PUBG vs Free Fire! Mana Game Battle Royale Terbaik?


Sejak tahun 2018 yang lalu, PUBG dan Free Fire menjadi game dengan genre Battle Royale yang digandrungi para gamer, termasuk Indonesia. Tak dapat dipungkiri, kedua game ini memiliki graphic, story, gameplay, sound, dan overall rating yang bagus, sehingga daya tariknya begitu kuat. Ditambah dengan maraknya mobile gaming yang jelas semakin mendongkrak popularitas keduanya.

Kendati demikian, sebenarnya antara PUBG dan Free Fire memiliki perbedaan yang dapat membuat gamer lebih tertarik untuk memainkan salah satu. Nah, bagi kamu yang belum pernah memainkan PUBG atau Free Fire, atau hanya pernah bermain salah satu, mungkin akan penasaran seperti apa perbedaannya.

PUBG VS Free Fire

Kamu perlu mengetahui perbandingan PUBG VS Free Fire terlebih dahulu supaya bisa menentukan mana yang lebih seru dan menantang.  Berikut perbandingan kedua game ini dari segi gameplay maupun fitur, diantaranya:

1. Ikon pada Lobby Utama

Pada lobby utama, PUBG dan Free Fire sama-sama memiliki ikon setting, mode, dan add friends. Namun perbedaannya, dalam Free Fire ada ikon memilih karakter untuk tokoh yang kamu mainkan. Sedangkan dalam PUBG ikon itu tidak ada.

2. Mode Game

Saat kamu bermain game PUBG, maka mode permainan yang bisa kamu coba diantaranya Arcade, Classic, TPP (Third Person Shooter), FPP (Firts Person Shooter), Solo, Duo, dan Squad. Sedangkan pada game Free Fire mode yang bisa kamu gunakan, diantaranya mode Classic, Rush Hour, Ranked, Death Race, Solo, Duo, dan Squad.

3. Jumlah Pemain

Game PUBG dan Free Fire sama-sama merupakan game Royal Battle. Namun jumlah pemain yang dibutuhkan berbeda. Di PUBG mengharuskan 100 pemain, sedangkan Free Fire hanya memerlukan 50 orang.

4. Cara Terjun

Dua rival ini sama-sama mengawali permainannya dengan menerjunkan para gamer dari pesawat ke lokasi map yang telah ditentukan. Letak perbedaannya, pada saat penerjunan PUBG menggunakan sky diving tanpa papan peluncur, sedangkan Free Fire menggunakan sky boarding. Dari sini dapat dikatakan cara penerjunan PUBG lebih terasa nyata.

5. Waktu Zona Aman

Setelah melakukan pendaratan, pemain PUBG dan Free Fire harus berada dalam zona aman agar dapat bertahan hidup. Kedua game ini memiliki peringatan dan durasi untuk menuju zona aman. Keduanya memiliki batas waktu yang berbeda, tapi hanya sekitar beberapa detik saja.

6. Jenis Zona

Antara PUBG vs Free Fire sama-sama memiliki zona merah yang harus dijauhi oleh para pemain. Zona merah ini berisi banyak bahaya, diantaranya pengeboman. Namun bedanya, Free Fire juga memiliki zona UAV yang menjadi tanda bahwa keberadaan kamu dekat dengan musuh. Zona ini dapat dideteksi melalui drone.

7. Fitur Map

PUBG terdapat 4 map, yakni Erangel, Miramar, Sanhok, dan Vikendi. Erangel menjadi tempat yang paling banyak disukai para gamers. Sedangkan Free Fire memiliki 2 map, yakni Mad Dog dan Bermuda.

8. Grafis

Kekurangan Free Fire ialah pada kualitas menu dan grafis. Berbeda dengan PUBG, game ini memiliki lebih banyak menu grafis dan tekstur senjatanya terlihat lebih nyata. Namun untuk rerumputan, Free Fire memiliki tampilan yang lebih jelas.

9. Penamaan Rank Pass

Pemain harus meningkatkan rank pass untuk memperoleh item-item unik. Perbedaannya, rank pass dalam PUBG namanya Royale Pass. Sedangkan dalam Free Fire dinamakan Fire Pass.

10. Server

Kamu akan mendapati bahwa server Free Fire lebih baik dari PUBG. Hal ini dikarenakan Free Fire telah memiliki server lokal yang ada di Indonesia. Sedangkan server PUBG masih berbasis benua, yakni Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Hasilnya, Free Fire lebih stabil, ringan meski berspesifikasi tinggi, dan dapat berjalan dengan lancar.

11. Pertempuran

PUBG memiliki jumlah senjata yang lebih banyak. Selain itu, pertempuran di PUBG dapat dikatakan lebih sulit daripada Free Fire. Mengapa demikian? Karena di Free Fire kamu sudah bisa menembak musuh walau dari jarak jauh dan tak perlu mengeker senjata (auto-aim), dengan syarat target musuh yang terkunci berwarna merah.

12. Senjata

Ada beberapa senjata yang sama dalam PUBG dan Free Fire, diantaranya AKM dan Groza. Namun ada juga beberapa senjata yang berbeda. PUBG memiliki Energy Drink dan Painkillers yang berfungsi untuk menambah kecepatan lari.

Read more! Download PUBG Lite PC

Sedangkan Free Fire memiliki senjata jamur yang berguna untuk menambah nyawa. Kendati demikian, PUBG tetap unggul dalam hal senjata, karena PUBG memiliki 25 jenis senjata, sedangkan Free Fire hanya memiliki 18 jenis senjata.

13. Fitur Pendukung

Ada beberapa fitur pendukung yang membuat kedua game ini semakin digemari banyak orang di Indonesia. Pada PUBG, game ini bekerja sama dengan Resident Evil, selalu update sesuai season, dan dapat dimainkan menggunakan emulator resmi. Sedangkan Free Fire memiliki fitur pendukung berupa hewan peliharaan.

Fitur pendukung ini masih akan terus di-update seiring berjalannya waktu.

14. Slogan Pemenang

Ketika pemain berhasil bertahan hidup dan menang, kedua game ini sama-sama memunculkan slogan sebagai bentuk penghargaan. PUBG menyebutnya dengan istilah 'Winner Winner Chicken Dinner', sedangkan di Free Fire akan muncul tulisan 'Boyah'.

Masing-masing orang tentu memiliki sense yang berbeda dalam menentukan pilihan game. Maka dari itu, kamu harus mencoba bermain PUBG dan Free Fire secara langsung untuk mendapatkan sensasi Battle Royale tersendiri. Menurutmu, siapa yang terbaik?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel