5 Emulator PS2 Terbaik untuk Android

main ps2 bisa di pc atau android menggunakan emulator

Apakah kamu rindu berperan sebagai Carl Jhonson di game GTA, atau ingin kembali merasakan serunya baku tembak di game Black? Ya, tak dapat dipungkiri bahwa keseruan game PS2 tak pernah bisa terlupakan.

Kembali mengingat kejayaan PS2, konsol video game besutan Sony Computer Entertainment ini berhasil terjual sebanyak 155 juta unit dengan judul game lebih dari 3.800. Namun kemudian Sony memutuskan berhenti memproduksi PS2 pada tahun 2013, karena Play Station memunculkan generasi ke-3 atau yang dikenal dengan PS3.

Mungkin hingga saat ini masih ada yang memiliki PS2, terutama beberapa rental PlayStation. Namun, sekarang kamu tak perlu khawatir, berkat teknologi yang semakin berkembang membuat game PS2 bisa dimainkan melalui Android yang tentu kamu miliki.

Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mendownload aplikasi tambahan bernama emulator PS2. Adanya emulator ini akan mengobati rasa rindumu dengan game PS2 meski kamu tak memiliki konsol PS2.

Read more! Emulator Android Ringan untuk PC

Emulator sendiri bekerja dengan cara meng-emulasi atau menduplikasi suatu aplikasi dalam platform tertentu agar bisa dijalankan di platform lain. Seperti di artikel ini yang membahas emulator PS2 dimana emulator tersebut memungkinkanmu menjalankan game PS2 di platform lain, yaitu smartphone Android.

Daftar Emulator PS2 Android Pilihan Gamers Indonesia

Bagi kamu yang tertarik untuk memainkan game PS2 di Android, kamu bisa menggunakan salah satu dari 5  rekomendasi emulator PS2 Android versi TeknoSee berikut.

1. Play!

memainkan final fantasy menggunakan emulator ps2 di android

Play! adalah emulator PS2 Android yang hadir pertama kali. Kamu bisa menggunakan emulator ini untuk memainkan semua judul game PS2. Kelebihannya, emulator ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga kamu tak akan kebingungan dalam mengoperasikan.

Selain itu, Play! bisa secara otomatis membaca ISO game PS2. Sayangnya, Play! tidak bisa kamu dapatkan melalui Google Play Store. Tapi, tenang saja karena situs resminya masih online sampai artikel ini dibuat. Jadi, dijamin 100% terpercaya.

2. DamonPS2 Pro

damon menjadi salah satu emulator ps2 yang paling banyak dipertimbangkan

Sebagaimana namanya, Damon PS2 Pro merupakan emulator dengan kategori premium. Untuk mendapatkan emulator ini, kamu perlu membayar Rp.139.999. Cukup mahal, ya? Jangan khawatir, harga yang mungkin tergolong mahal ini sebanding dengan kualitas yang akan kamu dapatkan. Ada beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Damon PS2 Pro, diantaranya HID Gamepad, Widescreen Game, dan mendukung Bilinear Texture Filtering.

Ada sih versi gratisnya, cuma fitur yang diberikan terlalu terbatas dan sangat berdampak banyak pada permainan.

3. PPSS2 Golden

ppss2 golden memiliki banyak fitur unggulan agar game dapat berjalan lancar

PPSS2 Golden dapat dikatakan sebagai emulator PS2 Android terbaik. Mengapa demikian? Karena emulator ini dapat digunakan untuk bermain hampir 90% jenis game PS2. Selain itu, PPSS2 Golden juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya terdapat guideline, pengontrolan yang mudah dan nyaman, serta kamu bebas menentukan tema warna sesuai keinginanmu. Dalam hal kompabilitas, PPSS2 80% kompatibel dengan banyak versi Android.

4. RetroArch

retcorach merupakan emulator ps2 gratis yang cukup powerfull menjalankan beberapa judul game

Bagi kamu yang ingin menggunakan emulator gratis, kamu bisa mencoba menggunakan RetroArch. Kecepatan emulator ini cukup stabil untuk beberapa jenis game. Hanya saja terkadang muncul kendala dalam hal kompabilitas.

5. New PS2 Emulator

emulator bekerja dengan cara meng-emulasi (menduplikat) asset dalam game playstation agar bisa dijalankan di platform lain

New PS2 Emulator merupakan versi terbaru atau lanjutan dari PS2 Emulator. Kelebihan emulator yang diciptakan oleh Robert K. ini dapat mendukung berbagai jenis format file, seperti .img, .bin, .m3u, dan .mdf.

Sedangkan kekurangannya, tidak semua jenis game PS2 bisa dimainkan dengan New PS2 emulator. Beberapa game yang dijalankan dengan emulator ini diantaranya, Resident Evil 2 dan Gran Turismo.
.

Cara Bermain PS2 di Android Menggunakan Emulator

Setelah kamu tahu apa saja emulator yang bisa digunakan untuk bermain PS2 di Android, selanjutnya adalah panduan menggunakan emulator untuk bermain PS2 di Android. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Download Emulator

Kamu bisa memilih salah satu dari daftar emulator yang disebutkan tadi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamananmu. Setelah mengunduhnya, install seperti biasa.

2. Ubah Game PS2 Menjadi File ISO

Cari game yang akan kamu mainkan, kemudian buat sebagai file berformat ISO. Ada banyak software yang bisa kamu gunakan untuk merubah format, salah satunya Ultra ISO. Setelah berhasil merubah, simpan file tersebut dalam Android kamu, terserah lokasinya di manapun.

Atau kamu bisa mengunjungi Emuparadise untuk mengunduh file ISO dari game yang kamu suka secara langsung. FYI, Emuparadise adalah situs penyedia ISO game paling recomended dan lengkap menurut saya pribadi.

3. Buka Kembali Emulator

Langkah terakhir buka emulator dan game (berformat .iso) yang kamu simpan akan terdeteksi secara otomatis. Masing-masing emulator memiliki tampilan berbeda dalam memunculkan game. Selanjutnya tinggal load game yang ingin kamu mainkan dan selesai.

Read more! Pengaturan PPSSPP Terbaik

Untuk mendapatkan performa maksimal, kamu bisa juga melakukan pengaturan manual di dalam aplikasi. Sesuaikan dengan spesifikasi HP yang kamu miliki. Kalau mau enak sih pakai HP dengan spek yang lumayan, minimal memiliki 3GB RAM dan processor kelas menengah seperti Snapdragon 625.

Itulah daftar emulator PS2 Android beserta cara menggunakannya. Mari bernostalgia!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel