Tips Cerdas Sebelum Membeli Smartphone Baru

lakukan tips ini sebelum beli smartphone baru

Gadget atau smartphone sudah sangat melekat di kehidupan masyarakat saat ini. Mungkin bisa dibilang sekarang tidak ada orang yang tidak pakai smartphone, ya karena memang perangkat ini sangat memudahkan manusia dalam melakukan berbagai macam pekerjaan.

Semua perangkat elektronik termasuk smartphone tentunya memiliki masa pakai, dengan kata lain harus diganti pada saat tertentu karena telah mengalami penurunan performa atau masalah lain. Terkadang setelah penggunaan dalam jangka waktu lama, kita berpikir untuk ganti smartphone baru. Tapi, banyak yang masih suka salah dalam memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan.


1. Kapasitas RAM

Ram sangat berperan penting dalam mempercepat kinerja smartphone. Semakin banyak aplikasi, semakin banyak pula ram yang akan digunakan. Untuk sekarang, ram 1GB bisa dikatakan adalah standar pemakaian. Tapi, semua kembali ke kebutuhan masing-masing pengguna.

2. Kapasitas Baterai

Baterai boros adalah salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan para pengguna smartphone. Maka dari itu, pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Setidaknya dengan kapasitas baterai yang besar bisa meminimalisir masalah boros baterai pada gadget kamu.

3. Kapasitas Penyimpanan

Yang ini juga tidak kalah penting, karena ukuran aplikasi juga semakin besar. Ditambah dengan banyaknya bloatware yang membuat ruang penyimpanan makin sesak saja. Pilihlah ponsel dengan storage paling tidak 8GB serta memiliki dukungan memori eksternal untuk tambahan karena penyimpanan internal saja tidak cukup.

4. Sistem Operasi

memilih sistem operasi smartphone yang sesuai kebutuhan

Ada 3 sistem operasi mobile yang menguasai pangsa pasar smartphone yaitu Android, iOS dan Windows Phone. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Namun tidak bisa dipungkiri kalau android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak digemari masyarakat. Saya sendiri lebih menyarankan menggunakan android karena banyaknya aplikasi dan kemudahan akses yang dimilikinya.

5. Kamera

pertimbangkan kualitas kamera saat membeli smartphone

Tidak seperti dulu, fitur kamera sekarang sudah menjadi fitur wajib untuk sebuah smartphone. Maraknya penggunaan sosmed membuat aplikasi kamera ini semakin vital saja. Bahkan dari waktu ke waktu kualitas kamera yang dimiliki semakin bagus saja. Jangan sampai mengabaikan yang satu ini.

6. Harga

'Harga memang tidak pernah bohong', suatu ungkapan sakral yang memang bisa dikatakan merupakan sebuah kebenaran. Tapi tidak lantas barang dengan harga murah kualitasnya jelek, sekarang sudah banyak produsen smartphone yang mampu membuat ponsel pintar dengan spesifikasi tinggi namun tetap dengan harga yang terjangkau. Membeli smartphone itu tidak perlu mahal, yang penting bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari itu sudah cukup.

Diberdayakan oleh Blogger.