Generasi iPhone Pertama Sampai Terbaru dari Masa ke Masa

perkembangan iphone dari generasi ke generasi dari seri pertama sampai terakhir

Smartphone menjadi salah satu bentuk nyata dari pengembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital ini. Dimana iPhone adalah salah satu smartphone yang memiliki daya tarik tinggi di masyarakat, terutama kaum high class yang ingin menunjang mobilitas. Pasalnya, smartphone besutan Apple ini selalu menawarkan fitur dan kecanggihan yang fenomenal. Di tahun 2007 lalu, iPhone pertama kali dikenalkan oleh mendiang Steve Jobs sebagai ponsel revolusioner dan terobosan baru penghubungan dunia internet.

Read more! Kode Rahasia iPhone

Benar saja, selama 12 tahun iPhone berhasil menjadi salah satu bagian pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. Di mana, brand ini tidak pernah mengecewakan dari segi desain, fitur dan spesifikasi. Bahkan, banyak orang di luar sana yang cenderung 'memaksakan diri' agar bisa memiliki iPhone. Paham kan maksudnya? Semoga kamu bukan salah satunya, ya! Hehehe.

Apple iPhone dari Generasi ke Generasi

Dari pertama kali rilis sampai sekarang, iPhone sudah memiliki banyak seri. Berikut list-nya:

iPhone 2G

iphone 2g adalah seri iphone pertama yang masih menggunakan jaringan 2g gsm

Generasi pertama adalah iPhone 2G yang diluncurkan Juni 2007. iPhone ini sudah dilengkapi dengan kamera 2 MP. Sedangkan untuk memori internal terdapat 3 pilihan, yakni 4, 8 dan 16GB. Sayangnya, generasi pertama ini tidak bisa merekam video. Tapi jangan salah, di tahun tersebut, seri 2G keluaran iPhone ini mampu bersaing ketat di ranah ponsel pintar.

iPhone 3G dan 3GS

iphone 3g adalah seri iphone yang sudah mendukung koneksi 3g hsdpa

Tahun berikutnya, iPhone 3G diluncurkan dengan dua pilihan penyimpanan, 8 atau 16GB. Generasi kedua ini bisa di-update ke IOS 4 dan sudah dilengkapi dengan dukungan 3G, GPS, serta HSDPA (High Speed Downlink Packet Access). Sayangnya material generasi kedua terbuat dari plastik.

Di tahun 2009, Apple merilis iPhone 3GS sebagai penyempurna iPhone 3G dengan spesifikasi lebih baik dan cepat dari generasi sebelumnya. IPhone 3GS juga suppoert upgrade hingga IOS 6.

iPhone 4 dan 4S

iphone 4 merupakan suksesor iphone sekaligus iphone pertama yang sudah mendukung koneksi 4g

Generasi keempat dan kelima ini memiliki desain yang benar-benar berbeda. Smartphone seri ke-4 keluaran Apple ini menjadi iPhone tertipis di dunia dengan lapisan kaca di bagian belakang. Perbedaan seri 'S' pada iPhone kali ini mengacu pada Siri, yakni personal productivity assistant yang siap membantumu menjalani hidup dengan lebih mudah.

iPhone 5, 5S, dan 5C

iphone 5 memiliki dukungan fingerprint untuk keamanan

iPhone generasi ini sudah mendukung jaringan LTE atau yang lebih dikenal sebagai 4G. Berbeda dengan generasi sebelumnya, S pada seri ini mengacu ke fingerprint sensor, sedangkan C adalah color. Pasalnya, memang iPhone 5C hadir dengan 5 warna. Generasi ke-5 ini bisa di-update hingga iOS 10 dan menjadi iPhone terakhir yang menggunakan home button berupa ikon squircle.

iPhone 6 dan 6S

iphone 6 masih mendapatkan update ke ios 13

iPhone generasi ini sudah mengalami perubahan dari processor, kamera, jaringan dan Wifi. Selain itu, ada penambahan fitur 3D touch. Generasi iPhone ini dirasa lebih cepat dengan body almunium yang baik. Terlebih lagi, pilihan warna rose gold yang cantik. Hanya saja, tidak ada perubahan kapasitas baterai.

iPhone SE (Special Edition)

iphone se atau special edition merupakan edisi spesial yang dikeluarkan apple

iPhone SE memiliki bentuk yang tak jauh berbeda dengan iPhone 5S. Hanya saja, pada bagian spesifikasi memiliki spesifikasi yang sama dengan 6S. Dengan RAM 2GB, processor A9 dan kamera belakang 12MP.

iPhone 7 dan 7+

iphone 7 masih sangat recomended digunakan untuk tahun 2019

Perubahan besar terasa di iPhone 7 dan 7+, di mana tombol home button memiliki taptic engine, yakni getaran yang dihasilkan saat menyentuh saja. Selain itu, iPhone ini juga sudah tahan akan debu dan air hingga kedalam 1 meter dalam 30 menit. Sayangnya, headphone jack 3.5 mm tidak ditemukan di iPhone seri 7 ini.

iPhone 8 dan 8+

iphone 8 memiliki varian warna yang aduhai yaitu merah

Penjualan iPhone seri 8 ini memang tidak selaris dengan seri iPhone sebelumnya. Pasalnya, perilisan bersamaan dengan iPhone X. IPhone seri 8 memiliki spesifikasi yang lebih baik dari iPhone seri 7. Salah satunya adalah penggunaan chipset A11 bionic.

iPhone X, XS, XS Max dan XR

iphone x atau 10 adalah seri untuk memperingati hari jadi apple yang ke-10

IPhone X menjadi ponsel pintar yang dirilis sebagai anniversary Apple ke-10. Tampilan dari iPhone ini sangat berbeda dari versi sebelumnya, yakni layar penuh tanpa touch ID dan home button. Sebagai gantinya, untuk sistem keamanan digunakan Face ID.

Generasi terbaru iPhone X ini sebenarnya memiliki fitur yang sama. Ketiganya menggunakan chipset terbaru, yakni A12 Bionic. Perbedaan menonjol dari ketiga series iPhone X tersebut terletak pada ukuran penggunaan layar, di mana XS Max memiliki ukuran terbesar dengan 6.5 inch dengan layar Super Retina. Sedangkan layar termurah digunakan oleh XR, yakni Liquid Retina Display.

Selain itu, XS dan XS Max dibekali dengan dua kamera belakang, sedangkan untuk XR hanya memiliki satu kamera belakang saja.

iPhone 11

iphone 11 paling murah dibanderol dengan harga 12 juta

Saat artikel ini dibuat, iPhone 11 merupakan generasi teranyar yang dikeluarkan Apple pada September 2019. Saya ini mengusung 3 buah kamera di belakang bodi yang membuat desainnya begitu mencolok. Desain unik seperti ini bukan pertama kali dilakukan Apple. Ingat sebelumnya Apple menyematkan poni di iPhone X? Kala itu, poni dianggap aneh karena belum ada yang pernah mengadopsi sebelumnya. Namun, sekarang lihatlah kebanyakan HP keluaran baru sudah menggunakan poni.

Intinya kalau iPhone yang mengeluarkan desain unik, branding-nya yang kuat seakan menutupi kesan 'buruk' dan membuatnya tampak menawan serta eksklusif.

iPhone 11 sendiri mengusung spesifikasi yang bisa dikatakan terbaik di kelasnya. Berbekal chipset A13 Bionic yang disandingkan dengan RAM 4GB jelas membuat performa yang diusung iPhone 11 tidak perlu ditanyakan lagi. Untuk pilihan storage-nya sendiri disediakan 3 varian yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB.

Kesimpulan

Jadi, bisa dibilang kalau generasi iPhone itu sudah lumayan panjang (lebih dari 10 tahun) yang dibarengi dengan kesuksesannya yang ikut terus melambung seiring produk-produk baru yang dirilis. Apa yang membuat iPhone begitu digemari tidak lain adalah eksklusifitas yang membuatnya bak primadona smartphone.

Ya, itu karena iPhone memberikan layanan premium kepada penggunanya. Mulai dari desain yang elegan cenderung mewah, kualitas hardware/software jempolan, build quality yang solid, dan tentunya jaminan privasi pengguna yang benar-benar dijaga oleh Apple. Oh iya, kamera iPhone juga hasil jempretannya begitu aduhai.

Kalau kamu, apakah pengguna iPhone juga? iPhone seri apa?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel