Cara Mengetahui Versi Android di Smartphone yang Digunakan

android 5.0 lollipop

Android adalah sistem operasi mobile yang namanya mungkin sudah tidak asing lagi terdengar. Sistem operasi berlogo "robot ijo" ini sudah sangat umum digunakan di smartphone. Bahkan 80% orang di dunia memilih menggunakan OS buatan Google ini di ponselnya.

Android sendiri sebenarnya masih bisa dikatakan sebagai sistem operasi yang tergolong baru jika dibandingkan dengan iOS, Windows Phone, dan BB OS. Namun, sejak diilis pertama kali, Android tumbuh secara pesat dan bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan. Android juga merupakan sistem operasi open source berbasis Linux yang berarti pengguna punya kontrol penuh akan hape-nya. Mungkin hal tersebutlah yang menjadi daya tarik Android daripada sistem operasi lainnya.

list lengkap versi android

Kepopuleran Android sendiri baru terlihat saat versi 2.3 Gingerbread. Kala itu, Samsung merilis Galaxy Young yang dibanderol dengan harga 900.000an. Nama Android pun kian populer ketika membeli lisensi pesan instan BBM (Blackberry Messenger) agar bisa digunakan untuk platform Android hingga sampai seperti sekarang.


Cara Mengetahui Versi Android yang Digunakan

Sistem operasi ini memiliki versi yang berbeda-beda, sampai sekarang Android sudah sampai di versi 7. Di setiap versinya, Google juga memberikan nama yang unik yang diurutkan sesuai abjad agar mudah untuk diingat. Meski begitu, tak jarang pengguna tidak tahu berapa versi android yang sedang digunakan. Padahal cara mengeceknya sangat mudah, lho. Langsung saja, ya?

1. Buka menu Setting, scroll ke bawah dan cari opsi About Phone

2. Dalam tab About, kamu akan menemukan opsi Android Version yang ditulis dengan angka. Angka tersebutlah yang menunjukkan versi Android smartphone kamu.

3. Agar lebih jelas, klik menu Android version dengan cepat. Nantinya akan muncul sebuah animasi sesuai versi Android yang digunakan. Lihat gambar dibawah.

Screenshot 1 Screenshot 2Screenshot 3

FYI, dalam animasi di setiap versi Android, kamu juga akan disuguhkan game simple yang bisa kamu mainkan, lho. Bagaimana, sangat mudah kan caranya? Jadi, jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan informasi tentang versi Android yang digunakan, kamu bisa mengeceknya dengan mudah.

Nama Versi Android

Untuk lebih jelasnya, berikut list lengkap versi Android dari awal sampai sekarang.

Alpha (1.0), Beta (1.1), Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0 - 2.1), Froyo (2.2 - 2.2.3), Gingerbread (2.3 - 2.3.7), Honeycomb (3.0 - 3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0 - 4.0.4), Jelly Bean (4.1 - 4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0 - 5.1), Marshmallow (6.0 - 6.1), Nougat (7.0).

Diberdayakan oleh Blogger.