Cara Membuat Link 'Klik Langsung ke WhatsApp' untuk Meningkatkan Engagement

menggunakan whatsapp untuk memaksimalkan penjualan

Di media yang serba digital seperti sekarang, aktivitas jual beli online sangatlah marak dan sudah bisa dikatakan sebagai gaya hidup sebagian besar orang. Saya yakin dengan kamu yang sekarang sedang membaca artikel ini kemungkinan besar juga seorang pelaku bisnis online, tepatnya jualan online, entah itu produk sendiri, dropship, atau reseller.

Untuk menjalin engagement yang baik dengan calon customer, penjual biasanya menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp, BBM, atau LINE untuk transaksi dengan atau sekedar memberikan informasi produk kepada pembeli. Diantara ketiga aplikasi chat yang saya sebutkan tersebut, WhatsApp memiliki kelebihan menonjol dalam hal engagement karena memiliki API yang bisa kamu gunakan secara bebas, yaitu 'klik langsung chat'.

API atau Aplication Programming Interface merupakan sekumpulan perintah yang digunakan untuk melakukan aksi tertentu. Dalam kasus ini adalah chat dengan penjual barang. Jadi, nantinya API WhatsApp tadi akan dikombinasikan dengan gambar yang nantinya menghasilkan sebuah tombol, jika di-klik akan mengarah otomatis ke halaman chatting. Tanpa tombol (link saja) bisa juga sih.

tombol klik langsung ke whatsapp

Membuat Link WhatsApp

Untuk membuat tombol/link click to chat tersebut tidaklah sulit.
https://api.whatsapp.com/send?phone=WhatsappNumber&text=CustomText
Simpel kan kodenya? Kamu cukup ganti kata 'WhatsAppNumber' dengan nomor yang ingin kamu gunakan dan 'CustomText' dengan teks default yang kamu inginkan. Bingung? Begini contohnya:
https://api.whatsapp.com/send?phone=6282350591987&text=Saya%20Suka%20TeknoSee
Note:
  1.  Gunakan angka '62' untuk mengganti angka '0'.
  2. %20 adalah simbol untuk spasi, jadi pisahkan setiap kata dengan kode '%20'.
Gampang banget, kan?

Kustomisasi Link WhatsApp

Agar link yang dihasilkan tidak terlalu panjang, kamu bisa memanfaatkan layanan pemendek URL untuk membuat link agar terlihat lebih rapi dan elegan. Ada beberapa layanan shortlink terbaik yang bisa kamu gunakan, diantaranya:
  1. bit.ly
  2. ow.ly
  3. dlvr.it
Tenang, ketiganya bisa kamu pakai secara gratis. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi agar link-mu terlihat lebih profesional. Namun, kamu diharuskan mendaftar (membuat akun) dulu untuk mengakses fitur tersebut.

Layanan Pihak Ketiga

Jika cara di atas kamu rasa terlalu ribet, ada juga layanan pihak ketiga untuk membuat link WhatsApp. Berikut 2 layanan yang saya rekomendasikan.

1. Kontakk (Free - Gratis)

Tool ini dibuat oleh Rianto Astono, salah satu suhu IM yang sudah tidak asing di kalangan para pebisnis online. Beliau sering membagikan tips seputar bisnis dan pernah merilis beberapa e-book juga. Kabar baiknya, layanan ini bisa kamu gunakan bebas, alias tanpa biaya sepeserpun. Meski begitu, fiturnya lengkap dan sangat user friendly.

Pertama, masuk ke situsnya disini.

kontakk adalah layanan yang dibuat Rianto Astono

Masukkan semua informasi yang dibutuhkan (email, nomor telepon tujuan, dan pesan yang diinginkan) pada kolom yang disediakan. Kemudian klik tombol 'Buat Link'.

kontakk adalah salah satu layanan click to chat whatsapp

Ada 3 output yang dihasilkan yaitu link, barcode, dan kode html. Silahkan gunakan yang mana saja sesuai kebutuhanmu.

2. YukChat.us (Premium - Berbayar)

YukChat.us adalah layanan pemendek link WhatsApp premium, artinya ada uang yang harus kamu keluarkan untuk menggunakannya. Namun, fitur yang disediakan juga lebih powerfull. Ada 2 pilihan paket yang disediakan, yaitu Super Elegant dan Elegant.

yukchat.us adalah layanan url pemendek premium untuk link whatsapp

Harga yang dipatok sendiri sebenarnya tidaklah mahal, paket Super Elegant dihargai 20.000 (tahun pertama) dan 100.000/tahun untuk tahun kedua dan selanjutnya. Turun satu peringkat, paket Elegant hanya dibanderol dengan harga 10.000 (tahun pertama) dan 50.000 untuk tahun kedua dan selanjutnya.

Terhitung murah bukan? Harga tersebut tidak ada apa-apanya jika dibandingkan penghasilanmu yang masuk. Tapi, pilihan tetap di tanganmu. Mau pakai yang gratis atau berbayar, semuanya terserah kamu. Saya hanya memberikan rekomendasi saja.

Ya sudahlah, begitu saja untuk artikel 'Membuat Link WhatsApp'. Jika ada pertanyaan, tulis saja di kolom komentar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel