6 Fitur Pilihan yang Hadir di Android Nougat

Nama resmi Android N adalah Nougat
Android N via lifehacker.com
Android versi 7.0 akhirnya resmi diberi nama Android Nougat yang rencananya akan hadir sekitar bulan September 2016 ini. Nougat akan membawa banyak pembaruan untuk menyempurnakan versi sebelumnya, Marshmallow. Bocoran fiturnya pun sudah ada dan berikut TeknoSee merangkum 6 fitur pilihan di versi terbaru ini. Apa saja?


6 Fitur Pilihan di Android Nougat

1. Multi Window

Multi Window mungkin adalah fitur terbaik yang paling ditunggu para pengguna Android. Fitur ini membuat kamu bisa menjalankan 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar. Bagi pengguna tablet, pengguna bahkan bisa mengatur ukuran jendela aplikasi. Namun, tidak semua aplikasi dapat dijalankan dalam mode ini. Wajar saja, masih fitur baru.

2. Data Saver

Android Nougat membaa pembruan untuk fitur data saver
gambar via www.slashgear.com
Terkadang, penggunaan data menjadi masalah serius bagi sebagian pegguna si robot ijo. Mereka mengeluhkan tidak adanya kontrol untuk aplikasi yang menghabiskan data. Oleh karena itu, adanya fitur atau aplikasi seperti Opera Max yang bisa mengontrol penggunaan kuota sangat dibutuhkan oleh konsumen. 

Di Android versi 7.0 ini kamu bisa mengontrol aplikasi apa saja yang diizinkan menggunakan data dan mana yang tidak. Fitur ini sebenarnya sudah hadir di Android versi sebelumnya, namun Data Saver di Android Nougat ini hadir lebih baik dengan banyak pembaruan.

3. Changes to Doze

Boros baterai juga menjadi hal yang sering dikeluhkan pengguna Android. Bagaimana tidak, disaat kamu tidak menggunakan Android sekalipun, baterai akan tetap berkurang. Di Android Marshmallow yang lalu sudah dihadirkan fitur Doze yang akan membuat Android tertidur saat stasioner. Namun, kali ini fitur Doze akan otomatis aktif saat layar dimatikan. Ini akan membuat penggunaan baterai smartphone kamu jauh lebih hemat dari sebelumnya.

4. New Settings Menu

tampilan menu setting di Nougat lebih cantik
gambar via www.slashgear.com
Menu setting yang disediakan di Android sebenarnya sudah bagus dan gampang dipahami bahkan oleh pengguna awam sekalipun. Dan di Android Nougat ini, kamu akan mendapatkan menu setting yang lebih baik lagi. Kamu bisa melihat berapa banyak data yang digunakan atau melihat berapa banyak RAM yang digunakan suatu aplikasi tanpa harus benar-benar melihatnya secara detil.

5. Always On VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah salah satu cara untuk menyamarkan identitas saat browsing dengan mengganti alamat IP ke negara lain.  Untuk sekedar informasi, Apple masih menjadi jawara dalam hal keamanan. Tapi, meskipun Android tidak seaman iPhone, dengan fitur baru ini setidaknya Google selangkah lebih maju untuk membuat perangkat Android lebih aman lagi.

6. New Quick Setting

Marshmallow sendiri sudah menghadirkan fitur Quick Setting, tapi Nougat memberikan beberapa pembaruan untuk fitur ini. Sekarang, kamu bisa menyesuaikann setting mana yang akan ditampilkan dalam menu.

Satu sentuhan di ikon setting ini akan menampilkan informasi dalam kotak notifikasi. Untuk mendapat informasi lengkap, kamu bisa tap and hold (sentuh dan tahan) ikon yang bersangkutan yang kemudian akan membawamu ke informasi yang lebih detil.

Menarik ya sepertinya? Siap-siap deh beli smartphone baru.

Diberdayakan oleh Blogger.