10 Aplikasi Scanner Terbaik di Android

scan adalah proses merubah dokumen hardcopy menjadi softcopy

Saat ini orang banyak membutuhkan jasa scanning untuk dokumen-dokumen penting. Biasanya dokumen yang di-scan berupa ijazah, KTP, atau surat-surat penting lainnya. hanya saja biaya scanning dokumen biasanya cukup mahal. Belum lagi kudu ribet bolak-balik ke luar rumah. Tentunya hal tersebut menyita banyak waktu, apalagi jika berkasnya dibutuhkan segera.

Buat yang belum tahu, scanning adalah proses merubah file hardcopy menjadi softcopy. Entah itu dalam bentuk gambar (JPG, PNG) atau dokumen (PDF).

Selain itu, agak susah mencari jasa scanning dokumen yang menerima jasa scan dokumen berukuran panjang seperti ijazah. Beruntungnya di jaman serba canggih seperti sekarang, kebutuhan scan dokumen bisa kamu lakukan sendiri bermodalkan sebuah smartphone.

Berikut 10 aplikasi scanner Android yang menurut saya memiliki kualitas terbaik di Play Store.

1. CamScanner

camscanner apk pro

Memiliki jumlah download di angka lebih dari 100 juta dan berlabel Editors' Choice, CamScanner menjadi salah satu aplikasi terbaik di kelasnya. Pengguna dapat melakukan scanning dokumen fisik dan convert dokumen menjadi PDF dengan mudah. Cara menggunakannya juga sangatlah simpel, kamu cukup memfoto objek (dokumen) yang hendak di-scan.

Selanjutnya tinggal pilih mau disimpan dalam bentuk PDF, JPG, atau format lain sesuai kebutuhan. FYI, aplikasi ini memiliki ukuran yang cukup besar, yaitu sekitar 49 MB. Selain itu, fitur yang dinikmati pun terbatas, tapi masih powerfull kok. Untuk menikmati fitur komplit, kamu harus upgrade ke premium.
Download CamScanner APK

2. Docufy

docufy apk pro

Docufy dirilis oleh Softexpert Inc pada tahun 2013. Aplikasi ini menawarkan fitur unggulan seperti scanning sampai mengelola faktur, kontak, resep, dan lain-lain. Docufy dapat menghasilkan hasil scan yang bagus dari kamera. Aplikasi ini juga dapat mengonversi file ke format lain seperti PDF atau JPEG.

Menariknya, aplikasi ini hanya butuh kapasitas memori sekitar 16 MB saja. Tentu sangat ringan dan ramah untuk ponsel Android dengan spesifikasi menengah ke bawah.
Download Docufy APK

3. Adobe Scan

adobe scan apk pro

Adobe Scan merupakan aplikasi scanner yang tergolong baru (rilis sekitar tahun 2017). Namun, dari segi kualitas aplikasi ini sudah cukup mumpuni. Fiturnya lengkap dan hasil scan-nya bagus. Adobe Scan menawarkan fitur yang berfungsi untuk menandai semua data penting, misalnya dokumen atau kwitansi.

Fitur unggulan lain dari Adobe Scan adalah mempermudah pengguna membaca dokumen serta membagikannya melalui email atau cloud. Dengan nama besar Adobe, saya rasa sudah tidak perlu diragukan lagi bagaimana kualitas aplikasi ini. Hanya saja, jika kamu belu terbiasa mungkin akan sedikit kesulitan karena Adobe Scan sedikit lebih kompleks dibanding aplikasi serupa lainnya.
Download Adobe Scan APK

4. Microsoft Office Lens

microsoft office lens apk pro

Scanner besutan Microsoft ini sudah mulai eksis di Play Store sejak tahun 2015. Bahkan, Office Lens pernah mendapat gelar aplikasi scanner terbaik di Amerika Serikat dan Puerto Rico. Salah satu kelebihan Office Lens adalah dukungan bahasa yang beragam. Mulai dari bahasa Jerman, Cina, Inggris, Spanyol, dan Indonesia. Aplikasi ini juga cocok digunakan semua kalangan, baik pelajar atau kelas pebisnis.

