Kamu Pengguna Android? 6 Hal Penting Ini Harus Kamu Tahu!

hal yang sia-sia dilakukan di android

Kalian juga pasti tau kalau Android sekarang sudah tumbuh menjadi sistem operasi mobile paling populer. Android bahkan jauh berada diatas pesaingnya, iOS dan Windows Phone. Menjadi OS terpopuler bukan berarti membuat Android diatas segalanya. Ada hal-hal yang harus kamu tahu dari sistem operasi dengan logo robot hijau ini. Yuk disimak.


1. Jangan Instal Aplikasi dari Sumber Tidak Jelas

gunakan play store untuk instal aplikasi
Instal Aplikasi via blog.twitter.com
Selain dari Play Store, kamu bisa menginstal aplikasi melalui pihak ketiga yakni menggunakan APK (Android Package). Kamu bisa dengan mudah mencari file APK dari berbagai sumber. Terus dimana letak masalahnya?

Kita semua tau, Play Store adalah tempat ter-aman yang disediakan untuk mengunduh berbagai aplikasi Android. Aplikasi yang disediakan sudah disaring sedemikian rupa untuk keamanan pengguna. Jika kamu mengunduh file APK dari pihak ketiga, bukan tidak mungkin file APK yang kamu unduh sudah disisipi script atau program jahat tertentu untuk merusak atau mencuri data pribadi kamu.

2. Jangan Pasang Banyak Antivirus

pengaruh penggunaan antivirus di android
Antivirus via techpave.com
Pada dasarnya, Android sudah dibuat sedemikian rupa agar aman dari serangan virus. Bahkan ada yang mengatakan Android tidak membutuhkan antivirus.

Tapi pendapat tetaplah pendapat dan setiap orang punya pendapat yang berbeda pula. Penggunaan antivirus sebenarnya tergantung dari pengguna itu sendiri. Jika memang kamu adalah orang yang menghargai menjunjung tinggi "keamanan", pasang antivirus itu sah-sah saja.

Yang jadi masalah adalah ketika kamu menggunakan dua bahkan lebih antivirus dalam satu perangkat. Bukannya aman, malah performa turun dan baterai boros

3. Selalu Update Software

update dilakukan untuk memperbaiki bug dan menambah performa
Update Software via samsung-updates.com
Terkadang orang malas melakukan update software di ponsel mereka. Padahal update ini membawa keuntungan seperti memperbaiki bug dan menambah fitur baru.

Sedikit tips untuk perihal update software. Jangan langsung melakukan update ketika ada pembaruan baru, tunggulah beberapa hari sebelum melakukan update. Hal ini untuk memghindari bug (kesalahan) yang masih ada dalam pembaruan.

4. Perlukah Battery Saver?

apakah android butuh battery saver?
Battery Saver via www.majalahponsel.com
Banyak yang salah mengira bahwasannya dengan menggunakan aplikasi Battery Saver, lantas bisa memperpanjang daya baterai smartphone . Sayang ini adalah pendapat yang salah, aplikasi semacam ini justru hanya membebani kinerja dan mungkin malah ikut menyumbang menghabiskan daya baterai. Anehnya, aplikasi semacam ini malah laris manis di Play Store.

Sistem kerja Battery Saver adalah dengan menutup aplikasi secara "paksa" agar tidak berjalan (force close). Padahal nanti kamu akan menggunakan aplikasi yang ditutup tadi, sia-sia bukan? Pikir dua kali deh buat instal Battery Saver.

5. Jangan Asal Root

membuka akses super user
Root Android via www.techverse.net
Root adalah istilah yang digunakan untuk mendapat hak akses admin (super user). Android yang sudah berstatus rooted sudah jelas memiliki keunggulan lebih dibanding non-rooted. Salah satunya adalah kebebasan kustomisasi, instal aplikasi yang membutuhkan akses root, custom ROM dan lain-lain. Sebenarnya root itu menyenangkan kok.

Tapi untuk melakukan root harus disertai pemahaman dari pengguna Android itu sendiri. Jangan sekali-sekali nge-root kalau kamu memang tidak paham atau takut, salah-salah malah boot loop atau mati total. Hati-hati, ya!

6. Jangan Abaikan Akun Google

satu akun google bisa digunakan untuk semua produk google
Akun Google via www.androidcentral.com
Banyak orang malas melakukan pengaturan pada akun google (Gmail) di Android-nya. Padahal performa Android kamu juga berpengaruh dari akun google ini lho. Salah satunya untuk sinkronisasi data juga membuat cadangan data (back up). FYI, satu akun google itu juga sudah terintegrasi dengan layanan google yang lain seperti YouTube, Google Drive, Google Maps dan lainnya. Jadi jangan malas setting, simpel kok.

Apakah kalian pernah melakukan salah satunya? Jangan salah paham lagi, ya!

Diberdayakan oleh Blogger.