Cara Mudah Cek System Requirement Game PC

cara cek system requirement game pc

Game adalah salah satu media hiburan yang digunakan untuk refresh atau menyegarkan diri dari rutinitas yang membosankan. Meskipun banyak media lain seperti nonton film atau main gadget, nge-game adalah kegiatan yang bisa dikatakan paling asik dilakukan dikala penat melanda. Game sendiri tersedia hampir di semua platform, katakanlah PC, konsol dan mobile gaming yang sekarang ini perkembangannya makin pesat saja.

Baca juga: 6 Game PlayStation Perusak Stick!

Tapi, untuk mendapatkan pengalaman gaming yang memuaskan, orang biasanya lebih suka bermain game dalam platform PC. PC dianggap yang paling unggul dari segi kualitas karena bisa memberikan performa maksimal dan tampilan grafis yang memuaskan. Hal ini tentunya didukung oleh spesifikasi komputer yang dimiliki masing-masing komputer.


Apa itu System Requirement?

Untuk mendapatkan performa maksimal, PC yang digunakan nge-game haruslah memiliki spesifikasi minimal atau sering disebut dengan system requirement. System Requirement sendiri adalah sebuah syarat atau kebutuhan yang harus dipenuhi agar suatu program (game) dapat dijalankan. Saat kamu beli atau download game pastilah menemukan istilah tersebut bukan?

Bagaimana Jika System Requirement Tidak Terpenuhi?

Seperti yang sudah saya katakan diatas, PC yang tidak memenuhi system requirement sebuah game tidak akan bisa menjalankan game dengan sempurna. Sempurna disini mengacu dalam beberapa apsek seperti frame rate dan tampilan grafis. Gampangnya game yang dijalankan biasanya nge-lag atau ngadat saat dimainkan jika system requrement tidak dipenuhi.

Baca juga: 10 Game Offline Terbaik di Android

Setiap game biasanya menyertakan 2 opsi system requirement yaitu minimal dan recomended. Opsi minimal berisi spesifikasi minimal dari sebuah PC untuk memainkan game tersebut. Recomended adalah spesifikasi yang disarankan untuk memainkan game tersebut. Kamu bisa memperoleh performa maksimal dari sebuah game jika memenuhi Recomended System Requirement.

Cara Cek System Requirement

Gimana sih cara cek system requirement game? Gampang kok! Saya disini mengunakan tool berbasis web yang sangat mudah digunakan. Berikut caranya:
memilih game yang akan dilihat spesifikasinya
  • Silahkan pilih game yang dengan menekan tombol dengan tulisan "select a game from the list" dan tekan "Can You Run It".
download atau cek online
  • Selanjutnya kamu akan diberikan 2 pilihan. Pilih saja "View Requirements" dan klik Start. *Untuk pilihan "Desktop App" digunakan jika kamu ingin download tool.
contoh spesifikasi game PES 2013
  • Tunggu sejenak dan kamu akan melihat spesifikasi minimal dari game yang kamu pilih sebelumnya.

Diberdayakan oleh Blogger.