Nonton Video Lebih Hemat Kuota dengan YouTube Go

youtube go memiliki fitur data saver dan unduh video

Sejak pertama kali dirilis di India tahun 2016, Google Indonesia telah mengumumkan bahwa aplikasi YouTube Go sudah bisa diunduh di Play Store mulai 18 September 2017. Hal ini diungkapkan Google pada YouTube Pop-Up Space yang ke-3 di Jakarta.

"YouTube Go dirancang menyesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia, terutama mereka yang berada di luar Jakarta dengan koneksi internet yang belum stabil", ungkap Fibriyani Elastria, Manajer Pemasaran Produk Google Indonesia.


YouTube Go sendiri adalah aplikasi yang ditujukan untuk pengguna YouTube yang memiliki keterbatasan akan kecepatan koneksi internet serta belum memiliki akses internet tanpa batas. Dalam aplikasi ini disematkan sebuah fitur semacam 'Data Saver' yang bisa menekan penggunaan kuota data saat digunakan streaming video.

Baca juga: 3 Keyword Rahasia di YouTube

Sama seperti YouTube reguler, YouTube Go juga memiliki fitur unduhan yang memungkinkan pengguna mengunduh video dan menyimpannya di memori telepon. Sebelum mengunduh video, pengguna juga akan diperlihatkan sisa kapasitas memori yang ada untuk memberikan informasi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir memori kamu tiba-tiba penuh. Oh iya, kamu juga bisa berbagi file video yang sudah kamu download tadi dengan temanmu.

fitur yang dimiliki youtube go
Image via Official YouTube Blog
Tampilan dari aplikasi ini juga lebih simpel, hanya ada dua tab saja yaitu 'home' dan 'download'. Hal ini berimbas juga pada ukuran aplikasi yang lebih kecil, sekitar 6MB saja. Asik kan?

Namun, ada satu hal yang sepertinya membuat kurang nyaman. Hal tersebut adalah pengguna diharuskan memasukkan nomor telepon sebelum dapat mengakses aplikasi. Saat pertama kali dibuka, kamu disuruh untuk memilih bahasa yang akan digunakan. Setelahnya akan ada form untuk mengisi nomor telepon sebelum kamu bisa melanjutkan ke menu utama.

YouTube Go sendiri masih ber-status 'beta' atau unreleased. Namun, kamu tetap bisa mengunduhnya kok. So, tunggu apa lagi?

Banner: Social Blade

Diberdayakan oleh Blogger.