Tips Atasi Penyimpanan Android Agar Tak Cepat Penuh

media penyimpanan data jaman dulu

Pernah mendapat notifikasi "tidak tersedia cukup ruang pada perangkat" saat instal aplikasi via Play Store? Hal tersebut dikarenakan memori ponsel sudah penuh sehingga tidak memungkinkan lagi bagi penggunaanya untuk menambah aplikasi baru.

Masalah tersebut terjadi karena pengguna jarang memantau penggunaan penyimpanan android miliknya. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir penggunaan memori. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa dalam menginstal banyak aplikasi.


1. Perhatikan Resolusi

semakin tinggi resolusi semakin tinggi juga ukuran file-nya

Berapa kisaran ukuran foto yang tersimpan di ponselmu? 1MB, 2MB atau lebih besar? Ukuran layar smartphone sekarang berkisar antara 4-5 inch. Dengan ukuran layar yang cenderung kecil (dibanding komputer) menyimpan file multimedia seperti foto dan video dengan resolusi tinggi bisa saya katakan percuma!

Memang benar resolusi yang lebih tinggi akan memberikan kualitas gambar yang lebih tajam. Namun, jika file tersebut dilihat dari layar smartphone yang hanya 4-5 inch, sekilas foto akan terlihat sama saja. Oleh karenanya, gunakan resolusi secukupnya saja. Ini akan sangat berpengaruh pada ukuran file yang berguna untuk menghemat resource penyimpanan android kamu.

2. Hapus Cache Secara Berkala

Saat kamu menjalankan suatu aplikasi di android, sistem akan menyimpan data aplikasi tersebut. Data itulah yang disebut cache yang digunakan sistem untuk mengakses aplikasi lebih cepat saat aplikasi akan dibuka kembali. Walau terlihat menguntungkan, cache akan terus menumpuk jika dibiarkan.

Selain itu cache yang dibiarkan menumpuk justru akan memperlambat kinerja Android milikmu. Menghapus cache secara berkala sangat dianjurkan untuk menghemat ruang penyimpanan. Untuk menghapusnya, masuk ke pengaturan - aplikasi - pilih aplikasi - clear cache. Atau kamu bisa menggunakan tool tambahan seperti CCleaner dan App Cache Cleaner yang tersedia gratis di Play Store.

3. Tambahkan Memori Eksternal

menyimpan data di memori eksternal untuk menghemat space

Walau smartphone sekarang sudah dibekali dengan internal storage dengan kapasitas bejibun, tidak sedikit orang yang masih merasa kurang dengan kapasitas yang disediakan. Kamu bisa menggunakan memori tambahan jika memang tersedia slot eksternal untuk memori.

4. Gunakan Layanan Cloud Storage

salah satu layanan cloud storage yang paling banyak digunakan

Sekarang ini sudah banyak layanan cloud storage yang bisa kamu gunakan secara gratis. Dengan menggunakan Android saja, kamu bahkan secara otomatis sudah memiliki kapasitas 15GB di Google Drive yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai data milikmu. Masih kurang? Kamu bisa pakai penyedia lain seperti Dropbox atau Mediafire.

Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan Google Photos untuk menyimpan foto dan video milikmu via cloud. Mereka memberikan fasilitas backup otomatis dan kapasitas unlimited lho!

5. Uninstall Bloatware

Bloatware adalah sebutan untuk aplikasi bawaan yang bisa dikatakan "tidak berguna". Sayangnya, bloatware tidak bisa dihapus tanpa adanya akses super user. Untuk  mendapatkannya, kamu harus melakukan root terlebih dahulu. Tapi harap diingat, root akan membuat garansi ponselmu hilang. Jadi pikirkan baik-baik, ya!

Diberdayakan oleh Blogger.