8 Tips Memaksimalkan Gboard Untuk Pengalaman Mengetik Sempurna

gboard mendapat 100 juta unduhan

Menulis menggunakan keyboard QWERTY memang terkesan lebih mudah dan cepat. Tapi berbeda dengan keyboard fisik, menulis menggunakan QWERTY Keyboard di layar sentuh memang terasa sedikit lebih susah karena terkesan tidak ada ruang antar satu huruf dengan huruf lainnya.

Tenang, di Play Store sendiri sudah disediakan banyak pilihan keyboard yang siap membantu kamu mengetik dengan berbagai fitur di dalamnya. Salah satu keyboard andalah di Android adalah Gboard. Gboard sendiri adalah nama baru yang sebelumnya bernama Google Keyboard. Ya, aplikasi keyboard ini adalah buatan Google yang kamu bisa gunakan secara gratis.


Memaksimalkan Fitur Gboard

Gboard sendiri dibuat dengan berbagai fitur yang siap membantu penggunanya dalam mengetik cepat nan nyaman. Dalam artikel ini, saya akan membahas 8 tips memaksimalkan Gboard dengan fitur-fitur yang dibawanya. Apa saja?

1. Mengetik Satu Tangan

one handed mode
Foto: howtogeek.com
Dalam suatu kondisi, terkadang kamu diharuskan mengetik hanya menggunakan satu tangan. Misal kamu sedang makan gorengan dan tangan kananmu berminyak, jadi mengetik dengan satu tangan adalah solusi terbaik bukan?

Tenang, Gboard bisa punya fitur ini kok. Tekan tombol beberapa detik sampai muncul mode satu tangan. Mudah bukan?

2. Geser Kursos

Tak dipungkiri, terkadang kita melakukan salah dalam pengetikan (typo). Daripada menghapus semua kata yang sudah terlanjur diketik, kamu bisa menghapus kata yang salah dengan menggeser kursor. Sayangnya kursos ini terkadang sulit diarahkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggeser kursos dengan scroll ke kanan atau kiri pada bagian spasi (space bar) di Gboard-mu.

3. Translate Kata

translate kata
Foto: mobigyaan.com
Temen kamu suka kirim pesan dengan bahasa Inggris? Tapi ribet kalau harus bolak-balik hanya untuk menerjemahkan satu kata. Di Gboard sendiri ada fitur translator untuk menerjemahkan kata karena memang aplikasi ini terintegrasi dengan Google Translate. Untuk menggunakannya kamu cukup seleksi kata yang diinginkan dan tekan logo Google yang berada di pojok kiri atas. Nantinya, kata yang kamu seleksi akan ditampilakn terjemahannya sesuai bahasa yang diinginkan.

4. Browsing

fungsi icon G di gboard
Foto: pocket-lint.com
Gboard juga terintegrasi langsung dengan Google. Jadi, kamu bisa browsing langsung saat sedang chatting. Sama dengan Auto Translate, cukup tekan logo Google dan ketik kata kunci yang kamu inginkan untuk mencari informasi lebih lanjut. Mudah bukan?

5. Dukungan GIF

kirim gambar gif
Foto: reddit.com
Sama seperti WhatsApp, Gboard juga mendukung gambar berformat GIF. Jadi chatting kamu akan jadi lebih seru dan berwarna daripada hanya menggunakan emoji saja.

6. Lihat Ramalan Cuaca

melihat ramalan cuaca
Foto: fossbytes.com
Karena terintegrasi langsung dengan Google, kamu bisa mencari apapun dari Gboard, misal cuaca. Caranya juga sangat mudah, tekan logo Google dan ketikkan kata kunci berupa nama tempat yang ingin diketahui cuacanya.

7. Ganti Tema

mengganti tema
Foto: xda-developers.com
Bisan dengan tampilan standard yang terkesan monoton? Gboard juga menyediakan tema yang bisa kamu ganti setiap kamu bosan. Ada berbagai pilihan warna yang bisa digunakan, selain itu kamu juga bisa merubah ukuran tombol sesuai keinginan.

8. Menghapus Suggest Word

Suggest word adalah saran kata yang akan muncul setiak kamu mengetikkan suatu kata. Fungsi ini dibuat untuk mempercepat pengetikan, namun tidak jarang fitur ini malah dirasa 'kurang berguna' bagi sebagian pengguna.

Jika kamu merasa demikian, kamu bisa mematikan fitur ini dengan masuk ke setting - text correction lalu hikangkan centang pada opsi 'suggest word' dan 'auto correction'.

Bagaimana? Sekarang kamu bisa lebih memaksimalkan pengalaman mengetik dengan Gboard. Eniwei, dibandingkan Go Keyboard dan Swiftkey, Gboard terkesan lebih simpel dan enak digunakan. Semoga bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.