Lunasbos, Aplikasi Pencatat Hutang Terbaik dengan Sistem Dua Arah

lunasbos adalah solusi mengatasi utang menumpuk yang tidak tercatat rapi

Hutang menjadi sebuah kebiasaan yang menjamur di masyarakat, termasuk Indonesia. Bahkan, tidak jarang perselisihan timbul hanya karena hutang yang tidak seberapa. Entah kecil atau besar nominalnya, hutang tetaplah hutang. Jadi, ya harus dibayar.

Namun, seringnya pihak pemberi atau peminjam kadang lupa. Malah ada juga peminjam yang melupakan utangnya sendiri. Di lain pihak, si peminjam juga terkadang merasa kurang enak hati kalau harus menagih.

Misalnya saja buat kamu yang punya bisnis jualan pulsa, pasti pernah kan temanmu hutang pulsa? Masalahnya, pihak yang hutang terkadang lupa kalau mereka belum bayar. Di posisi penjual, kamu juga merasa tak enak kalau harus menagih. Ya, kan?

Munculnya Lunasbos

lunasbos adalah aplikasi pencatat hutang dengan fitur melimpah

Lunasbos adalah aplikasi yang dibuat oleh sekumpulan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dan pihak luar biasa lainnya. Seperti namanya, tujuan aplikasi Lunasbos jelas untuk mengatasi masalah utang piutang yang sering terjadi.

Selain hutang pulsa yang saya sebutkan tadi, hutang bisa terjadi dalam bentuk lain. Misalnya saja saat kalian nongkrong bersama teman, ternyata ada salah satu orang yang lupa membawa uang yang membuatnya berhutang padamu.

Kalau tidak dicatat, tidak jarang orang yang berhutang suka lupa. Si peminjam mau nagih juga sungkan karena berbagai alasan, misal takut dianggap perhitungan sama teman sendiri. Serba ribet kan, ya?

Dengan adanya Lunasbos, masalah tersebut bisa diatasi.

Fitur Lunasbos

Selain fungsi utamanya sebagai aplikasi pencatat hutang, Lunasbos memiliki beberapa fitur lain yang membuatnya semakin powerfull digunakan. Berikut beberapa fitur unggulan Lunasbos:

1. Sinkronisasi Dua Arah

Tak hanya mencatat di ponselmu, Lunasbos memungkinkan melakukan sinkronisasi bagi peminjam dan pengutang. Nantinya di aplikasi Lunasbos akan tertera kamu berhutang atau mengutangi siapa. Begitupun sebaliknya. Jadi, tidak akan ada lagi salah paham atau lupa.

2. Penyimpanan Cloud

Semua data yang kamu catat akan tersimpan rapi di storage Lunasbos yang sudah berbasis cloud computing. Seandainya saja smartphone-mu hilang, kamu masih bisa login di hape lain dengan data yang tidak akan berubah.

3. Tampilan Simpel

Saat kamu membuka Lunasbos untuk pertama kalinya, saya berani jamin kamu akan langsung paham bagaimana tata cara penggunaan aplikasi pencatat utang dua arah ini. Semua itu berkat UI yang sederhana. Untuk pengguna baru, kamu nantinya juga akan diberi panduan singkat untuk memaksimalkan pemakaian.

4. Rekap Transaksi

Setiap satu bulan sekali, Lunasbos akan mengirimkan rekap utang piutang yang kamu catat melalui email. Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang memang memiliki catatan hutang dalam jumlah banyak.

Cara Daftar Lunasbos

Download Lunasbos
Pertama, buka aplikasi Lunasbos yang sudah kamu download via Play Store. Kemudian klik 'Daftar'.

klik tombol daftar

Isikan identitas berupa nama, nomor telepon, dan email kemudian klik tombol 'Register'.

masukkan identitas diri

Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan via SMS pada kolom yang disediakan. Jika kode tidak masuk, pastikan lagi nomor telepon yang kamu masukkan sebelumnya sudah benar.

masukkan kode verifikasi

Akun berhasil dibuat dan kamu akan diarahkan ke menu awal Lunasbos.

pendaftaran berhasil

Silahkan aktivasi akun terlebih dahulu dengan membuka email yang kamu gunakan untuk mendaftar. Cari dan buka email dari Lunasbos Team kemudian klik tombol 'Konfirmasi Alamat Email' di bagian bawah.

verifikasi identitas melalui alamat email

Jika berhasil, kamu akan diarahkan ke browser dengan keterangan seperti di bawah.

verifikasi akun berhasil dilakukan

Agar bisa melakukan sinkronisasi dengan pengutang, kamu harus mengizinkan Lunasbos mengakses data kontak di ponselmu. Tenang saja, data kamu dijamin aman kok.

mengizinkan lunasbos mengakses kontak untuk keperluan sinkronisasi

Selesai!

Cara Mencatat Utang dengan Lunasbos

Pertama, tekan ikon berbentuk tanda plus di pojok kanan bawah.

klik tombol hijau dengan ikon tambah

Isikan detil hutang selengkap mungkin. Kamu bisa memasukkan kontak, nominal, catatan, jenis utang, sampai tanggal jatuh tempo pelunasannya.

masukkan detil hutang yang dilakukan

Berikut contoh catatan hutang teman yang beli pulsa di tempat saya.

detil informasi hutang yang dicatat dengan aplikasi lunasbos

Sangat mudah, bukan?

Eniwei, Lunasbos itu aplikasi lokal buatan Jogja. Yuk, ikut mendukung developer Indonesia dengan menggunakan aplikasi buatan negeri sendiri. Kalau ada yang mau ditanyakan, tulis saja di kolom komentar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel