Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut pada Flashdisk

mengatasi folder yang terkena virus

Sampai sekarang flashdisk masih menjadi media penyimpanan favorit bagi sebagian orang. Salah satu kelebihan yang membuat orang tetap memakainya adalah keringkasan dan kepraktisannya dalam penggunaan. Namun, sayangnya flashdisk itu rentan terhadap serangan virus terutama virus shortcut. Faktor utama penyebab virus ini adalah asal colok flashdisk ke setiap komputer. Jika flashdisk-mu dicolok ke komputer yang berisi virus, secara otomatis flashdisk-mu juga akan terkena virus tersebut.

Masalah ini sebenarnya hanyalah masalah sepele, namun tidak jarang juga orang dibuat kebingungan dengan masalah yang satu ini. Biasanya, virus shortcut akan membuat folder yang terserang menjadi 'hidden' atau tersembunyi. Untuk meminimalisir, gunakan antivirus untuk mencegah virus menyerang komputer dan media lain terutama USB. Sekedar saran, gunakanlah Smadav untuk proteksi tambahan karena antivirus ini sudah terbukti keampuhannya dalam menangani virus USB.

Cara termudah untuk mengatasi masalah ini ialah dengan melakukan format pada flashdisk yang terjangkit virus. Jika tidak ada file penting didalamnya mungkin tidak akan jadi masalah. Tapi bagaimana jika didalamnya terdapat file penting yang tidak mungkin untuk dihapus? Nah, kali ini TeknoSee.com akan berbagi tips mengatasi virus shortcut tanpa harus melakukan formatting.


Menghilangkan Virus Shortcut Tanpa Aplikasi

  • Buka windows explorer - klik organize (pojok kanan atas) - folder and search options.

  • Arahkan pada tab View - pilih show hidden files, folders and drivers dan berikan checklist pada hide protected operating system files (recomended). Pastikan pengaturan sesuai dengan gambar di bawah.
menampilkan hidden file
  • Selanjutnya buka Command Prompt (tekan Windows+R pada keyboard) dan tulis cmd.

  • Ketikkan attrib -s -r -h /s /d pada drive dimana flashdisk kalian berada.
command untuk menghilangkan virus shortcut
  • Sekarang kamu tinggal hapus manual folder yang terjangkit virus, selesai.

Menghilangkan Virus Shortcut Dengan Aplikasi USB Fix

  • Download USB Fix jika belum punya.

  • Pastikan flashdisk sudah tertancap pada komputer kemudian jalankan USB Fix.
tool untuk menghilangkan virus shortcut di flashdisk
  • Pilih menu 'clean' untuk memulai proses pembersihan virus.

  • Setelah selesai, nantinya akan ada output seperti gambar di bawah yang berisi informasi seputar perangkat yang dibersihkan.
virus telah selesai dihilangkan

Diberdayakan oleh Blogger.