10 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka (Error/Crash)

penyebab play store tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya

Meski Android merupakan sistem operasi mobile terpopuler, tidak lantas Android luput dari error dan bug. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan pengguna Android ialah Play Store tidak bisa dibuka.

Hal ini tentu sangat mengganggu karena Play Store bisa diibaratkan sebagai porosnya Android. Bagaimana tidak? Kebutuhan dasar seperti download dan update aplikasi membutuhkan Play Store sebagai media penengahnya.

Mengapa Play Store Tidak Bisa Dibuka?

Ada banyak hal yang mendasari masalah krusial ini. Namun, yang jelas ada sebuah kesalahan entah pada aplikasi atau sistem smartphone-mu. Ada kemungkinan juga kalau HP kena virus yang menyebabkan masalah pada kinerja beberapa aplikasi. Atau faktor lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Lalu, jika masalah tersebut terjadi, apa yang harus dilakukan?

1.Restart Smartphone

Cara paling sederhana untuk mengatasi kendala pada smartphone adalah dengan memulai ulang perangkat atau restart. Meski sepele, tips ini nyatanya benar dan terbukti berhasil menyelesaikan beberapa masalah minor, termasuk Google Play yang error. Saya pribadi juga sering memilih restart sebagai opsi pertama, misalkan gagal baru coba cara lain yang lebih kompleks.

2. Bersihkan Cache

Cache merupakan data yang diunduh otomatis ketika kamu membuka aplikasi tertentu. Data yang disimpan bersifat sementara yang berfungsi mempercepat loading saat kamu menjalankan aplikasi untuk kali kedua dan seterusnya. Namun, cache ini akan terus menumpuk seiring penggunaan smartphone. Semakin banyak akan semakin menguras ruang penyimpanan.

Tak jarang cache yang menumpuk terlalu banyak menjadi biang keladi error-nya Play Store saat dibuka. Jika kamu mengalaminya, kamu bisa coba membersihkan cache Play Store. Caranya dengan pergi ke Setting - Apps - Play Store - Clear Cache.

membersihkan cache pada aplikasi google play store

3. Force Stop

Jika membersihkan cache tidak memberikan pengaruh apa-apa, coba hentikan paksa aplikasi Play Store yang sedang berjalan dengan menekan tombol Force Stop. Letak tombolnya berada di samping atau di bawah tombol 'Clear Cache'.

cara menghentikan paksa aplikasi google play store melalui pengaturan

Setelah melakukan Force Stop, coba buka Play Store kembali. Di beberapa kondisi, cara ini bisa berhasil.

4. Menyelaraskan Tanggal dan Waktu

Terkadang, tanpa disadari pengaturan jam di smartphone itu bisa berbeda (tidak sinkron dengan aslinya). Hal tersebut sedikit banyak bisa berpengaruh pada ketidakseimbangan smartphone, salah satunya Google Play yang tidak bisa dibuka.

Jika hal ini juga terjadi kepadamu, silahkan diatur ulang. Gunakan setting-an otomatis saja dan pilih 'GMT+7' yang merupakan zona waktu Indonesia. Untuk mengaturnya, kamu tinggal masuk ke Setting - Date & Time.

mengatur tanggal dan waktu di android agar sama dengan zona waktu Indonesia

5. Matikan VPN atau Proxy yang Sedang Aktif

Memang tidak ada bukti konkrit bahwa menggunakan VPN bisa menyebabkan error pada Play Store. Saya sendiri belum pernah mengalaminya. Namun, apa salahnya dicoba, toh tinggal dinonaktifkan saja.

6. Pakai VPN

Kebalikan poin nomor 5, terkadang VPN justru memiliki peran penting dalam mengatasi berbagai masalah. Membuka situs yang diblokir misalnya. Dalam hal ini, VPN juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi Play Store yang tidak mau dibuka karena terkadang terdapat kesalahan jaringan atau error pada koneksi internet yang kamu gunakan.

7. Sinkronisasi Ulang Akun Google

Bukan rahasia lagi kalau akun Google (Gmail) merupakan hal wajib agar Android dapat berjalan lancar tanpa kendala. Sinkronisasi akun Google juga dibutuhkan untuk mendapatkan berbagai pembaruan seperti notifikasi email, kontak yang kamu simpan di Google Cloud, dan berbagai hal lain.

Play Store yang loading terus terkadang disebabkan oleh gagalnya sinkronisasi. Coba lakukan re-sync atau hapus akun Google dari perangkat dan tambahkan kembali. Di beberapa kasus, cara ini terbukti manjur.

cara menyinkronkan gmail di android

8. Aktifkan Airplane Mode

Apapun yang terjadi, internet harus dalam keadaan prima agar segala aktivitas di smartphone berjalan baik. Jika kamu menemui Google Play yang loading terus (tidak mau nge-load) bisa jadi itu disebabkan oleh masalah koneksi yang sedang trouble.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghidupkan airplane mode dan matikan kembali dalam beberapa saat.

cara mengaktifkan dan menonaktifkan airplane mode

Selanjutnya, lakukan tes dengan browsing atau download video YouTube. Kalau lancar, coba buka Play Store kembali.

9. Hapus Data Play Store

Kalau sudah agak jengkel karena gagal di berbagai cara, cobalah hapus data aplikasi Play Store. Tenang saja, tindakan ini tidak akan menghapus aplikasi yang sudah kamu download sebelumnya, kok. Cuma, biar refresh aja gitu.

Untuk melakukannya, kamu bisa masuk ke Setting - Apps & Notifications - Play Store - Clear Data.

membersihkan data pada aplikasi google play store

Jika smartphone-mu sudah di-root, kamu bisa lakukan instal ulang Play Store juga. Tapi, kamu membutuhkan bantun aplikasi pihak ketiga agar bisa menghapus aplikasi bawaan Android. Saya rekomendasikan pakai System App Remover.

10. Factory Reset

Kalau semua cara sudah kamu lakukan dan tidak ada yang berhasil, opsi terakhir yang bisa kamu ambil adalah factory reset atau flashing. Dengan cara ini, saya jamin masalah Play Store tidak bisa dibuka karena no connection (tidak ada sambungan), loading terus, server error, tidak bisa download, atau bahkan sering force close, dan sebagainya akan langsung beres.

cara reset android

Hanya saja, sebagai gantinya kamu akan kehilangan semua data, informasi login dan seluruh aplikasi yang sudah kamu download. Karena setelah di-flash, smartphone akan kembali seperti baru ketika pertama kali digunakan. Jika memang kamu memutuskan untuk melakukan factory reset, sebaiknya backup dulu semua data dan aplikasi penting agar bisa di-restore nantinya.

Itulah 10 cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka versi TeknoSee. Ingat, masalah tersebut bisa terjadi kapan saja dan tidak peduli apa perangkat yang kamu gunakan. Entah itu Xiaomi, Samsung, Huawei, bahkan Google Pixel sekalipun. Jadi, usahakan untuk selalu memperlakukan ponselmu dengan baik. Jangan asal pakai saja, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel