5 Fitur Unggulan yang Dimiliki Android O

android 8.0 oreo open wonder

Resmi dirilis tanggal 21 Agustus 2017 kemarin, Android O menjadi sebuah perbincangan yang hangat baru-baru ini. Sistem operasi mobile buatan Google ini menjadi versi ke-8 dari Android yang mengusung codename 'Oreo'. Ini adalah kali kedua Google menggunakan nama sebuah brand untuk codename Android. Sebelumnya, Google juga pernah menggunakan brand KitKat sebagai codename Android 4.4.

Menghadirkan sebuah sistem operasi baru tentu Google sudah menambahkan beberapa pembaruan dan fitur baru untuk Android 8.0 Oreo. Di artikel ini, saya akan membahas apa saja fitur unggulan yang dimiliki si Oreo ini.

Berikut 5 fitur unggulan dari Android O:


1. Picture-in-Picture

multitasking dalam satu layar

Fitur ini dikhususkan untuk kamu yang gemar multitasking, misal chatting sembari nonton video. Saat kamu keluar dari sebuah aplikasi dengan menekan tombol home, aplikasi sebelumnya akan menjadi sebuah pop-up yang bisa kamu pindahkan ke berbagai sudut layar smartphone-mu. Setelah itu, kamu bisa membuka aplikasi lain untuk melakukan multitasking. Ya, gampangnya sih kamu bisa melakukan dua hal sekaligus dalam satu waktu.

2. Notification Dots

lihat pemberitahuan langsung di ikon aplikasi

Notification Dots adalah penyempurnaan dari fitur notifikasi di android yang dilakukan dengan cara 'swipe down'. Dengan fitur ini kamu tidak perlu lagi melakukan swipe down, melainkan hanya tap & hold ikon aplikasi yang ingin kamu lihat notifikasinya dan seketika semua notifikasi dari aplikasi yang bersangkutan akan diperlihatkan. Keren kan?

3. Autofill with Google

isi otomatis form login

Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengguna saat ingin login ke akun social media mereka. Fitur autofill di Android O akan menyimpan username dan password yang kamu gunakan untuk login, jadi tidak perlu repot-repot mengingat banyak password untuk banyak akun.

Meski begitu, usahakan untuk tetap mengingat username dan password dari masing-masing akun milikmu. Jika kamu seorang pelupa, alangkah baiknya membuat sebuah catatan yang berisi username dan password dari berbagai akun. Hal ini penting karena kedua data tersebut kadang dibutuhkan untuk keperluan verifikasi kepemilikan akun dan berbagai kebutuhan lainnya.

4. Smart Text Selection

copy paste jadi lebih mudah

Android O juga memudahkanmu untuk menyalin informasi dari berbagai sumber. Jika sebelumnya untuk melakukan copy-paste kamu harus scroll sendiri mana kata yang ingin disalin, di Android 8.0 Oreo fitur ini sudah lebih disempurnakan. Android O memiliki pengenalan frasa dan kata yang lebih luas yang akan memudahkanmu. Cukup satu kali tap, kata yang kamu inginkan akan terpilih otomatis. Fitur ini akan memudahkanmu ketika ingin menyalin kata seperti alamat atau nomor telepon.

5. Peningkatan Performa dan Lebih Hemat Daya

mengatasi baterai boros

Untuk menunjang kebutuhan manusia yang semakin kompleks, Android O diklaim memiliki performa yang lebih disempurnakan daripada versi-versi sebelumnya. Selain itu, konsumsi baterai yang digunakan juga sedikit lebih irit. Dengan dukungan baterai kapasitas besar, tentunya fitur ini akan membuat daya smartphone semakin awet dan tidak mudah drop.

Android O juga menghadirkan Google Play Protect untuk melindungi Play Store dari aplikasi berbahaya. Jadi, jika ditemukan aplikasi yang mengandung malware, aplikasi tersebut akan langsung dihapus peredarannya dari Play Store. Dengan begitu, pengguna juga merasa lebih aman saat ingin mengunduh aplikasi di Play Store.

Itulah ke-5 fitur unggulan yang dimiliki Android 8.0 Oreo. Siap-siap beli deh kalau sudah rilis.

Diberdayakan oleh Blogger.