Laptop Lemot? 4 Hal Berikut Mungkin Jadi Penyebanya

penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya

Lemot mungkin bisa dikatakan adalah hal yang sangat membosankan dan membuat jengkel semua orang. Tak peduli perangkat apapun yang kamu gunakan, kalau lemot ya pasti bikin kesel kan? Satu yang akan kita bahas disini adalah masalah Laptop Lemot. Pernahkah kamu mengalaminya?

Saat lagi disibukkan dengan berbagai kerjaan eh malah nge-hang. Pastinya akan membuat buyar pikiran, terlebih apa yang kita kerjakan belum sempat disimpan. Daripada terus mengeluh, mending kenali apa penyebab laptop lemot dan cari solusinya. Berikut 5 hal yang mungkin jadi penyebabnya:


Suhu Terlalu Panas

faktor yang menyebabkan laptop overheat

Semakin lama laptop digunakan tentu akan membuat laptop semakin panas. Belum lagi jika kamu menggunakannya untuk aktivitas berat yang membebani laptop kamu. Perlu diketahui, sirkulasi udara laptop itu tidak sebagus dibanding PC. Jadi ya bakalan panas kalau 'dipaksa'. Untuk meminimalisir, kamu bisa menggunakan Cooling Pad agar panas bisa sedikit diredam.

Menjalankan Banyak Progam Sekaligus

tips multitasking agar tidak membebani laptop

Untuk sebagian orang, multitasking sangatlah penting untuk menunjang produktivitas. Tapi tahukah kamu, kegiatan ini sangat menyita banyak resource laptop yang tentunya bikin laptop lemot. Terutama buat kamu yang spesifikasi laptopnya biasa saja, ini akan sangat membebani laptop. Kamu harus pintar-pintar membagi kerjaan.

RAM Minim

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk melakukan berbagai kegiatan RAM sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas tersebut. RAM yang minim (dibawah 2GB) sangatlah pas-pasan untuk laptop jaman sekarang. Minimal pakailah 4GB RAM untuk mendapat performa maksimal.

Sekedar tips untuk mengurangi penggunaan RAM, jangan buka banyak aplikasi secara berbarengan. Jika kamu suka browsing, hindarilah membuka banyak tab sekaligus karena akan cepat menghabiskan resource RAM pada laptop.

Mendewakan Antivirus

Yang dimaksud mendewakan disini adalah terlalu bergantung pada antivirus (padahal belum tentu digunakan). Banyak orang berpikir menggunakan banyak antivirus akan meningkatkan keamanan laptop terhadap serangan virus. Faktanya bukannya kamu mendapatkan keamanan, kamu hanya akan menambah beban laptop.

Dua atau lebih antivirus yang dijalankan bersamaan tidak akan berjalan efektif. Jika berniat menggunakan antivirus tambahan, kamu bisa menggunakan antivirus sampingan seperti Smadav. Ingat, jangan pakai 2 antivirus utama dalam satu perangkat.

Diberdayakan oleh Blogger.