5 Tips Simpel Memperpanjang Daya Baterai Smartphone

tips menghemat baterai Android

Baterai memang bisa dikatakan sebagai masalah utama para pengguna smartphone di luar sana. Mau pakai iPhone, Android atau Windows Phone sekalipun rasanya baterai tetaplah boros. Hal ini sebenarnya wajar karena smartphone memang didesain untuk melakukan banyak tugas dalam satu waktu. Belum lagi banyak fitur canggih yang ditambahkan ke dalam ponsel yang mungkin malah membuatnya 'semakin' boros baterai.

Walaupun rasanya mustahil untuk membuat smartphone menjadi irit, setidaknya ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat daya tahan baterai menjadi lebih lama.


Tips Memperpanjang Daya Baterai Smartphone

1. Kurangi Kecerahan Layar

Layar yang terlalu terang selain tidak baik untuk kesehatan mata juga akan berimbas pada daya baterai. Tentunya dengan semakin tingginya kecerahan akan membuat baterai lebih cepat habis. Kamu bisa mengurangi kecerahan layar saat berada di dalam ruangan dan mengaturnya lagi sesuai kebutuhan saat berada di luar ruangan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Screen Filter yang membuat layarmu menjadi lebih gelap.

2. Kurangi Penggunaan Widget

Widget adalah salah satu fitur yang membuat tampilan Android menjadi lebih cantik. Selain itu, widget juga lebih memudahkan kita dalam mengakses aplikasi-aplikasi yang ada di dalam ponsel. Misal saja kamu bisa melihat timeline di Twitter tanpa harus membuka aplikasi Twitter. Tapi lebih baik kurangi penggunaan widget jika ingin menghemat baterai.

3. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Fitur ini akan melakukan sinkronisasi terhadap email, kontak, kalender, drive dan data-data lainnya. Yang jadi masalah adalah tidak semua orang membutuhkan fitur ini. Tidak semua orang butuh notifikasi real time terhadap email mereka. Jadi sebaiknya kamu matikan saja fitur ini dan hidupkan dikala kamu membutuhkannya.

4. Matikan WiFi dan Bluetooth Saat Tidak Digunakan

Terkadang ada beberapa orang yang tidak mematikan wifi atau bluetooth saat tidak menggunakannya. Entah karena lupa atau memang malas mematikannya. Padahal kedua fitur ini jelas akan menyedot banyak daya baterai. Wifi akan selalu mencari sinyal wifi terdekat yang ada dalam jangkauan, begitu juga dengan bluetooth. Kamu akan kehilangan banyak daya baterai jika tidak ada perangkat yang tersambung.

5. Gunakan Modus Terbang (Airplane Mode) Saat Tidak Ada Sinyal

Pernah berada di tempat yang miskin sinyal? Jika iya, kamu lebih baik menggunakan modus terbang saat dalam posisi tersebut. Saat kondisi tidak ada sinyal, handphone akan tetap berusaha mencari sinyal. Proses ini akan memakan banyak daya baterai. Akan lebih baik jika kamu beralih ke modus terbang untuk menghemat baterai.

#Note: Tips memperpanjang daya baterai di atas akan efektif diterapkan untuk smartphone yang memiliki kapasitas baterai kecil (kurang dari 2000mAh).

Diberdayakan oleh Blogger.