merupakan channel buatan Kang Taufik Hidayat. Di dalamnya dibeberkan berbagai tips dan trik mudah untuk memaksimalkan penggunaan Libre Office.


4. Ruang Karya GimpScape Indonesia

Bermula dari sebuah grup di Telegram, GimpScape Indonesia menjelma menjadi sebuah komunitas besar yang punya banyak anggota. Fokus utama komunitas ini adalah membahas berbagai hal yang berkaitang dengan FOSS (Free/Libre Open Software). Ya, semacam aplikasi open source untuk lebih mudahnya.


5. English Club Resources

Buat kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris, channel ini mungkin akan sangat membantu. Berisikan berbagai penjelasan lengkap dari bahasa Inggris, seperti Speaking, Listening, Grammar, Pronunciation dll.


6. CodePolitan

CodePolitan adalah sebuah website yang membahas semua hal yang berbau dengan coding atau bahasa pemrograman. Kamu bisa belajar PHP, HTML, CSS, Javascript dan bahasa pemrograman lainnya disana. Semuanya gratis! Selain itu ada juga banyak informasi yang bisa kamu dapatkan untuk menambah wawasan kamu.


7. Kabar Linux

Sama seperti CodePolitan, Kabar Linux juga merupakan sebuah website. Bedanya, informasi yang diberikan disini semuanya fokus ke Linux. Cocok banget lah sama kamu yang mungkin pengguna atau bahkan penggila Linux.


8. Facebook Marketing Enthusiast

Kamu punya toko online? Pernah pakai metode Facebook Ads untuk berjualan? Jika belum, kamu harus ikuti channel ini. Kenapa? Disini banyak sekali ilmu yang akan kamu dapatkan tentang pemasaran produk yang optimal dengan cara beriklan di Facebook atau FB Ads.


9. Airul


Siapa dia? Mas Airul ini sangat terkenal di Facebook karena sering membagikan pengalamannya tentang internet marketing. Dia adalah contoh pebisnis yang bisa dijadikan acuan untuk belajar. Pengalamannya sudah banyak dan tidak perlu diragukan lagi. Kamu juga bisa mengikuti channel-nya untuk mendapatkan update cerita dari Mas Airul tentang pengalamannya.


10. Koleksi Bot

Channel ini khusus membahas tentang pengembangan Bot di Telegram. Kamu bisa memanfaatkannya untuk lebih mengasah ilmu pemrograman kamu.


11. Telegram Beta

Jika kamu masih merasa awam menggunakan Telegram atau bahkan masih asing dengan fitur-fitur di dalamnya, channel ini bisa kamu ikuti. Semuanya yang berkaitan dengan Telegram akan dibahas disini, entah itu fitur, tips, atau update rilisan terbaru.


Diberdayakan oleh Blogger.