4 Cara Download Video di Facebook via PC dan HP

cara download video di facebook

Menjadi social media dengan pengguna terbanyak di dunia, Facebook terus menawarkan fitur baru untuk semakin memanjakan penggunanya. Selain grup dan fanpage, video adalah salah satu fitur Facebook yang paling banyak diminati. Kamu bisa menemukan berbagai video di Facebook dengan mudah, selain itu kamu juga bisa membagikan video di timeline-mu sendiri.

Namun, ada satu masalah disini. Yaitu, kamu tidak bisa mendownload video di Facebook. Lain halnya dengan gambar yang bisa kamu simpan dengan mudahnya, hal yang sama tidak bisa kamu lakukan untuk video. Facebook tidak memberikan fitur unduh video di platform-nya, baik desktop maupun mobile.

Cara Download Video di Facebook

Meski secara langsung kamu tidak diizinkan untuk mengunduh video Facebook, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengakalinya. Berikut caranya:

1. Memanfaatkan Situs Download Video (Desktop & Mobile)

Situs semacam ini sebenarnya ada banyak sekali, tapi sebagai rekomendasi, saya melampirkan 4 situs download video yang menurut saya terbaik, yaitu:


Dari ketiga situs di atas, DreDown merupakan yang paling powerfull karena selain Facebook bisa juga digunakan untuk menyimpan video dari YouTube, Instagram, Vimeo, Twitch, Tumblr dll. Namun, pada dasarnya ketiganya memiliki fungsi yang sama dan bisa digunakan secara bebas dan gratis tentunya.

Pertama, buka video yang ingin kamu unduh dan copy URL-nya.

download video facebook dengan fbdown dan savefrom

Buka FbDown atau situs download video favoritmu, kemudian paste URL yang tadi sudah di-copy ke dalam kolom yang disediakan.

copy url video facebook pada kolom di situs fbdown

Pilih resolusi video dan proses pengunduhan akan berjalan otomatis.

setelah video terdeteksi, pilih resolusi video yang ingin disimpan

Selesai!

2. Menggunakan IDM (Desktop)

Cara ini hanya bisa kamu terapkan saat mengakses Facebook via browser di PC. Pastikan kamu telah menginstal IDM (Internet Download Manager) di komputermu. Cara menggunakannya pun sangat mudah, dimana kamu tinggal klik ikon IDM yang ada di pojok kanan atas video yang sedang kamu putar. Pilih resolusinya dan download.

klik ikon idm di pojok kanan atas video untuk mengunduh video


3. Menggunakan Ekstensi (Desktop)

Pertama, masuk ke Chrome Web Store dan cari ekstensi bernama 'The Flash Video Downloader' pada kolom pencarian. Kemudian instal dengan menekan tombol 'Add to Chrome'.

the flash video downloader adalah ekstensi untuk mengunduh video dari berbagai sumber

Setelah instalasi sukses, buka Facebook seperti biasa. Ekstensi ini akan mendeteksi otomatis jika ada postingan berupa video dan memberikan notifikasi. Tinggal kamu buka saja dan simpan video-nya sesuai resolusi yang kamu inginkan.

pilih resolusi video yang ingin diunduh

Selesai!

4. Menggunakan Aplikasi (Mobile)

Pertama, instal aplikasi Video Downloader for Facebook di Play Store.

aplikasi download video facebook ini sudah diinstal lebih dari 50 juta kali di Play Store

Buka aplikasi tersebut dan klik 'Browse Facebook' di bagian bawah aplikasi.

browse facebook

Log In ke akun Facebook dengan memasukkan email dan password.

masuk ke akun facebook

Setelah berhasil masuk, cari video yang ingin kamu download kemudian klik tombol 'Play' di tengah video. Nantinya kamu akan dihadapkan 2 opsi, pilih 'watch' untuk menonton video secara streaming dan pilih 'download' untuk menyimpan video ke dalam smartphone kamu.

aplikasi ini memberikan pilihan untuk melihat langsung (streaming) atau download (menyimpan video di hp)

Selesai!

Itulah 3 cara download video di Facebook. Masih bingung juga? Share kendalamu di kolom komentar, ya!

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel