10 Aplikasi Chatting Terbaik dengan Fitur Komplit

Aplikasi chatting terbaik versi TeknoSee

Dulu mungkin SMS merupakan andalan bagi siapa saja yang ingin mengirima pesan. Namun, pergeseran jaman yang semakin modern ternyata menuntun manusia untuk bisa melakukan aktivitas lebih cepat, termasuk dalam hal berkirim pesan. Itulah alasan yang menyebabkan munculnya aplikasi chatting atau instant messenger.

Sesuai namanya, instant messenger memberikan kecepatan dalam mengirimkan pesan. Kamu juga tidak lagi menggunakan pulsa, melainkan kuota. Hal ini dirasa lebih efektif karena pulsa terhitung boros jika digunakan untuk SMS, belum lagi untuk telepon. Hingga saat ini sendiri sudah ada banyak aplikasi chatting yang tersebar di luar sana dan bisa digunakan dengan bebas.

Berikut 5 aplikasi instant messenger terbaik versi TeknoSee.

1. WhatsApp

WhatsApp diakuisisi Facebook tahun 2014

Rasanya memang sangat sulit jika tidak menempatkan WhatsApp pada urutan pertama. Selain simpel dan ringan, kamu juga tidak akan menemukan iklan yang mengganggu ketika menggunakan aplikasi yang kini jadi anak perusahaan Facebook ini. Tampilannya juga tidak neko-neko dengan fitur yang memang difokuskan untuk chatting. Jadi, tidak heran kalau WhatsApp menjadi aplikasi chatting paling banyak diinstal di dunia.

2. LINE

LINE adalah instant messenger yang berasal dari Jepang

Apa yang saya dari LINE adalah kelengkapan fitur yang dimilikinya. Hal pertama yang diunggulkan LINE ketika aplikasi rilis adalah fitur sticker yang merupakan pembaruan dari fitur emoticon yang biasa kamu gunakan saat chatting-an. Dengan sticker, kamu jadi lebih bisa mengekspresikan perasaan melalui pesan yang kamu kirimkan.

Fitur lain yang saya suka dari LINE adalah LINE Today yang merupakan kanal berita milik LINE itu sendiri. Jadi, dengan bermodalkan aplikasi LINE saja kamu sudah bisa mendapatkan deretan berita terbaru langsung dari perangkatmu. Hal tersebut masih ditunjang berbagai fitur lain seperti grup, voice call, hingga nearby yang merupakan fitur mencari teman terdekat denganmu saat itu.

3. Telegram

Telegram menjamin keamanan data penggunanya

Nama Telegram memang terdengar cukup asing, termasuk oleh pengguna di Indonesia. Meski begitu, Telegram nyatanya sangat digemari banyak orang di berbagai belahan dunia. UI aplikasi ini sangat mirip dengan WhatsApp, hanya saja dengan warna dominan biru.

Lalu apa yang diunggulkan dari Telegram. Berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya, Telegram menjamin keamanan yang lebih bagi semua penggunanya. Ada juga fitur channel yang memungkinkanmu mengikuti banyak channel sesuai kesenanganmu. Jadi, selain untuk chatting, Telegram juga bisa kamu gunakan untuk menimba ilmu dengan fitur channel-nya.

4. Facebook Messenger

Messenger Facebook tersedia dalam dua versi, normal dan lite

Meski sudah mengakuisisi WhatsApp pada tahun 2014 silam, hal tersebut tak lantas membuat Facebook puas. Untuk mereka yang memiliki akun Facebook juga difasilitasi dengan fitur chatting khusus, yaitu Facebook Messenger. Tak kalah dengan aplikasi chatting lain, Facebook Messenger juga mendukung fitur yang tergolong lengkap, seperti voice call, video call, kirim gambar/dokumen/file dll.

5. Discord

Game harus punya Discord untuk berkomunikasi dengan teman online-nya

Kalau yang satu ini sangat cocok digunakan jika kamu merupakan seorang gamer. Discord memang dibuat dan dikhususkan untuk mereka yang suka main game, terutama game multiplayer. Kamu bisa main game bareng teman-temanmu sambil berbicara atau mengirim pesan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan saat kamu memainkan game yang membutuhkan kerjasama tim, seperti Mobile Legends atau DotA.

6. BBM (BlackBerry Messenger)

BBM sudah tidak populer lagi di Indonesia

Walau sudah banyak ditinggalkan, BBM masih memiliki basis penggemarnya sendiri di beberapa negara. Namun, memang harus diakui kalau BBM sudah 'usang' di Indonesia. Nampaknya strategi melepas aplikasi BBM ke Android dan iOS adalah langkah yang salah. Memang dulu pengguna BBM menjadi sangat marak. Namun, makin kesini aplikasi ini semakin ditinggalkan karena dianggap berat, terlalu banyak iklan, dan tampilannya yang cenderung membosankan.

Terlepas dari itu semua, setidaknya BBM tetaplah aplikasi chatting yang mampu membuat banyak orang kecanduan pada masanya dulu.

7. Google Allo

Allo bisa digunakan sebagai pengganti SMS di Android

Allo adalah aplikasi chatting terbaru milik Google untuk menggantikan Hangouts karena sepi pengguna. Lahir dengan nuansa baru, Allo berhasil mencuri sebagian besar pengguna Android. Selain untuk memenuhi kebutuhan bertukar pesan, Allo bisa juga digunakan sebagai pengganti SMS default di smartphone. Jadi, SMS dan chatting bisa kamu lakukan bersamaan dengan satu aplikasi saja.

8. WeChat

WeChat berasal dari China, biasanya digunakan untuk login akun game PUBG

Sebenarnya WeChat adalah aplikasi yang populer di China. Namun, banyak juga pengguna di Indonesia yang menggunakan WeChat sebagai alternatif aplikasi chatting. Kalau untuk dijadikan yang utama sih saya kurang merekomendasikan. Tapi, jika kamu adalah orang yang suka menggunakan aplikasi buatan China, seperti PUBG. Memiliki akun WeChat rasanya harus kamu pertimbangkan.

9. Viber

Viber bisa dipakai untuk mengirimkan pesan hingga 7000 karakter

Tidak termasuk sebagai aplikasi chatting terbaru karena Viber sudah rilis sejak lama, hanya saja namanya memang kurang terdengar. Padahal Viber memiliki fitur yang keren, salah satunya adalah mampu mengirimkan pesan hingga 7000 karakter.

10. SimSimi

SimSimi adalah aplikasi chatting dengan bot atau AI (Artificial Intelegence)

Buat kamu yang butuh teman chatting tapi tidak tahu mau chat siapa mungkin bisa mencoba SimSimi. Kamu bisa mengirimkan berbagai pertanyaan dengan bebas, apapun pertanyaan kamu akan tetap dijawab. Ya, karena yang kamu chat bukanlah manusia, melainkan bot! Ya, setidaknya bisa buat hiburan daripada bingung gak ada kerjaan.

Itulah 10 aplikasi chatting terbaik yang bisa kamu gunakan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel