Cara Tepat Mengatasi Baterai Boros Android

mengatasi konsumsi daya baterai yang boros di android

Baterai boros adalah masalah utama yang biasa dikeluhkan para pengguna smartphone, khususnya android. Meski berbagai cara dilakukan, baterai boros nampaknya memang sudah menjadi harga mati bagi para pengguna smartphone android. Sebenarnya masalah ini bisa diakali dengan beberapa tips, hanya saja tidak semua orang bisa memaksimalkannya untuk mendapatkan hasil optimal.


Penggunaan Battery Saver

Ada beberapa atau mungkin banyak orang yang merekomendasikan menggunakan aplikasi battery saver untuk upaya menghemat penggunaan baterai pada gadget mereka. Apakah ini efektif? Menurut saya pribadi TIDAK, dengan cara ini kamu hanya akan menambah beban pada smartphone yang kamu gunakan.

Fungsi utama battery saver adalah membunuh aplikasi yang berjalan di latar belakang. Perlu kamu ketahui, aplikasi yang kamu bunuh tadi seketika akan dijalankan ulang oleh sistem (silahkan cek untuk memastikan). Jadi bisa dibilang usaha yang kamu lakukan hanyalah sia-sia saja dan malah bisa dibilang 'membebani' karena membuat smartphone bekerja 2 kali.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir masalah baterai boros android:

1. Hapus Aplikasi yang Fungsinya Sama

Seumpama di ponselmu terdapat 2 buah browser yaitu Google Chrome dan UC Browser. Karena fungsinya sama, lebih baik hapus salah satunya. Sama seperti aplikasi IM misal BBM, Line, WhatsApp, WeChat dan lain-lain. Semua aplikasi tersebut fungsinya hampir sama saja, jadi lebih baik gunakan aplikasi yang dirasa penting saja.

2. Minimalisir Widget dan Animasi

Walaupun membuat tampilan lebih cantik, penggunaan widget berlebih akan menghabiskan banyak daya baterai. Daripada widget, lebih baik gunakan shortcut aplikasi dan letakkan di homscreen.

3. Kurangi Kecerahan layar

Layar yang terlalu terang selain merusak mata akan membuat daya baterai lebih cepat habis. Sesuaikan kecerahan dengan kebutuhan, usahakan jangan terlalu terang.

4. Instal Greenify

Greenify adalah aplikasi yang memungkinkan kamu meng-hibernate atau menidurkan aplikasi android agar tidak berjalan di background. Aplikasi yang sudah kamu hibernate tadi tidak akan dijalankan lagi sebelum kamu membuka lagi aplikasi tadi. Namun, beberapa fitur hanya bisa dijalankan pada perangkat yang sudah di root. Greenify tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar (Rp.12.000).

5. Powerbank (Opsional)

Cara diatas memang terbukti bisa menghemat baterai android, tapi terkadang kamu tetap membutuhkan suplai daya tambahan pada saat tertentu seperti saat di luar ruangan yang tidak memungkinkan untuk melakukan charging. Bawalah powerbank jika memang dibutuhkan, terutama bagi kamu yang memang sering bepergian.

Diberdayakan oleh Blogger.