4 Langkah Mengamankan Akun Sosial Media

facebook, twitter, instagram, path, pinterest

Social media atau jejaring sosial sudah menjadi tren tersendiri di jaman sekarang. Bisa dikatakan, mayoritas orang di dunia ini pasti punya akun sosmed. Upload foto atau sekedar cek timeline sudah menjadi rutinitas wajib setiap orang dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Tapi apakah kamu pernah berfikir tentang keamanan akun yang kamu miliki? Di jaman yang serba teknologi seperti sekarang, makin banyak juga orang tidak bertanggung jawab (cracker). Banyak kasus peretasan akun sosmed yang kemudian digunakan untuk kepentingan mereka yang tentunya merugikan si pemilik akun.

Hal ini terjadi karena si pemilik "mungkin" tidak memperdulikan keamanan akun miliknya. Yang penting bisa akses saja tanpa memikirkan hal lain seperti yang saya jelaskan di atas. Nah, untuk mencegah peretasan sekaligus menambah keamanan akun media sosial, hal berikut ini bisa kamu terapkan.


1. Gunakan Verifikasi Dua Langkah

Email adalah salah satu jalan bagi untuk meretas akun sosmed. Jadi penting juga menjaga keamanan email. Layanan email seperti Gmail dan Yahoo memberikan fasilitas two-factor authentication kepada penggunanya untuk menambah keamanan akun. Namun, tidak sedikit orang mengabaikan atau bahkan tidak tau sama sekali tentang fitur ini. Dengan menggunakan fitur ini, kamu akan diberikan kode konfirmasi yang dikirim via SMS setiap kamu akan login. Jadi, kamu harus memasukan password dan kode konfirmasi untuk login. Terkesan ribet ya? Memang, tapi untuk masalah keamanan, cara ini bisa saya katakan sangat efektif.

2. Jangan Asal Login di Berbagai Perangkat

memasukan username dan password untuk login

Biasanya, orang cenderung membuka akunnya di handphone atau PC pribadi mereka. Tapi, jika karena suatu alasan kamu diharuskan login di perangkat lain, alangkah baiknya kamu lebih berhati-hati. Kamu bisa memanfaatkan incognito mode pada browser yang kamu gunakan. Dengan begitu username dan password tidak akan tersimpan dan akun akan logout otomatis saat kamu menutup browser. Hal ini sangat berguna jika suatu saat kamu lupa tidak logout.

3. Gunakan Password Panjang dan Ganti Secara Berkala

Dengan alasan gampang diingat, sebagian orang lebih suka menggunakan kata sandi yang pendek. Itupun hanya menggunakan huruf atau angka saja, alhasil password menjadi sangat mudah untuk diretas. Untuk membuat pasaword yang susah dibobol, saya sarankan agar membuatnya panjang dan dikombinasikan antara huruf, angka juga karakter spesial untuk lebih memperkuat sandi. Jangan gunakan kata yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama seseorang. Ganti juga secara berkala untuk lebih meningkatkan keamanan akun milikmu.

4. Pasang Antivirus

Memang terkesan kurang relevan sama topik yang dibahas. Antivirus disini cenderung untuk lebih meningkatkan keamanan dari segi perangkat yang digunakan. Bukankah penting juga menjaga security device yang kamu gunakan? Dan jangan lupa untuk di-update secara berkala agar antivirus bisa mengenali virus baru yang muncul.


Sudah melakukan semua hal diatas?

Diberdayakan oleh Blogger.