Office Lens menawarkan kualitas terbaik dalam hal scanning dokumen seperti sketsa, kwitansi, papan tulis, kartu nama, catatann dan sebagainya. Namun, karena fiturnya yang kompleks, saya sarankan untuk menginstal aplikasi ini di smartphone dengan spesifikasi menengah ke atas untuk dapat merasakan pengalaman pengguna yang sempurna.
Download Microsoft Office Lens APK

5. Simple Scan

simple scan apk pro

Bisa dibilang Simple Scan adalah aplikasi scanner yang ramah untuk pemula. Fiturnya basic, cocok untuk sekedar scanning sederhana atau convert dokumen ke PDF. Meski begitu, hasil scan-nya lumayan tajam. Untuk membuka fitur yang lebih memanjakan, Simple Scan juga tersedia dalam versi berbayar seharga $4,99. Meskipun begitu, pengguna masih bisa mengakses fitur berbagai menarik dengan akun gratis.

Sesuai dengan namanya yang mengusung embel-embel 'simple',  file yang dihasilkan hanya tersedia dalam format PDF dan JPEG saja. Jadi, aplikasi ini cocok bagi pengguna yang hanya ingin memindai dokumen dengan kedua format itu saja.
Download Simple Scan APK

6. Camera Scanner Image Scanner

camera scanner image scanner apk pro

Namanya memang kurang begitu terkenal. Tapi, nyatanya Camera Scanner image Scanner sudah diunduh lebih dari 5 juta orang. Hal ini dikarenakan aplikasi buatan AccountStudio ini hanya memiliki ukuran yang cenderung kecil (<10MB) yang jelas tetap powerfull saat diinstal di smartphone kentang sekalipun.

Meski tergolong kecil, fitur yang dimilikinya masih tergolong lumayan. Aplikasi ini mempu melakukan konversi file ke PDF dan JPG secara cepat. Hanya saja, Camera Scanner Image Scanner hanya mengukung kedua format itu saja.
Download Camera Scanner Image Scanner APK

7. Genius Scan

genius scan apk pro

Tak hanya untuk keperluan scanning saja, Genius Scanner juga menyediakan fitur multiple pages untuk menggabungkan hasil scan dalam satu file. Tentu fitur ini memudahkan pengguna yang tidak ingin repot mengirim dokumen satu-persatu yang jelas memakan waktu lama.

Genius Scan juga memiliki fitur memperbaiki hasil scan yang dirasa kurang maksimal. Hanya saja, fitur tersebut masih belum cukup stabil karena hasilnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya.
Download Genius Scan APK

8.  Tiny Scanner

tiny scanner apk pro

Aplikasi buatan Appxy yang sudah didownload sekitar 10 juta pengguna Android. Namanya memang 'tiny', tapi aplikasinya berukuran sekitar 38 MB, cukup besar sehingga kurang cocok untuk RAM kecil.

Selain memindai dokumen dan mengonversikan ke format PDF dan JPEG. Kamu juga bisa meng-upload file ke aneka cloud storage seperti Google Drive dan Dropbox. Hasil scan-nya yang cukup bagus dan tajam.
Download Tiny Scanner APK

9. Fast Scanner

fast scanner apk pro

Aplikasi ini memiliki fitur multiple page scanner untuk dokumen, kartu nama, KTP, catatan, invoices,  papan tulis dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini juga dapat langsung mencetak hasil scan langsung dan dapat dibagikan melalui email atau disimpan dalam perangkat. Aplikasi ini gratis dan ukurannya cukup kecil yaitu 13 MB saja.
Download Fast Scanner APK

10. TurboScan

turboscan apk pro

Turbo Scan juga memiliki fitur multiple pages. Aplikasi ini dapat memindai dokumen apapun seperti catatan, receipt, ijazah, foto, dan lainnya. Ukuran aplikasinya hanya 6MB. Seperti namanya, Turbo Scan dapat memproses pemindaian secara cepat dan langsung dikonversi menjadi PDF, PNG dan JPEG.
Download TurboScan APK
Itulah 10 aplikasi scanner terbaik di android yang dapat kamu coba. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel