Perbedaan USB Tipe A, Tipe B dan Tipe C

jenis-jenis kabel usb

Universal Serial Bus atau sering disingkat dengan USB adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung seperti komputer, konsol dan ponsel. USB ini bisa dibilang sekarang merupakan komponen vital yang harus ada di setiap perangkat komputer dan gadget. Bayangkan saya, modem, flashdisk, printer, charger smartphone, charger laptop sekarang semuanya menggunakan kabel USB. Dan tahukah kamu? Rata-rata 3 milyar port terjual setiap tahunnya. Wow!

Baca juga: Cara Menghilangkan Virus Shortcut pada Flashdisk

Sejak kehadirannya pada tahun 1998, sampai sekarang USB tersedia dalam 3 jenis yang dibedakan menjadi USB Tipe A, Tipe B dan Tipe C. Apa perbedaan USB tipe A, B dan C?

USB Tipe A

kabel usb standard

Tipe A adalah tipe USB yang paling umum digunakan, kamu bisa menemukan tipe A di banyak perangkat sepeti komputer, laptop, modem, hard disk eksternal dan lainnya. USB tipe ini dibedakan menjadi 3 jenis yaitu, USB 1.1, USB 2.0 dan USB 3.0 (warnanya biru) yang memiliki kecepatan transfer data yang berbeda-beda tentunya.

USB Tipe B

kabel usb untuk printer

Tipe B ini biasanya digunakan sebagai penghubung pheriperal komputer seperti printer dan scanner. Bentuknya lebih pipih dan agak panjang. USB tipe B ini memiliki banyak jenis, diantaranya:
  • Standard-B USB (digunakan untuk menghubungkan pheriperal besar macam printer dan scanner)
  • Standard-B USB3.0 (pembaruan dari Standard USB dengan kecepatan yang lebih tinggi)
  • Mini-B USB (versi mini dari Standard USB)
  • Micro-B USB (ukurannya lebih kecil dari Mini USB, versi ini digunakan pada kebanyakan smartphone saat ini.
  • Micro-B USB 3.0 (pembaruan dari Micro  USB dengan kecepatan yang lebih tinggi)

USB Tipe C

kabel usb jenis terbaru

Tipe C ini adalah USB model terbaru. Ukurannya kecil dan sangat fleksibel digunakan karena ujung colokannya sama. Jadi, kamu tidak perlu kawatir terbalik saat menggunakan USB tipe ini karena bisa digunakan bolak-balik. USB Tipe C atau yang sering disebut USB 3.1 sendiri adalah seri USB yang paling baru dengan kecepatan diatas tipe lainnya. USB tipe C ini memiliki kecepatan maksimal sekitar 10Gbps! USB jenis ini akan menjadi standar baru untuk kedepannya dan menggantikan jenis USB yang lain.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel