Mau Beli Laptop? 7 Tips Ini Wajib Kamu Terapkan

tips memilih laptop yang sesuai kebutuhan

Komputer jinjing atau yang lebih dikenal dengan laptop sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian orang. Akses internet yang semakin mudah serta kegunaan laptop untuk mendukung mobilitas penggunanya menjadi salah satu faktor orang harus punya laptop.

Sebenarnya kamu bisa juga beli PC Built Up atau merakit PC sendiri, tapi biasanya lepi ini lebih diminati karena simpel dan fleksibel juga bisa dibawa kemana-mana. Terutama mereka yang memang harus menggunakan laptop untuk urusan kerja.

Agar tidak salah beli dan mendapatkan barang yang sesuai kebutuhan, tips berikut bisa kamu gunakan sebagai acuan saat membeli laptop baru.


1. Sesuaikan Harga dengan Budget

membandingkan harga laptop

Banyak yang mengatakan "ada harga ada barang". Ungkapan tersebut memang bisa diterima, karena mayoritas produk bagus biasanya juga dibanderol dengan harga tinggi. Namun, bukan berarti harga murah terus kualitasnya jelek.

Yang paling utama itu pilih laptop yang sesuai dengan budet kalian. Ingat, laptop murah belum tentu murahan. Kegunaan suatu perangkat itu tergantung dari penggunanya sendiri.

2. Spesifikasi yang Mendukung Kebutuhan

Setelah menemukan harga yang cocok, spesifikasi adalah pertimbangan kedua bagi calon pembeli. Biasanya pembeli sering terpaku dengan spesifikasi tinggi dengan harapan agar laptop tidak lemot. Padahal ini tidak sepenuhnya benar.

Baca juga: Penyebab Laptop Lemot

Tidak perlu muluk-muluk, kalau kamu hanya butuh untuk sekedar browsing dan ngerjain tugas kampus, kamu bisa cari laptop dengan kartu grafis onboard untuk menekan harga misal Intel HD Graphics atau AMD APU Series. Harga berkisar 3-4 jutaan.

Buat yang suka main game atau editing bisa cari processor yang lebih tinggi lagi, misal Intel Core I3 atau Core I5. Pastikan RAM minimal 4GB atau lebih tinggi. Harga 5-7 jutaan. Kalau yang high end untuk full gaming bisa 10 jutaan. Pilih yang sesuai saja, kalau berlebihan jadinya cuma sia-sia.

3. Merek yang Terpercaya

merek laptop terbaik paling banyak dibeli

Di luar sana ada banyak sekali vendor dengan berbagai merek yang berbeda. Sebaiknya pilih yang mana? Asus, Dell, Lenovo, Samsung adalah beberapa contoh merek laptop yang bagus. Sebenarnya ini relatif, tergantung kita sebagai pengguna suka dengan yang mana. Yang penting tidak perlu terpaku dengan satu (1) merek saja. Kalau ada yang lebih baik, kenapa enggak?

4. Perhatikan Dimensi Layar

Untuk sekarang, laptop dengan layar 14 inch sepertinya sudah menjadi standar minimal. Laptop dengan layar 10 atau 11 inch kurang bersahabat dengan mata dan cenderung membuat mata lelah (hanya pendapat). Tap bagi kalian yang suka praktis boleh juga beli laptop yang layarnya kecil, selain minimalis juga ringan dibawa-bawa.

Tapi untuk kalian yang punya mobilias tinggi, tentu layar juga jadi pertimbangan. Ditambah konten hiburan seperti nonton film dan main game pastinya lebih enak dinikmati dengan layar yang lebih lebar bukan? Jadi, tergantung mau dipakai buat apa dulu.

5. Garansi

pilih laptop bergaransi

Garansi ini hukumnya wajib. Jadi, seumpama ada kerusakan bisa diklaim dan diganti baru atau "setidaknya" diperbaiki. Biasanya vendor memberikan garansi selama satu (1) tahun. Tapi, ada juga yang dua (2) tahun seperti Asus karena laptop Asus memang memiliki kualitas yang bisa diandalkan.

6. Pertimbangkan Beli Baru

baru lebih baik daripada bekas
Terkadang, karena kurangnya dana, beberapa orang lebih memilih membeli laptop bekas daripada baru. Selain lebih murah, spesifikasi yang didapat bisa lebih tinggi jika dibandingkan beli baru. Bukan sebuah masalah sih, yang penting kamu benar-benar tahu bagaimana memilih laptop bekas yang baik. Kalau tidak, ajak teman kamu yang lebih tahu untuk menghindari penipuan dari pihak penjual.

7. Perawatan Berkala

Jangan cuma taunya beli saja, setelah mendapat laptop yang sesuai dengan keinginan jangan malas juga untuk merawatnya. Sebagus dan setinggi apapun spesifikasi yang dimiliki, perawatan itu tetap dibutuhkan untuk menjaga performa agar tetap maksimal.

Baca juga: 4 Tips Merawat laptop Agar Tetap Optimal

Nah, bagaimana? Kalau ada yang mau ditanyakan bisa komentar atau kontak admin via halaman Contact Us.

Diberdayakan oleh Blogger.