10 Aplikasi Kompres PDF Terbaik di PC

cara mengecilkan pdf agar hemat ruang penyimpanan

Seringkali pengguna dipusingkan untuk menyimpan file PDF yang kadang memiliki ukuran cukup besar. Hal ini mengakibatkan ruang penyimpanan perangkat, katakanlah harddisk menjadi cepat penuh. Salah satu solusinya adalah dengan memperkecil ukuran file PDF tersebut dengan melakukan compressing melalui bantuan aplikasi pihak ketiga.

Pengecilan ukuran ini dapat bermanfaat dalam berbagai keadaan. Utamanya jelas agar ruang penyimpanan tidak cepat habis. Fungsi lainnya adalah kamu bisa lebih leluasa berbagi file secara online melalui email atau platform lainnya. Ukuran yang lebih compact tentu memberikan dampak signifikan pada proses download dan upload dokumen. Selain itu, PDF yang sudah dikompres umumnya bisa dibuka lebih cepat.

Berikut 10 rekomendasi aplikasi kompres PDF (PC version) yang tidak mengurangi kualitas aslinya. Versi android menyusul, ya!

1. Reduce PDF Size

Reduce PDF Size merupakan salah satu aplikasi kompres PDF yang bisa menjadi rekomendasi. Aplikasi ini mampu mengompres banyak file PDF dalam waktu yang bersamaan. Kemampuan seperti ini umumnya dikenal dengan istilah bulk. Selain itu, interface-nya juga sederhana jadi tidak menyulitkan pengguna.

Ketika beroperasi, pengguna akan diberikan 5 pilihan konfigurasi. Kelimanya antara lain Screen View, Low Quality, High Quality (Printer Quality), High Quality (Prepress Quality) serta Default Quality. Pilihan Default Quality ini bisa dipilih untuk menghasilkan hasil kompresan terbaik karena otomatis menyesuaikan setelan paling cocok.
Download Reduce PDF Size

2. Free PDF Compressor

Free PDF Compressor bisa didapatkan secara gratis. Aplikasi ini memiliki user interface yang cukup sederhana yang menjadikannya sangat mudah digunakan. Sayangnya. Free PDF Compressor hanya mampu melakukukan 1 kompres file sdalam satu waktu. Jika kamu sering mengandalkan fitur bulk, mungkin aplikasi ini kurang cocok untukmu.

Meski begitu, mode compress yang disediakan cukup lengkap. Mulai dari mode screen, printer, ebook, prepress, serta default. Perbedaan kelimanya terletak pada kualitas output-nya. Jika pengguna ingin mendapat hasil kompres dengan ukuran paling kecil, opsi mode screen bisa dipilih.
Download Free PDF Compressor

3. ORPALIS PDF Reducer

Dengan aplikasi ini pun, pengguna dapat melakukan kompres PDF dengan lancar. Terdapat banyak fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Seperti pengguna dapat mengatur seberapa kecil ukuran file yang diinginkan setelah dikompres. Menariknya lagi, ORPALIS memiliki kemampuan untuk menghapus satu atau beberapa konten yang tidak diperlukan pada PDF tersebut.

Sama seperti Reduce PDF Size, ORPALIS mampu mengompres banyak PDF dalam waktu bersamaan. Selain itu, aplikasi ini juga mempunyai fitur lain yang bisa dicoba seperti images serta color detection.
Download ORPALIS PDF Reducer

4. PDF Compressor

Untuk menghasilkan file dengan ukuran lebih kecil, kamu bisa memakai aplikasi bernama PDF Compressor. Aplikasi ini tergolong ringan karena memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu hanya sekitar 288 KB saja. Hal tersebut membuat tentu tidak akan memberatkan kinerja PC. Penggunaannya pun sangat mudah dan tidak membingungkan.

PDF Compressor memiliki 4 level pilihan kompres yaitu default, fastest, maximum, serta none. Aplikasi ini mendukung PDF hingga versi 1.5. Saat diuji, file PDF yang berukuran 10,2 MB setelah dikompres langsung mengecil menjadi 9,87 MB. Memang terbilang kecil, sesuai dengan ukuran aplikasinya yang juga mini.
Download PDF Compressor

5. IrfanView

IfranView dikenal sebagai aplikasi editor serta viewer gambar yang cukup serba guna. Namun, aplikasi ini pun mampu bekerja dengan baik untuk mengedit file PDF. Ketika dioperasikan, aplikasi ini harus dibantu oleh plugin default yang disediakan secara terpisah.

Saat dilakukan pengujian untuk mengompres file PDF, IrfanView  dapat bekerja dengan baik. File PDF dengan resolusi 4,7 MB bisa diperkecil menjadi file baru dengan ukuran 1,6 MB (sekitar 66%) tanpa mengurangi kualitas dokumen.
Download IrfanView

6. LibreOffice

Aplikasi kompres PDF lain untuk menghasilkan file dengan ukuran lebih kecil adalah LibreOffice yang merupakan salah satu paket dari Software Microsoft Office. Penggunaannya pun simpel dan tidak membingungkan. Kamu tinggal buka file PDF melalui aplikasi ini, setelah itu klik 'export as PDF'. Langkah ini sekaligus menunjukkan dimana letak file yang telah dikompres akan disimpan.
Download LibreOffice

7. PDF Compressor by Free PDF Utilities

Free PDF Utilities ini sangat disarankan untuk urusan compress data PDF dengan ukuran file besar. Padahal aplikasinya memiliki requirement yang minimalis, tidak sebanding dengan kinerja maksimalnya. Sudah begitu, kamu juga akan diberikan tampilan antarmuka yang mudah dipahami, sekalipun kamu baru pertama kali memakai.
Download PDF Compressor 
Untuk nomor 8 - 10 adalah aplikasi premium dimana kamu harus mengeluarkan terlebih dahulu untuk menikmati fitur di dalamnya. Ada banyak sih versi bajakannya, hanya saja saya tidak merekomendasikannya disini. Keputusan sepenuhnya ada di tangan kalian.

8. Microsoft Word (Berbayar)

Word tidaklah berfungsi untuk mengolah kata saja. Melainkan kamu bisa memanfaatkannya untuk memperkecil ukuran file PDF menjadi lebih minimalis.

Caranya sendiri sangatlah mudah. Pertama, kamu buka file PDF dengan Microsot Word (disarankan 2013 ke atas) dan secara otomatis file tersebut akan berubah menjadi file dengan ekstensi .docx.

Setelah itu pilih 'save as' dengan memilih tipe PDF. Kemudian, pilih 'minimum size' (publishing online) pada menu 'optimize for' dan simpan. Nantinya ukuran dokumen yang baru tersebut akan lebih kecil daripada dokumen sebelumnya.
Buy Microsoft Word

9. Adobe Acrobat Pro (Berbayar)

Umumnya, Adobe Acrobat hanya dikenal karena fungsinya sebagai PDF viewer saja. Padahal, banyak fitur tambahan yang bisa kamu eksplor lebih dalam. Salah satunya dalam urusan meminimalisir ukuran file dokumen. Jadi, tak hanya buat buka dan baca saja, tapi bisa kompres juga.

Untuk melakukannya, kamu cukup membuka dokumen yang bersangkutan dan dan lakukan penyimpanan dengan memilih opsi 'reduce PDF size' agar output dokumen memiliki ukuran file yang lebih kecil. Setelah muncul pop-up window, pilih 'retain existing' kemudian klik 'OK'.
Buy Adobe Acrobat Pro

10. Nitro PDF (Berbayar)

Sama seperti Adobe Acrobat, Nitro juga lebih dikenal karena fungsinya sebagai PDF viewer. Banyak orang yang bahkan tidak paham kalau aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melakukan kompresi file juga dengan fitur optimize yang dimilikinya.

Kamu cukup membuka dokumen PDF seperti biasa dengan Nitro, kemudian klik 'file' lalu pilih 'Optimize PDF' dan tunggu hingga proses selesai. Nantinya file PDF yang sudah dikompresi ukurannya akan otomatis terbuka. Tinggal simpan saja setelah itu.
Buy Nitro PDF
Itulah 10 aplikasi kompres PDF yang bisa kamu coba. Kalau bisa diminimalkan, kenapa harus besar. Iya, kan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel