BBM Untuk Bisnis, Kenapa Tidak?

memanfaatkan bbm untuk berjualan online

Di era yang sudah sangat maju seperti sekarang, semakin banyak orang yang tertarik untuk terjun di dunia bisnis online. Salah satu bisnis online yang paling sering diminati adalah berjualan produk via online karena selain mudah juga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengelolanya.

Untuk kamu yang tidak punya modal pun tetap bisa mencoba bisnis ini dengan sistem Dropship. Dropship adalah sistem berjualan dimana penjual tidak membutuhkan stock barang. Barang yang dijual diambil dari supplier, jadi tidak membutuhkan modal dan tidak perlu stock barang.

Media yang digunakan untuk berjualan pun bermacam-macam. Bisa dengan membuat website atau menggunakan media sosial untuk berpromosi. Selain itu, aplikasi Instant Messanger seperti BBM juga bisa kamu manfaatkan lho. Meskipun tidak sepouler dulu, BBM masih memiliki hati di Indonesia. Jadi, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Untuk memaksimalkan BBM dalam urusan bisnis, coba lakukan tips sederhana berikut.


1. Gunakan Akun Khusus

Agar tidak ribet, pisahkan akun pribadi dan akun yang dipakai untuk bisnis. Kamu bisa lebih mengelola bisnis yang kamu jalankan dengan akun khusus. Sebaliknya, akun pribadimu bisa kamu gunakan untuk promosi akun bisnis kamu. Jadi semua terpakai.

Kalau merasa ribet harus menggunakan dua buah smartphone, instal saja dua aplikasi BBM dalam satu smartphone. Caranya? Gunakan Parallel Space untuk menggandakan akun.

2. Tambah Kontak Sebanyak Mungkin

cara menambah kontak bbm

Semakin banyak kontak yang kamu miliki tentu akan berpotensi lebih tinggi untuk menggaet banyak pelanggan. Kamu bisa mengajak teman-temanmu, rekan kerja atau siapapun. Bergabunglah juga di forum-forum untuk lebih memperluas promosi. Lakukan proses ini sebanyak mungkin, tapi kamu juga harus memperhatikan kesesuaian kontak dan bisnis yang kamu jalankan.

3. Perhatikan Broadcast Message

Seringnya banyak orang yang kurang memperhatikan broadcast message dalam promosi produk. Ingat, tidak semua orang dalam kontakmu menginginkan pesan yang kamu sebar secara masal itu. Mereka yang tidak senang tentu akan menganggap broadcast yang kamu kirimkan "mengganggu". Kalau sudah begini, jangan heran kalau satu per satu kontak akan pergi.

Kirimlah broadcast message dalam batas wajar, berkala namun jangan terlalu sering sehingga oang yang menerima pesan tersebut tidak merasa terganggu. Berikan juga penawaran khusus dan kata-kata menarik agar pesanmu dibaca dan tertarik membeli produk yang kamu tawarkan.

4. Update Status Berkala

Selalu beri tahu pelanggan kamu dengan melakukan update status jika ada produk dan penawaran khusus yang kamu berikan. Ganti juga DP (Display Picture) BBM kamu secara berkala. Bagaimanapun juga, akun yang terlihat aktif akan lebih menarik perhatian di mata pengunjung. Jangan sampai akun yang kamu kelola terlihat "mati" karena jarang update.

Poin utama dalam menggunakan BBM untuk bisnis adalah memperhatikan kenyamanan terhadap kontak yang kamu miliki. Kalau mereka merasa nyaman, tentu produk yang kamu jual akan lebih diminati. 

Diberdayakan oleh Blogger.