Moto G5S Plus, Smartphone Murah dengan Kualitas Premium

harga dan spesifikasi moto g5s plus

Beberapa minggu belakangan, dunia bisnis ponsel sempat digemparkan dengan resmi dirilisnya sebuah ponsel canggih karya perusahaan Motorola. Sejak dulu, Motorola memang selalu mengusung ponsel bertema canggih yang jauh lebih baik di kelasnya.

Ponsel tersebut merupakan Moto G5S Plus. Awalnya, ponsel ini dikabarkan tidak akan rilis di Indonesia. Namun karena banyaknya minat penduduk Indonesia akan produk ini, Motorola kemudian resmi merilisnya pada bulan September lalu.

Meskipun lebih lama beberapa hari dari tanggal rilis resmi di India, ternyata antusiasme masyarakat Indonesia tidak main-main. Ketika produk ini baru saja mengumumkan pre-order dengan harga yang jelas lebih murah, masyarakat Indonesia diklaim telah memesan melebihi kuota yang telah Moto sediakan. Hanya dalam waktu 5 hari saja, pihak Motorola telah mengatakan bahwa stok produk Moto G5S Plus telah habis.

Melihat banyaknya masyarakat Indonesia yang menyerbu produk ini, pasti timbul pertanyaan mengenai keistimewaannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai keunggulan produk terkait yang hingga kini masih banyak diburu oleh customer di Indonesia.


1. Spesifikasi Unggul

spesifikasi moto g5s plus sejajar dengan ponsel flagship
Image via RapidLeaks
Spesifikasi yang dimiliki oleh ponsel ini merupakan salah satu faktor terbesar mengapa ponsel ini mampu menembus pasar Indonesia dengan cepat. Secara umum, banyak yang menekankan bahwa produk ini mempunyai spesifikasi mumpuni yang sangat layak dinyatakan sebagai ponsel berkualitas. Spesifikasi Moto G5S Plus saya katakan unggul dikarenakan beberapa hal berikut ini:

Processor

Yang pertama adalah prosesor. Lenovo sebagai induk perusahaan Motorola membekali prosesor jenis Qualcomm Snapdragon 625 octa-core. Qualcomm jenis ini dipandang sangat berkualitas, apalagi dengan power CPU yang mencapai 2GHz. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan produk lain dalam kelasnya. Dengan processor diatas, ponsel ini mampu untuk beroperasi lebih cepat. Sangat cocok bagi para professional yang membutuhkan ponsel dengan daya akses yang cepat.

Storage & Memory

Storage yang ditawarkan juga tidak main-main. Memory internal yang ditanamkan mencapai 32 GB bersama dengan RAM 4GB. Itupun masih bisa di-ekspansi dengan Micro SD hingga 256GB. Angka ini merupakan angka yang sangat jarang ditemukan. Perpaduan memori internal dengan processor di atas merupakan perpaduan sempurna untuk sebuah ponsel pintar yang bisa diandalkan kapan saja. Bahkan untuk gaming, ponsel ini juga direkomendasikan.

Gorilla Glass 3

Moto G5S Plus juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3. Apa artinya? Artinya adalah layar ponsel memiliki pelindung luar biasa dari goresan, bahkan ponsel akan baik-baik saja ketika terjatuh. Gorilla Glass 3 ini biasa dipakai oleh ponsel kelas atas. Jadi, tidak diragukan lagi bahwa fitur yang ditanamkan pada ponsel Motorola ini merupakan fitur yang berkelas.

Sensor Pendukung

Selain itu, ponsel ini juga memiliki sensor yang biasanya juga ditanamkan pada ponsel berkelas. Tidak tanggung-tanggung, ponsel ini memiliki sensor accelerator, fingerprint, proximity dan bahkan ambient light.

2. Daya Baterai yang Awet

kapasitas baterai yang besar membuat moto g5s plus bisa tahan seharian
Image via CNET
Baterai yang dipasangkan pada ponsel yang dirilis pada pertengahan bulan lalu itu dibekali baterai yang akan memanjakan penggunanya. Motorola membekali ponsel ini dengan daya 3.000 mAh.

Tentu dengan daya yang sangat tinggi, pengguna jadi tidak perlu sering melakukan charger. Baterai Moto G5S Plus ini juga mendukung fitur TurboPower yang akan memberikanmu daya tambahan dengan charging selama 15 menit saja. Tentu saja ini akan sangat berguna bagi orang-orang yang menjadikan ponsel sebagai bagian dari pekerjaan penting mereka.

3. Versi Android Terbaru

update android nougat ke oreo
Image via CNET
Lagi-lagi, produk ini mampu menarik perhatian karena telah menggunakan Android 7.1 Nougat. Pun itu masih dijanjikan adanya update ke Android 8.0 Oreo. Perlu diketahui bahwa belum banyak ponsel yang menyematkan sistem operasi Android terbaru. Beberapa produk yang akan menggunakan Android versi yang sama baru akan dirilis dalam beberapa bulan ke depan.

Versi yang ditawarkan oleh produsen ponsel ini juga tidak akan memasukkan aplikasi bloatware atau aplikasi lainnya yang akan mengganggu sistem ponsel. Kamu bisa download aplikasi sesuai keinginan kamu di Play Store atau situs penyedia aplikasi terpercaya, seperti JalanTikus. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang hanya ingin mempunyai aplikasi penting saja dan tentunya sesuai kebutuhan pengguna.

4. Dual Camera

teknologi dual camera 13mp dengan sensor rgb dan monokrom
Image via XDA Developers
Ponsel ini memiliki Dual Camera yang berarti bahwa ada dua kamera untuk pemotretan. Kedua kamera merupakan kamera dengan tingkat yang sangat bisa diandalkan, yaitu 13 MP. Sebagai dual kamera yang berada dibelakang, keduanya dilengkapi sensor yang berbeda. Kamera pertama dibekali sensor RGB, sedangkan kamera lainnya dibekali dengan sensor monokrom.

Aperture dari kamera ini juga tidak kalah menarik, yaitu hanya f/2.0 saja. Dengan fitur tersebut, pengguna mampu mengambil gambar dengan angle yang lebih lebar dari ponsel biasa. Untuk menunjang kemampuan kamera, dibekali juga dual-LED flash yang siap membuat gambar menjadi lebih menawan. Mau bikin foto bokeh juga bisa. Pokoknya semua kebutuhanmu dalam mengambil gambar disajikan dengan sempurna.

5. NFC dan Fingerprint

sensor sidik jari di tombol home
Image via CNET
Seperti yang telah disebutkan di atas, ponsel ini memiliki sensor fingerprint atau sidik jari. Dengan adanya fitur ini, tentu produsen ponsel memikirkan keamanan pelanggan. Dengan sensor sidik jari, pengguna bisa dengan mudah mengamankan data pada ponsel. Keamanan dengan sidik jari seperti yang ditanamkan pada Moto G5S Plus merupakan sistem keamanan terbaik yang sangat direkomendasikan.

Selain fingerprint untuk urusan keamanan pengguna, ada juga NFC. NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Salah satu fungsinya adalah untuk melakukan pembayaran, baik untuk melakukan pembayaran pada minimarket ataupun pada urusan infrastruktur seperti transportasi umum.

Sistem pembayaran NFC sudah banyak diterapkan di negara maju seperti Amerika. Pembayaran melalui NFC diklaim lebih aman dan bisa mempermudah pengguna ponsel untuk pergi ke mana saja tanpa membawa uang tunai.

Harga

Harga yang ditawarkan oleh produsen ponsel ini masih bisa dibilang terjangkau dengan segala keunggulan yang diberikan, meskipun dijual di Indonesia. Jika ponsel sekelas Moto G5S Plus ini dijual di pasaran, mungkin harganya sekitar 4 atau 5 jutaan.

Mengapa mahal? Selain karena mempunyai processor paling bagus, versi OS terbaru serta beberapa kelebihan lainnya, ponsel ini memiliki fitur dual camera yang merupakan suatu hal paling dicari di pasar ponsel saat ini. Bahkan, fitur dual camera biasanya hanya dimiliki oleh ponsel berkelas dengan banderol yang tinggi.

Namun, kenyataannya harga Moto G5S Plus dibanderol kurang dari 4 juta. Bahkan selama masa pre-order, ponsel ini dipasarkan dengan harga 2,9 jutaan saja. Dalam pasaran normal, harga diperkirakan hanya akan berkisar dari 3 - 3,5 jutaan.

Dengan spesifikasi mumpuni dan harga yang ramah di kantong, Motorola Moto G5S Plus layak disebut sebagai pendatang baru berkualitas yang ekonomis. Kapan lagi coba kamu bisa punya smartphone murah dengan kualitas premium?

Banner: PCMag

Diberdayakan oleh Blogger.