2 Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui Pemiliknya

cara melihat status whatsapp tanpa diketahui

Sejak jaman social media (katakanlah Facebook) mulai marak penggunaannya, update status menjadi sebuah hal yang sering dilakukan pemilik akun social media. Bedanya, dulu update status hanya bersifat tulisan dengan beberapa tambahan emoticon. Sekarang, model seperti itu mulai ditinggalkan dan beralih menjadi stories.

Pertamanya, fitur stories diperkenalkan oleh aplikasi chatting bernama Snapchat. Stories memungkinkan pengguna melakukan update status dalam bentuk tulisan, gambar, atau video. Uniknya, stories hanya akan bertahan selama 24 jam sejak dibuat. Jadi, status yang kamu buat tidak akan tersimpan selamanya, melainkan terhapus otomatis 24 jam kemudian setelah dibuat.

WhatsApp atau yang lebih akrab dengan sebutan WA sendiri ikut mengadopsi fitur stories untuk memanjakan penggunanya. Selain berkirim pesan dengan teman dan pacar, kamu juga bisa membagikan keseharianmu melalui status WhatsApp. Nantinya, status yang kamu buat akan didistribusikan ke orang-orang yang menyimpan nomor teleponmu di kontak mereka. Begitupun sebaliknya, kamu juga bisa melihat status orang lain di kontak milikmu.

Si pembuat status nantinya bisa melihat siapa saja yang melihats status WhatsApp mereka. Hal inilah yang seringkali dikeluhkan oleh banyak orang. Gampangnya, mereka ingin bisa melihat status WhatsApp orang tapi si pemilik status tidak mengetahuinya (anonim). Apakah bisa? Tentu!

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan

Sejauh ini, ada 2 cara yang saya anggap paling kredibel dan terbukti mampu 'menghilangkan jejak' saat melihat status WA orang lain. Simak, ya!

1. Mematikan Read Receipts

Pertama, klik ikon titik tiga di bagian pojok kanan bawah dan pilih menu 'Settings'.

buka menu setting di whatsapp

Masuk ke menu 'Account'.

masuk ke menu akun untuk melihat pengaturan privasi pengguna di whatsapp

Kemudian pilih 'Privacy'.

pengaturan privasi adalah pengaturan yang bersifat pribadi

Scroll ke bawah dan hilangkan centang pada opsi bertuliskan 'Read receipts'.

hilangkan centang untuk mematikan fitur read receipts

Read receipts sendiri merupakan fitur yang memungkinkanmu untuk menghilangkan centang biru ketika pesan dibaca. Selain itu, Read receipts juga berfungsi membuat akunmu menjadi anonim ketika melihat status orang lain.

2. Pakai WhatsApp Mod

Sebenarnya cara yang ditawarkan oleh WhatsApp Mod tidak jauh berbeda, hanya saja aplikasi WhatsApp Mod memiliki beberapa fitur tambahan yang lebih canggih dan fleksibel dari versi original-nya. Eniwei, disini saya menggunakan GBWhatsApp.

Pertama, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih opsi 'Privacy'.

gbwhatsapp memiliki pengaturan yang lebih kompleks daripada whatsapp original

Klik pada bagian 'Hide view status' untuk mengaktifkan anonimitas saat melihat status WA orang lain.

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur tambahan lain yang ada pada WhatsApp Mod seperti menghilangkan status online, menghilangkan centang biru, menghilangkan tulisan 'typing' saat menulis pesan, dan lain sebagainya sesuai keinginan. Inilah yang saya maksud dengan fleksibel tadi.

pengaktifan fitur di gbwhatsapp bisa diaktifkan secara terpisah

Selain pengaturan privasi pengguna, GBWhatsApp juga masih memiliki fitur tambahan lain yang bisa kamu akses melalui menu 'GB Settings'.

gbwhatsapp juga memiliki fitur tambahan

Berikut sederet fitur tambahan yang ada di GBWhatsApp. Mulai dari download sticker/tema, auto reply, sampai konfigurasi manual untuk setiap session.

gbwhatsapp memungkinkanmu mengunduh tema, stiker, sampai mengatur auto reply
gbwhatsapp memungkinkanmu mengunduh tema, stiker, sampai mengatur auto reply

Mematikan WhatsApp Sementara (Bonus)

DND Mode atau Do Not Disturb adalah fitur khusus yang hanya bisa diakses melalui WhatsApp Mod (GBWhatsApp). Fungsinya untuk menidurkan WA sementara. Jadi, setelah DND Mode diaktifkan, orang lain tidak bisa mengirimkan chat/call kepadamu. Cocok lah buat kamu yang sedang dalam keadaan tidak ingin diganggu.


Untuk mengaktifkannya, klik ikon sinyal Wi-Fi di sebelah ikon pencarian.

dnd mode adalah singkatan dari do not disturb yang berarti jangan ganggu

Klik OK.

notifikasi pengaktifan dnd mode

Setelah aktif, akan muncul gambar gembok pada sinyal dan notifikasi bertuliskan 'Isn't connected to the internet'. Sesuai tulisannya, kamu tidak akan menerima pesan atau panggilan apapun selama DND Mode aktif.

Untuk menonaktifkannya, tinggal klik kembali ikon sinyal dengan logo gembok.

kamu tidak akan menerima chat atau panggilan apapun saat dalam dnd mode

Bahas seputar WhatsApp Mod seru juga sepertinya. Mungkin besok akan saya buatkan artikel khusus untuk mengupasnya lebih dalam.

Oke, sekian dulu artikel tentang cara melihat status WA tanpa diketahui. See you!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel