Bocoran Informasi Mengenai PlayStation 5: Spesifikasi, Harga dan Tanggal Rilis

ps5 dikabarkan akan segera rilis

Hari ini kamu memang masih nyaman memainkan PlayStation 4, apalagi dengan adanya teknologi VR (Virtual Reality) yang termasuk dalam paket pembelian. Namun 2-3 tahun mendatang, khususnya seiring dengan berkembangnya teknologi, memainkan PS4 rasanya akan semakin membosankan. Itulah mengapa banyak orang mulai membicarakan rumor munculnya PlayStation 5 yang digadang-gadang bakal muncul 7 tahun setelah kelahiran PS4. Belum lagi rumor soal hadirnya Xbox: Project Scorpio yang akan semakin memanaskan persaingan antar dua kubu konsol ternama ini.

Baca juga: 6 Game PlayStation Terbaik Perusak Stik!

Bagi kamu penggemar konsol game terpopuler ini, kami akan mengulas informasi terkini mengenai PlayStation 5 – prediksi, konsep, spesifikasi, harga dan juga tanggal rilisnya. Semua informasi dalam artikel ini bersumber dari beberapa situs dan forum yang khusus membahas PS5.


Konsep PlayStation 5

Kemunculan PlayStation 5 memang tak bisa dielakan lagi, meskipun Sony membantah kemunculan PS5 dalam waktu dekat ini. PS5 pastinya akan dirancang oleh berbagai desainer kelas wahid, tentunya dari berbagai disiplin ilmu. Banyak pihak yang sudah memprediksi konsep konsol gaming current generation ini. Pada dasarnya semua konsep tersebut menunjukan adanya update yang sangat signifikan, berikut beberapa prediksi konsep PlayStation 5:

1. Cloud Based Operating System

Konsep PlayStation yang pertama yaitu cloud based operating system yang berarti konsol PS5 nantinya menggunakan jaringan cloud/internet untuk mengolah game. Desainnya sangat unik yaitu berbentuk bulat (bukan lagi berbentuk kotak seperti yang kita kenal hari ini) dan juga tanpa menggunakan piringan sama sekali. Semuanya menggunakan jaringan data, baik dari konsol menuju stik dan juga dari konsol menuju LCD.

Teknologinya menggunakan Quantum Random Access Memory (QRAM) dan juga teknologi wireless fiber optic yang berkali-kali lipat lebih cepat dari Wi-Fi yang kita kenal hari ini. Selain itu untuk kontroler sendiri menggunakan sistem touchscreen, sehingga jari kamu tidak akan lagi memencet tombol-tombol.

2. Virtual Actuality Designs

Prediksi konsep selanjutnya yaitu virtual actuality designs yang mengedepankan teknologi virtual reality. kamu tidak lagi memerlukan televisi layar flat untuk memainkan game, karena konsol ini akan memancarkan sinyal hologram yang bisa dilihat dengan menggunakan kacamata virtual reality. Desainnya masih mirip dengan PlayStation 4, namun terdapat detail-detail yang mendukung aktivitas VR.

Spesifikasi:
  • Jaringan cloud.
  • Jaringan Hi-Fiber untuk memproses tenaga.
  • Holographic emitter system.
  • e-SATA.
  • HDMI-B (29 pin).
  • Optical Audio ports.

3. Portable

Banyak juga yang memprediksi PlayStation 5 nantinya akan menyatu dengan smartphone atau tablet. Jadi bentuknya portable dan bisa disandingkan dengan smartphone dengan range 6-8 inci. Desainnya seperti kincir angin, dimana terdapat piringan dibagian tengahnya. Jika smartphone dilepas, maka konsol game bisa dilipat dan bisa dibawa kemana-mana.

Hal yang Dimiliki PS5 namun Tidak Dimiliki PS4

komparasi fitur antara playstation 4 dan playstation 5

Nantinya, PlayStation 5 pasti memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh PlayStation 4, prediksinya dibawah ini:

1. Native 4K

PlayStation 5 nantinya akan menggunakan teknologi layar native 4K yang merupakan teknologi layar high frame rate yang dapat membuat visual benar-benar terlihat nyata.

2. Wireless VR yang Lebih Lebar

Nantinya PS5 akan memiliki jaringan wireless yang lebih canggih, sehingga pemain bisa merasakan atmosfir yang lebih stabil dan luas saat memainkan game VR.

3. Touchscreen

Nantinya konsol game ini lebih banyak menggunakan teknologi touchscreen, khususnya pada stik PS.

Baca juga: 5 Game Balapan PS1 Terbaik di Masanya

Banyak pihak memprediksi PlayStation 5 akan muncul pada tahun 2020 nanti. Namun beberapa pakar memprediksi PS5 akan muncul lebih cepat yaitu pada tahun 2018, jadi sabar menunggu ya. Harganya jelas akan di atas PS4, namun saya rasa tidak akan terlalu melambung tinggi mengingat persaingan semakin ketat sekarang.


Diberdayakan oleh Blogger.