Pilih PC Built Up Atau PC Rakitan?

komputer pribadi

PC (Personal Computer) mungkin adalah perangkat yang bisa dibilang sangat penting bagi kehidupan. Memang sih, jaman sekarang semua bisa diakses mudah lewat smartphone. Tapi, untuk urusan tertentu PC tetap memiliki kelebihan sendiri daripada perangkat mobile.

Disaat orang ingin membeli seperangkat PC atau komputer, seringkali mereka dibingungkan dengan dua pilihan. Mau beli built up atau rakitan sendiri? Keduanya sama saja sebenarnya, tapi tentunya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pada artikel ini, TeknoSee akan berbagi sedikit review tentang kelebihan PC built up dan PC rakitan. Semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.

PC Built Up

komputer jadi yang tinggal pakai

Gampangnya, built up adalah komputer yang tinggal pakai. Komputer jenis ini diproduksi oleh vendor tertentu seperti Acer, Samsung dan Dell. Biasanya hardware yang tertanam di dalamnya juga satu merek tergantung produsennya. Berikut beberapa kelebihan PC Built Up:

1. Sederhana dan Praktis

Kelebihan yang paling menonjol dari built up adalah dari segi kesederhanaan dan kepraktisannya. Kamu tidak perlu bingung lagi karena semua sudah tersusun rapi dalam sebuah system unit (tinggal pakai).

2. Adanya Dukungan

Beberapa vendor sudah memberikan dukungan bagi yang membeli paket PC built up mereka. Dengan kata lain, jika suatu saat kamu mengalami kendala kamu bisa langsung bertanya untuk mendapatkan solusinya. Mereka menyediakan CS (Customer Service) yang akan membantu menangani masalah seputar komputermu. Tentunya ini sangat bermanfaat khusunya bagi yang masih awam dengan komputer.

3. Kadang Tidak Sesuai Kebutuhan

Karena sistem paketan, kita sebagai pengguna tidak bisa memilih atau menyesuaikan komponen apa saja yang akan digunakan. Jadi, terkadang ada beberapa komponen pada komputer yang penggunaannya tidak optimal.

PC Rakitan

merakit komputer untuk mendapatkan performa terbaik

Rakitan berarti kita sebagai pengguna diharuskan menyusun sendiri komponen apa saja yang akan digunakan seperti motheboard, RAM, VGA, power supply dll. Kelebihan PC Rakitan antara lain:

1. Spesifikasi Bisa Ditentukan Sendiri

Karena merakit sendiri, kita bisa menentukan spesifikasi apa yang akan digunakan. Tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada. Mau dipakai buat gaming, multimedia atau sekedar penggunaan harian? Kamu bisa merakit komputermu sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri. Jadi spesifikasi komputermu tidak akan sia-sia kedepannya.

2. Harga Lebih Murah

Karena semua komponen dibeli secara terpisah, alhasil dana yang harus kamu keluarkan juga lebih murah. Hanya saja kamu memerlukan lebih banyak waktu untuk menentukan spesifikasi yang cocok antara satu komponen dengan komponen lainnya.

3. Performa Lebih Tangguh

Dari berbagai aspek, performa komputer rakitan jelas lebih tangguh dari pada komputer built up sekalipun dengan spesifikasi yang sama persis. Kenapa? Hal ini dikarenakan kita bisa memilih komponen terbaik dari komputer yang akan dirakit.

Kesimpulan

Tidak ada yang jelek, semua tergantung masing-masing pengguna. Bagi yang masih awam dengan komputer, mungkin PC built up bisa jadi pilihan karena kepraktisannya. Tapi untuk kamu yang sudah 'expert' di bidang komputer, pastinya rakitan lebih jadi prioritas karena fleksibilitasnya.

Yang terpenting itu bagaimana kita sebagai pengguna juga harus bisa merawat komputer, jangan hanya cuma bisa pakai saja. Well, kamu sendiri lebih suka yang mana?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel