5 Fakta Mortal Kombat yang Harus Kamu Tahu

Fakta Mortal Kombat yang jarang diketahui

Mortal Kombat adalah salah satu franchise game fighting dengan nama besar di dunia, selain Tekken dan Street Fighter tentunya. Mortal Kombat tidak hanya menawarkan sekedar aksi duel antara dua karakter saja, melainkan juga tambahan nuansa gore yang kental. Darah dan bagian tubuh terpenggal merupakan hal biasa dalam game ini.

Selain mode fighting, beberapa judul game Mortal Kombat juga memiliki story line berupa adventure, Mortal Kombat: Shaolin Monks misalnya. Namun, tetap saja bumbu gore dalam game ini tidak bisa dihindari. Berbagai adegan sadis bisa kamu lakukan dengan bebasnya, termasuk melakukan Fatality yang merupakan jurus special masing-masing karakter.

Jika kamu merupakan salah satu penggemar berat game buatan Midway Games ini, berikut 5 fakta Mortal Kombat yang harus kamu tahu.

1. Seri Pertamanya Dikembangkan Selama 10 Bulan

Seri pertama Mortal Kombat dibuat tidak sampai setahun

Tentunya 10 bulan merupakan waktu yang cukup singkat untuk men-develope sebuah game. Mengingat sebuah game bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun dalam pengembangannya. Apalagi jaman dulu dimana teknologi belum terlalu berkembang seperti sekarang tentu membuat proses pembuatan game menjadi semakin lama.

Namun, nyatanya Mortal Kombat seri pertama bisa rampung dalam waktu kurang dari setahun, atau 10 bulan saja. Dan walaupun terhitung cepat dalam pembuatannya, Mortal Kombat I kala itu mampu meraih respon positif sekaligus menjadi suksesor seri-seri Mortal Kombat berikutnya.

2. ESRB Ada karena Mortal Kombat

ESRB digunakan untuk memberikan rating pada game agar sesuai umur saat dimainkan

ESRB atau Entertaiment Software Rating Board sebuah organisasi yang berperang dalam memberikan rating sebuah game. Peran rating disini digunakan untuk mengklasifikasikan siapa saja yang cocok atau diperbolehkan memainkan game tersebut. Ada 6 rating dalam ESRB, antara lain:

  • RP (Rating Pending), untuk permainan yang belum didaftarkan.
  • EC (Early Childhood), permainan untuk anak usia dini.
  • E (Everyone), semua umur bisa memainkannya.
  • E10+ (Everyone 10+), hanya untuk mereka yang berumur 10 tahun ke atas.
  • T (Teen), dikhususkan untuk para remaja.
  • M (Mature), dikhususkan untuk mereka yang berumur 17 tahun ke atas.
  • A (Adult), hanya untuk dewasa dengan umur 18 tahun ke atas.

Faktor utama yang menyebabkan munculnya rating game adalah kekerasan di dalamnya. Mengingat Mortal Kombat merupakan game yang sarat akan adegan sadis dan brutal, tak heran kalau ESRB kemudian dibuat.

3. Bill Clinton Pernah Menyalahkan Mortal Kombat

Bill Clinton pernah menyalahkan Mortal Kombat saat terjadi insiden pembunuhan massal di Amerika

Di Amerika pernah terjadi peristiwa pembunuhan massal pada tahun 1999. Aksi tersebut membuat banyak orang terluka, bahkan tidak sedikit juga yang meninggal dunia. Bill Clinton yang saat itu menjabat sebagai presiden menyalahkan game sebagai salah satu penyebab terjadinya peristiwa kelam itu. Game tersebut salah satunya adalah Mortal Kombat.

4. Pengembang Mortal Kombat Digugat Aktornya Sendiri

Seri pertama Mortal Kombat dibuat dengan grafis dan kombo seadanya

Di Mortal Kombar I, perlu kamu ketahui bahwa semua karakter dan gerakan yang bisa kamu mainkan bebas tersebut adalah hasil kerja keras para aktor. Ya, semua gerakan di dalam game dilakukan langsung oleh aktor yang bersangkutan.

Pada tahun 1997, aktor Mortal Kombat yaitu Philip Ahn, Elizabeth Malecki, dan Katalin Zamiar pernah melayangkan gugatannya ke Midmay Games. Mereka menuntut Midway Games karena dianggap hanya memberikan bayaran untuk Mortal Kombat versi arcade saja, dan tidak untuk versi konsol. Sayang, mereka bertiga kalah dalam gugatan.

5. Hak Cipta Mortal Kombat Dipegang Warner Bros.

Warner Bros memegang hak cipta Mortal Kombat sejak tahun 2009

Selain Mortal Kombat, Midway Games juga memiliki beberapa judul game lain seperti NBA Jam, NFL Blitz, dan Hydro Thunder. Memang mayoritas game besutan Midway agak kurang ramah di telinga, hanya Mortal Kombat saja yang bisa sepopuler sekarang. Itupun tidak menjamin orang yang memainkan Mortal Kombat tahu bahwa game tersebut dibuat oleh Midway Games.

Setelah puluhan tahun berdiri, Midway Games dinyatakan bangkrut pada tahun 2009 yang membuat sebagian besar asetnya berpindah tangan ke Warner Bros. Entertaiment Inc, termasuk Mortal Kombat yang mungkin kamu mainkan sekarang.

Eniwei, siapa karakter favoritmu di Mortal Kombat?

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel