4 Tips Merawat Laptop Agar Tetap Optimal

perawatan laptop yang harus kamu lakukan

Laptop jaman sekarang itu sudah jadi hal wajib bagi kebanyakan orang. Sebut saja mahasiswa, mereka butuh laptop untuk mengerjakan tugas kuliah. Atau seorang pebisnis yang pastinya butuh laptop untuk mendukung pekerjaannya.

Pentingnya Merawat Laptop

Agar kinerja laptop tetap optimal tentunya juga dibutuhkan perawatan. Merawar laptop akan membuatnya awet dan menjaga performanya. Sayang, banyak orang yang menyepelekan atau bahkan tidak tahu mengenai hal ini. Merawat laptop sendiri sebenarnya tidaklah susah, malah bisa dibilang gampang. Berikut beberapa tips merawat laptop agar awet dan tahan lama.


1. Jangan Main di Kasur

Hal ini kelihatan sepele, tapi masih banyak orang yang melakukannya. Main laptop sambil tiduran di kasur memang nyaman dilakukan. Tapi hal ini membuat si laptop lebih cepat panas, kenapa? Menggunakan laptop di kasur menyebabkan sirkulasi udara tidak bekerja maksimal karena lubang pada kipas tertutup oleh kasur. Sebaiknya gunakan laptop di tempat yang datar (jangan yang empuk) agar sirkulasi udara lancar.

2. Jangan Memaksakan Laptop

Gunakanlah laptop kamu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan laptop tersebut. Jangan "paksa" laptop untuk menjalankan aplikasi atau game berat yang membutuhkan spesifikasi tinggi kalau memang tidak kuat. Kalau tetap dipaksakan toh penggunaannya juga tidak akan maksimal dan yang lebih parah bisa membuat laptop overheat (terlalu panas) yang tentunya tidak baik buat kesehatan si laptop untuk kedepannya.

3. Bersihkan Secara Berkala

Semakin sering dan semakin lama digunakan tentunya akan membuat jeroan dan bagian luar laptop kotor akibat debu. Ada baiknya kamu membersihkan debu tersebut terutama pada bagian kipas supaya sirkulasi di dalamnya tetap lancar.

4. Perawatan dari Dalam

Selain hardware, lakukan perawatan juga dari dalam seperti defrag hard disk, membersihkan virus, menghapus file sampah dan lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai tool yang tersedia untuk memudahkannya seperti CCleaner untuk memberaskan cache dan file sampah pada komputer.

4 hal tersebut jika dilakukan secara berkala pastinya akan membuat laptop kamu tetap dalam keadaan prima. Jadi jangan asal pakai, kita juga harus bisa merawatnya!

Diberdayakan oleh Blogger.