6 Aplikasi Streaming Musik Terfavorit di Android

dengar musik pakai headset

Musik adalah bagian dari hidup, begitu kata para penikmat musik. Mendengarkan musik memanglah sebuah hal asik dilakukan. Seringnya sih buat teman saat lagi mengerjakan sesuatu misal ngerjain tugas kuliah atau sekedar buat santai saja. Untuk melakukan aktifitas ini pun kamu bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun menggunakan perangkat apa saja, bisa komputer, tablet, iPod, DVD player sampai handphone sekalipun.

Karena jaman sudah serba internet, mendengarkan musik pun sekarang bisa dilakukan secara online atau lebih dikenal dengan sebutan streaming. Tak perlu repot-repot download lagu bajakan lagi, semua musik bisa kamu dengarkan secara legal dan gratis (cukup bayar kuota). Nah, kali ini penulis mau kasih tau aplikasi streaming musik terbaik buat kamu dengerin di smartphone kesayangan kamu.


1. Spotify

cara instal spotify di windows

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang berasal dari Swedia. Spotify dirilis sudah agak lama, tepatnya tahun 2008, tapi baru booming sekitar tahun 2015 lalu. Sampai saat ini, Spotify sudah mendukung lebih dari 70 bahasa berbeda dan menduduki salah satu jajaran aplikasi streaming musik terbaik. Unduhannya sudah mencapai 100 juta dan mendapat rating 4.5 di Play Store.

Spotify dibagi menjadi 2 tipe akun, yaitu Free dan Premium. Untuk menggunakan versi gratis-nya, kamu hanya perlu mendaftar menggunakan email atau akun Facebook kamu. Mudah kan? Tapi fitur yang bisa kamu nikmati hanya sebatas mendengarkan musik saja. Tapi sudah lebih dari cukup kok untuk memanjakan telinga.

Untuk akun berbayar, ada beberapa fitur tambahan yang kamu dapatkan, seperti peningkatan kualitas audio, download lagu serta tidak adanya iklan saat menggunakan aplikasi. Akun berbayar ini mengharuskan kamu membayar 49.900 setiap bulannya.

2. JOOX Music

joox menyaingi spotify di play store

JOOX dikembangkan oleh Tencent Mobility Limited dan bisa dibilang aplikasi ini mirip dengan Spotify. JOOX sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating 4.5 di Play Store. JOOX juga menyediakan 2 tipe akun, yaitu Free dan Premium (JOOX VIP). Untuk akun berbayarnya, layanan ini dibanderol dengan harga 49.000 per bulannya.

3. SoundCloud

upload musik ke soundcloud

SoundCloud ini pada dasarnya mirip dengan Youtube, hanya saja SoundCloud hanya berfokus pada streaming musik saja. Jadi, kamu sebagai pengguna bisa meng-upload lagu kamu sendiri ke SoundCloud dan bisa didengarkan orang lain. Kalau kamu suka meng-cover lagu, aplikasi ini mungkin cocok untukmu.

SoundCloud tidak menyediakan akun berbayar, kamu cukup membuat akun disana dengan email atau sosial media (Facebook dan Google+). Aplikasi ini juga mendukung banyak format lagu, seperti WAV, AAC, MP3, WMA dan masih banyak lagi.

4.Musixmatch Lyrics

aplikasi musik dengan lirik

Seperti namanya, Musixmatch punya keunggulan menampilkan lirik saat memutar lagu. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan Spotify, SoundCloud, YouTube, Pandora dan lainnya. Jadi kamu bisa menampilkan lirik dari lagu yang kamu putar di Spotify dan lainnya. Menarik bukan? Selain itu ukuran aplikasinya juga kecil, hanya 10MB saja.

5. Shazam

cari judul lagu dengan shazam

Sebenarnya Shazam adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari judul lagu. Pasti pernah kan kamu denger lagu tapi gak tau judulnya? Nah, Shazam fungsinya untuk mencari judul lagu tersebut. Jadi, gak perlu susah-susah cari, cukup gunakan aplikasi ini saja. Setelah ketemu judulnya, kamu juga bisa menambahkannya sebagai playlist di Spotify.

6 Google Play Music

pemutar musik bawaan di android

Google Play Music sendiri adalah aplikasi pemutar musik default yang pasti ada di setiap hape android. Hebatnya, aplikasi ini bisa juga kamu gunakan untuk memutar musik secara offline. Membawa tampilan user-friendly ala aplikasi Google lainnya membuat Google Play Music menjadi salah satu aplikasi pemutar musik favorit pengguna android. Koleksi lagu yang disediakan juga tergolong banyak, mencapai 35 jutaan playlist lagus bisa kamu putar secara online.

Dari kelima aplikasi tersebut, Spotify dan JOOX adalah yang terbaik untuk streaming lagu (menurut penulis). Disamping penggunaanya yang mudah, kamu juga bisa menggunakannya secara gratis. Kalau kamu termasuk orang yang kurang suka streaming lagu, kamu bisa coba 7 music player terbaik untuk smartphone kesayanganmu.

Diberdayakan oleh Blogger.