6 Cara (Pertolongan Pertama) Mengatasi HP Kena Air

solusi hp kena air laut

Ada saja kejadian tak terduga yang bisa membuat HP kita mengalami kerusakan. Misalnya jatuh, terinjak, atau mungkin terkena air. HP terbuat dari bahan logam yang mudah menghantarkan listrik, apabila smartphone terisi air, maka akan merusak seluruh sistem di dalamnya. Kalau sudah begitu, maka HP bisa rusak total dan tidak bisa digunakan lagi. Tapi, jangan khawatir dulu, ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan jika ponsel milikmu kena air.

Berikut 6 diantaranya:

1. Segera Mematikan Smartphone

Pertama, segera matikan smartphone agar air tidak merusak sistem di dalamnya. Ketika smartphone dalam keadaan menyala, ada aliran listrik yang akan memenuhi sistem, apabila terkena air bisa menyebabkan kerusakan.

Read more! Menyimpan Smartphone yang Baik dan Benar

Kita tahu sendiri kalau listrik terkena air dapat menyebabkan konslet atau bahkan kebakaran. Dengan memutuskan aliran listrik (mematikan HP) maka kemungkinan konslet bisa diminimalisir. Jangan dinyalakan dulu sebelum air benar-benar kering.

2. Buka Casing Dan Baterai Agar Cepat Kering

Selanutnya kamu bisa membuka seluruh bagian seperti casing dan baterai apabila bisa dilepaskan (bukan non-removable). Jika smartphone memiliki body metal dan baterai tanam yang tidak bisa dilepas jangan dipaksa untuk melepaskannya karena percuma. Cukup matikan dan keringkan sekering mungkin.

Jangan pernah mencoba membuka seluruh bagian yang sulit dibuka, karena smartphone memiliki komponen Liquid Contact Indicator atau LDI yang tidak boleh terusik. Apabila LDI terusik sedikit saja maka bisa jadi smartphone akan kehilangan garansinya, garansi ini penting untuk menjaga keawetan smartphone.

3. Gunakan Kain Untuk Mengeringkan

Kamu juga bisa memanfaatkan kain untuk mengeringkan semua permukaan yang terbuka. Pilih bahan yang mudah menyerap air. Jika memakai tissu, hati-hati jangan sampai serpihan tisu malah mengotori bagian dalam smartphone.

Hindari membersihkan air dipermukaan smartphone dengan gaya menggosok, karena hal ini hanya akan menyebarkan air menyebar ke sisi lainnya. Tempelkan saja kain yang mudah menyerap air ke permukaan smartphone yang terkena air, tunggu sampai kering.

4. Hilangkan Air Dengan Vacum Cleaner

Vacum cleaner juga bisa dipakai untuk mengoptimalkan pengeringan. Cara ini cukup ampuh karena vaccum cleaner mampu menjangkau hingga ke bagian dalam smartphone yang tidak bisa terjangkau oleh kain.

Hindari meniupkan angin atau mengeringkan air menggunakan hairdryer, suhu panas mampu membuat kerusakan pada komponen-komponen vital dalam smartphone. Sebelum mengarahkan vacum cleaner ke HP, pasti benda-benda seperti SIM card, SD Card dan baterai sudah dilepaskan dan dijauhkan dari smartphone.

5. Taruh Di Dalam Beras Atau Silica Gel

Beras yang notabene memiliki sifat menyerap air bisa membantu menghilangkan air atau lembab pada ponsel yang basah. Setelah selesai melepaskan casing dan baterai, kamu bisa langsung memasukkan hape-mu ke dalam beras hingga terbenam.

Selain beras, kamu juga bisa menggantikannya dengan komponen penyerap lainnya seperti silica gel karena keduanya sama-sama memiliki sifat menyerap air. Tunggu beberapa saat sampai sekiranya sudah kering.

6. Bawa Ke Tukang Servis

Ini adalah opsi terakhir jika segala cara yang kamu lakukan sebelumnya tidak berhasil. Bawa ke service center atau tukang servis hape untuk mengecek seberapa parah kesusakan hape-mu akibat kemasukan air tadi. Jika memang masih bisa diselamatkan dan harganya tidak terlalu mahal, mending langsung reparasi saja. Tapi, kalau mahal ya keputusan ada di tanganmu.

Itulah 6 cara atau pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika HP kena air. Tingkat keberhasilannya tergantung seberapa banyak air yang masuk. Kalau tidak terlalu banyak mungkin masih bisa diselamatkan. Tapi, kalau sampai nyemplung ya berdoa saja masih bisa selamat. Kecuali ponselmu anti air.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel