Hal Sepele yang Bisa Membuat Flashdisk Rusak


hal-hal yang membuat flashdisk cepat rusak

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan yang masih sering digunakan. Bisa dibilang juga bahwa flashdisk masih menjadi favorit kebanyakan orang karena bentuknya yang kecil dan ringkas. Meskipun sekarang sudah banyak penggunaan harddisk eksternal yang kapasitasnya lebih besar, flashdisk tetap jadi pilihan untuk beberapa kasus tertentu. Terutama untuk file-file berukuran kecil atau untuk sekedar presentasi di kelas, tentunya flashdisk akan lebih simpel daripada harddisk.

Karena bentuknya yang kecil, flashdisk juga kadang disepelekan dalam hal perawatan. Padahal semua peangkat membutuhkan perawatan agar tetap awet dan dapat digunakan dalam janka waktu lama. Toh kalau tiba-tiba rusak bingung juga kan? Berikut sedikit ulasan dalam hal perawatan flashdisk.


Malas Eject Sebelum Cabut

Sebenarnya ini hanyalah masalah sepele yang tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukannya. Sayang banyak yang tidak peduli dengan hal ini. Eject dimaksudkan untuk memutuskan koneksi flashdisk dengan perangkat yang tersambung (komputer, laptop, gadget). Mencabutnya tanpa eject terlebih dahulu memungkinkan terjadinya file corrupt pada flashdisk.

Asal Colok

Yang saya maksudkan disini adalah perangkat atau komputer umum yang akan disambungkan ke flashdisk. Kalau milik pribadi sih kita yakin aman-aman saja. Tapi untuk komputer umum, jika kamu asal colok flashdisk kamu bisa-bisa malah terkontaminasi virus jika dalam perangkat yang bersangkutan terdapat virus didalamnya. Ada baiknya menggunakan flashdisk lain untuk perangkat umum untuk menghindari resiko.

Nonton Film Melalui Flashdisk

Saat kamu mendapat film baru dari teman atau sumber lain, pernahkah kamu menontonnya langsung dari flashdisk tanpa dipindahkan dulu. Kalau iya, sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut mulai sekarang. Kenapa? Saat kamu memutar film atau media hiburan lainnya dari flashdisk, flashdisk akan dipaksa bekerja terus menerus sampai film tadi selesai kamu tonton. Jika sering dilakukan, flashdisk biasanya akan menjadi lemot untuk transfer file. Ada baiknya pindahkan dulu ke komputer baru ditonton. Kasus ini menjadi salah satu pembuat flashdisk rusak. Ini juga berlaku untuk harddisk eksternal.

Sering Jatuh

Apapun alasannya, perangkat elektronik jelas haram hukumnya dengan kata "jatuh". Sekali atau dua kali mungkin tidak masalah. Tapi jika sampai berkali-kali, siap-siap saja flashdisk kamu akan rusak. Belum lagi jika flashdisk-nya kurang terkenal (merk). Tentunya kualitas yang diberikan tidak sebagus flashdisk dengan merk ternama. Jadi sebisa mungkin jaga baik-baik jangan sampai jatuh.

Untuk tambahan, kamu bisa scan flashdisk secara rutin dengan antivirus favoritmu agar selalu terhindar dari virus yang berbahaya sehingga kasus flashdisk rusak bisa diminimalisir.

Diberdayakan oleh Blogger.