Mengenal IGTV, Fitur Baru Instagram yang Siap Saingi YouTube

Instagram rilis IGTV

Sejak diakuisisi pada tahun 2014 lalu, Instagram terus berkembang menjadi aplikasi social media yang besar. Mungkin kalau bicara soal sosmed yang fokusnya ke platform gambar/video, Instagram memang juaranya.

Sampai saat ini sendiri, Instagram masih sangat rajin merilis fitur baru untuk semakin memanjakan penggunanya dimana yang terbaru aplikasi ini merilis IGTV yang dikatakan mampu menyaingi YouTube.

Apa itu IGTV?

IGTV adalah fitur baru Instagram yang memungkinkan penggunanya membuat channel yang kemudian diisi dengan video. Berbeda dengan fitur video di Instagram yang maksimal hanya 1 menit dan 15 detik di Stories, IGTV memungkinkan kamu membuat tayangan dengan durasi yang lebih lama, yaitu 10 - 60 menit.

Cara membuat channel di IGTV

Durasi yang lebih panjang tersebut tentunya membuat para content creators menjadi semakin leluasa dalam membuat video untuk followers mereka tanpa perlu khawatir dengan batas maksimal 1 menit. Selain itu, IGTV juga dibuatkan aplikasi terpisah yang bisa diunduh via Play Store.

Fitur IGTV

Saat pertama kali mencoba fitur ini, saya sangat kagum dengan apa yang disajikan Instagram. IGTV memiliki UI dan UX yang begitu baik, sangat mudah digunakan dan pastinya tidak ribet. Kamu bisa membuka IGTV dengan menekan tombol di pojok kanan atas (samping direct message).

Saat dibuka, kamu akan langsung disuguhkan berbagai pilihan video yang bisa kamu tonton. Instagram membagi video di IGTV ke 4 kategori berbeda, yaitu:

For You, berisi berbagai channel rekomendasi yang disesuaikan dengan kebiasaan dan kesukaan kamu.

Following, berisi kumpulan video dari akun yang kamu follow.

Popular, berisi berbagai video yang sedang trending dan banyak ditonton.

Continue Watching, berisi video yang pernah kamu tonton sebelumnya tapi belum selesai.

Dari keempat kategori tersebut, 'Continue Watching' menurut saya adalah yang paling menarik. Jika suatu saat kamu sedang menonton video dan entah karena apa kamu harus berhenti menontonnya, kamu bisa melanjutkannya di lain waktu. Asik bukan?

Cara Menonton Konten di IGTV

Setelah menekan ikon IGTV samping ikon DM, kamu akan melihat berbagai pilihan video yang bisa kamu tonton. Setelah menemukan video yang akan kamu putar, tinggal tap saja di bangian tengah dan pilihan video di bagian bawah layar akan otomatis hilang. Untuk memunculkannya kembali, kamu hanya perlu swipe up saja. Kamu juga bisa tap di bagian pinggir layar untuk skip forward/backward.

Menonton video di IGTV

Perlu diingat bahwa menonton video di IGTV itu formatnya vertikal (portrait). Hal ini juga disesuaikan dengan kebiasaan pengguna smartphone dalam menggunakan gawainya.

Menurut saya ini malah menjadi sebuah nilai plus bagi Instagram karena memang Instagram selalu digunakan dengan mode portrait. Jadi, semacam konsistensi gitu lah. Kamu juga tidak perlu repot membolak-balik ponselmu saat ingin mengganti tontonan.

Engagement IGTV

Sama seperti postingan lainnya, kamu sebagai user juga bisa memberikan love, comment, atau share via DM terhadap video yang kamu tonton. Menariknya, kamu tetap bisa melakukan semua hal tersebut sembari memutar video. Berbeda dengan postingan biasanya dimana kamu tidak bisa melihat konten dan membaca komentar secara bersamaan.

Monetisasi

Sampai saat ini Instagram belum memberikan konfirmasi lebih lanjut tentang fitur monetisasi video. Namun, bukan tidak mungkin ke depannya hal ini akan diwujudkan mengingat pengguna Instagram yang begitu banyak. Selain itu, fitur monetisasi juga akan membuat para creator lebih semangat lagi dalam membuat konten. Dan jika benar-benar bisa terwujud, rasanya YouTube mulai memiliki saingan berat.

Mungkin segitu dulu pembahasan tentang IGTV. Menurutmu sendiri bagaimana?

Diberdayakan oleh Blogger.