Cara Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin Pakai DANA

cara transfer antar bank tanpa biaya admin

Kebutuhan akan pembayaran digital saat ini sudah menjadi sebuah hal yang biasa. Mengingat sekarang kan sudah jamannya online. Mulai dari beli barang, bayar tagihan, sampai beli pulsa pun bisa online. Canggih, ya?

Metode transfer bank sendiri adalah yang paling sering dipilih karena dianggap mudah dan praktis. Apalagi jika kamu sudah punya Mobile Banking, transfer uang bisa dilakukan sekejap bermodalkan smartphone saja. Cara ini juga lebih efektif dibandingkan kamu harus pergi ke mesin ATM atau Indomaret terdekat hanya untuk melakukan pembayaran.

Masalahnya, transfer bank terkadang menjadi hal yang sedikit kurang enak kalau bank tujuan ternyata berbeda dengan rekening yang kita miliki. Hal tersebut mengharuskanmu membayar biaya admin untuk transfer uang ke bank lain. Biayanya sendiri tidak bisa dibilang murah juga, sekitar 6.500 untuk sekali transaksi beda bank.

Transfer Antar Bank Tanpa Biaya Admin

Tapi, apa jadinya kalau kamu bisa transfer antar bank secara gratis? Di jaman yang serba teknologi ini, sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang memberikan layanan transfer antar bank cuma-cuma. Salah satunya adalah DANA, layanan dompet digital yang memiliki peranan kurang lebih sama dengan GoPay dan OVO.

Aplikasi seperti ini sebenarnya ada beragam, hanya saja di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara transfer antar bank tanpa biaya admin pakai DANA. Mungkin di artikel selanjutnya, akan saya ulas satu per satu  dalam bentuk listicle.

Langsung ke tutorial, ya?
Download DANA
*pakai kode 'iFxRB1' untuk mendapat ekstra voucher senilai 25 ribu.

Pertama, buka aplikasi DANA dan klik ikon 'Send' yang ada di bagian atas.

selain untuk melakukan pembayaran digital, DANA memungkinkanmu melakukan pengiriman uang ke rekening bank

Masukkan nominal uang yang ingin kamu kirimkan dan klik tombol 'Send To'.

nominal yang dapat dikirim oleh DANA ke bank adalah minimal 50 ribu

Di halaman selanjutnya, gulir ke tab 'Bank Account' kemudian masukkan alamat bank tujuan dan nomor rekeningnya. Kalau sudah, klik 'Confirm'.

DANA mendukung banyak pilihan bank yang ada di Indonesia

Di tahap ini, pastikan identitas penerima uang sudah benar. Kamu juga bisa memberikan catatan ke penerima dengan menekan ikon pensil yang letaknya di samping penerima.

FYI, jika kamu tidak punya saldo DANA yang cukup, kamu juga bisa mengganti metode pembayaran menggunakan kartu kredit dengan meng-klik tulisan 'Change'.

Klik 'Send DANA' kalau semuanya sudah sesuai keinginanmu.

DANA memberikan promo 10 kali transfer gratis ke bank manapun

Selanjutnya adalah halaman konfirmasi tentang berapa nominal uang yang dikirim, kepada siapa kamu mengirim, serta detil catatan jika kamu menyertakannya di halaman sebelumnya. Langsung saja klik 'Confirm' jika semua data sudah benar.

sebelum mengirim uang, cek kembali semua informasi dan pastikan sudah benar

Seketika kamu menekan tombol 'Confirm', order akan langsung diproses. Sesaat kemudian, kamu akan menerima bukti transfer bahwa kamu berhasil mengirim uang ke norek tujuan.

transfer uang bersifat otomatis, langsung dikirim saat itu juga dan keluar bukti transfernya

Sangat mudah, bukan?

Kesimpulan

Seperti yang kamu lihat, tidak ada biaya tambahan yang dibebankan kepada pengirim. Pada kasus di atas, saya ingin mengirim uang sebanyak 250 ribu dan uang yang saya bayarkan tetap 250 ribu. Tidak 256.500 (charge 6.500) seperti kalau kita transfer antar bank online menggunakan cara biasa.

Namun, perlu diingat bahwa fitur tersebut sifatnya terbatas. DANA memang memberikan keuntungan berupa 10 kali transaksi tanpa biaya admin. Artinya, jika pemakaian sudah lebih dari 10 kali, kamu akan dibebankan biaya admin seperti pada umumnya.
Saya sendiri belum mengetahui batasan 10 kali tersebut berlaku dalam waktu tertentu (bisa di-reload) atau tidak karena saya juga baru kali ini mencoba melakukan transfer uang ke beda bank menggunakan DANA. Ya, paling tidak kan bisa gratis. Hahaha.

Kalau misal tidak lagi gratis, tinggal pindah ke lain hati dong. Masih banyak cara alternatif yang bisa dilakukan agar transfer antar bank tidak kena biaya admin. Jaman sekarang yang paling murah apalagi gratis pasti menang. Stay tune untuk artikel-artikel berikutnya, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel