10 Hero Mobile Legends Ini Mirip dengan Hero Arena of Valor, Siapa yang Plagiat?

Pihak Moonton dituduh plagiat (meniru) hero dari moba lainnya

Sedari awal, kedua game ini (Mobile Legends dan Arona of Valor) memang menimbulkan banyak kontroversi di kalangan pemainnya. Hal yang paling dipermasalahkan dari kedua game tersebut adalah kemiripan hero Mobile Legends dengan AOV. Banyak yang menilai Mobile Legends menjiplak AOV, ataupun sebaliknya.

Read More! Penjelasan Alpha Testing, Closed Beta, dan Open Beta

Kemiripan yang dimaksud disini bisa dikatogorikan ke dalam beberapa faktor, seperti tampilan, skin, atau skill hero yang bersangkutan. Daripada penasaran, berikut 8 hero ML dan AOV yang sangat mirip. Siapa saja, ya?

1. Tigreal (ML) | Thane (AOV)

TigrealThane

Kemiripan antara dua hero ini sebenarnya sangatlah mencolok. Mulai dari penampilan, senjata, sampai skill yang dimiliki keduanya bisa dibilang sangat mirip. Sebut saja skill 2: Sacred Hammer milik Tigreal dan skill 1: Valiant Charge milik Thane, kedua skill tersebut sama-sama digunakan untuk menggiring musuh ke area yang ditentukan pemain.

2. Sun (ML) | Wukong (AOV)

SunWukong

Sebenarnya karakter 'raja monyet' ini memang sering diadaptasi menjadi karakter sebuah video game. Sebut saja Dinasty Warrior dan Samurai Warrior. Untuk versi MOBA juga banyak, Dota 2, Vainglory, League of Legends, Mobile Legends, dan Arena of Valor juga mengadopsi karakter 'raja monyet ini.

Namun, sesuai tema di artikel ini, saya hanya akan membangingkan dua hero yaitu Sun dan Wukong. Meski memiliki penampilan yang nyaris sama, skill yang dimiliki keduanya bisa dibilang agak sedikit berbeda dari segi kemampuan.

Sun di Mobile Legends mampu mengeluarkan hingga dua clone dengan skill Clone Techniques. Sedangkan Wukong hanya bisa sesaat menghilang dan mengeluarkan satu clone saja dengan skill Shadow Clone.

3. Akai (ML) | Zuka (AOV)

Akai

Akai dan Zuka adalah hero dengan perawakan menyerupai panda. Kalau ini sih bisa dikatakan sangat mirip. Lihat saja tampilan dua hero ini, hampir benar-benar sama bukan? Akai dan Zuka juga mempunyai skill yang sama, yaitu melompat ke arah target area yang dipilih.

4. Franco (ML) | Grakk (AOV)

FrancoGrakk

Persamaan paling mencolok antara Franco dan Grakk adalah skill hook yang mereka miliki. Skill ini memiliki kemampuan untuk menarik musuh ke arah kita. Namun, untuk ultimate skill mereka agak berbeda dari segi efek. Ulti yang dimiliki Franco hanya bisa digunakan untuk satu musuh saja, sedangkan Ulti milik Grakk bersifat area.

5. Hilda (ML) | Taara (AOV)

HildaTaara

Hero yang mengandalkan skill regenerasi ini juga tak kalah mirip. Jika Power of Megalith milik Hilda bisa mempercepat regenerasinya ketika di semak-semak, Steel Body milik Taara akan mengerahkan seluruh potensi hero ini untuk melakukan regenerasi.

6. Grock (ML) | Lumburr (AOV)

GrockLumburr

Sama-sama hero bewujud monster batu, kedua hero ini dianggap sebagai sebuah kemiripan. Jika Grock mampu membuat dinding pertahanan dengan skill Guardian's Barrier yang dimilikinya, Lumburr mampu menghentakkan bumi untuk menyerang musuh secara horizontal dengan skill Earth Splintter miliknya.

7. Gord (ML) | Natalya (AOV)

GordNatalya

Untuk urusan tampilan sih kedua hero ini memiliki tampilan yang berbeda, bahkan tak ada mirip-miripnya. Namun, ultimate skill yang dimiliki kedua hero ini memiliki sebuah kesamaan. Baik Mystic Gush milik Gord atau Lethal Rays milik Natalya sama-sama mampu mengeluarkan sinar laser untuk mematikan musuh-musuh di sekitar mereka.

8. Hylos (ML) | Payna (AOV)

HylosPayna

Meski tak serupa dari segi wujudnya, setidaknya dua hero ini memiliki kesamaan dalam konsepnya, yaitu sama-sama memiliki perwujudan setengah manusia dan setenga hewan. Kesamaan lain dari hero ini adalah perannya yang mirip. Hylos berperan sebagai tank support dan Payna berperan sebagai support.

9. Nana (ML) | Krixi (AOV)

NanaKrixi

Nana adalah seorang gadis dengan perwujudan setengah binatang, sedangkan Krixi adalah seorang peri hutan dengan paras yang cantik. Apa yang sama dari kedua hero ini adalah skill mereka yang mirip. Nana dan Krixi sama-sama memiliki kemampuan menembakkan aura. Kedua serangan tersebut juga memiliki peran yang sama, yaitu akan kembali ke arah pemain setelah ditembakkan. Mirip boomerang gitu.

10. Karina (ML) | Butterfly (AOV)

KarinaButterfly

Kedua hero assasin ini adalah hero pembunuh yang sangat kuat dengan skill-nya masing-masing. Baik Karina atau Butterfly juga memiliki kecepatan tinggi yang membuat mereka berdua mampu melancarkan serangan mematikan dari kombinasi skill yang mereka miliki.

Sebenarnya terlepas dari mirip atau tidaknya mereka, sebagai player yang baik haruslah tetap menghargai satu sama lain. Jangan saling bully karena kamu pro dengan salah satu game. Perbedaan itu indah kok. Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.