Ini Alasan Kenapa Susunan Keyboard Tidak Berurutan

susunan keyboard yang digunakan sampai sekarang

Keyboard atau papan ketik adalah media yang digunakan untuk memasukan inputan berupa huruf, angka atau simbol pada komputer. Berbicara seputar keyboard, pernahkah kamu bertanya kenapa susunan keyboard tidak berurutan sesuai abjad? Semua itu ternyata bukan tanpa alasan.

Dulunya keyboard pertama kali ditemukan oleh Christoper Latham Sholes pada tahun 1860 dalam bentuk mesin ketik sederhana. Kala itu susunannya sesuai abjad. Namun seiring berjalannya waktu kemampuan mengetik manusia pada saat itu semakin cepat dan membuat mesin ketik macet karena susunan huruf yang mudah dijangkau.


Susunan Keyboard QWERTY

Pada tahun 1873 seorang ilmuwan bernama E. Remington mencetuskan untuk mengacak tombol di keyboard. Alhasil, ditemukanlah keyboard dengan susunan QWERTY. Susunan ini terbukti lebih efisien dan akhirnya masih digunakan sampai sekarang.

susunan keyboard selain qwerty

Pada tahun 1936 sebenarnya sempat muncul susunan keyboard lain yang dinamakan DVORAK Simplified Keyboard (DSK) yang ditemukan oleh August Dvorak. Desain ini diklaim lebih efisien dan ergonomis pada saat itu. Tapi entah kenapa, susunan keyboard QWERTY nampaknya sudah melekat dan akhirnya DVORAK pun tak lagi digunakan.

Diberdayakan oleh Blogger.