7 Cara Hemat Kuota Paling Efisien

memonitor penggunaan kuota agar tidak melampaui batas pakai

Berselancar di dunia maya menggunakan jaringan internet di era yang serba modern ini sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Terlebih dengan semakin banyaknya kelebihan yang ditawarkan dalam penggunaan jaringan internet menjadikan banyak orang tertarik untuk memanfaatkannya.

Hal tersebut bisa digunakan untuk mencari tugas sekolah, curhat di media sosial, hingga berjualan online. Namun untuk menggunakan koneksi internet, maka kamu membutuhkan kuota internet. Terkadang orang tidak sadar ketika menggunakan kuota internet dan tiba-tiba habis. Karenanya kamu harus tahu cara hemat kuota di smartphone sehingga kamu bisa mengontrol kuota kamu.

Berikut 8 cara hemat kuota di smartphone sehingga penggunaannya tidak boros lagi.

1. Ubah Maps dalam Mode Offline

cara mebuka google maps secara offline

Cara hemat kuota di smartphone yang paling ampuh adalah dengan mengubah fitur 'Maps' kamu ke mode offline. Karena aplikasi Maps pada smartphone bisa menguras kuota internet kamu dengan cepat. Namun tidak banyak pengguna yang tidak menyadari hal tersebut.

Maps akan semakin banyak menguras data jika kamu menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satelit. Untuk platform Android, maka kamu bisa sentuh Search Bar di atas aplikasi Maps kemudian menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan 'Save map to use offline'.

2. Pakai Browser yang Lebih Efisien

opera mini memiliki fitur kompresi sampai 90% agar halaman lebih cepat terbuka

Sebuah browser ternyata juga bisa membuat kuota internet cepat habis. Terutama browser yang merupakan bawaan dari smartphone dan telah banyak diyakini bisa mengambil kuota internet kamu. Untuk mengatasi hal ini maka kamu bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini dan UC Browser.

Read more! Penyebab Kuota Ada Tapi Tidak Bisa Internetan

Browser tersebut sudah terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet kamu secara primer dengan mengompres website yang sedang dikunjungi. Dengan fitur data-saving 'video boost', kamu bisa mengurangi proses buffer sekaligus mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot banyak data internet.

3. Nonaktifkan Opsi Sinkronisasi

Ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone sehinga membuat kuota internet habis tanpa kamu sadari. Cara hemat kuota di smartphone yang bisa dilakukan dengan menon-aktifkan sinkronisasi otomatis pada beberapa akun yang jarang digunakan. Caranya dengan masuk ke menu 'Settings - Accounts', kemudian pilih akun yang tidak ingin disinkronisasikan.

4. Batasi Penggunaan Data serta Aktifkan Peringatannya

Cara hemat kuota di smartphone yang bisa kamu terapkan yaitu dengan membatasi penggunaan mobile data serta mengaktifkan peringatannya. Dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada platform Android, maka kamu bisa mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet telah melampaui batas yang ditentukan. Untuk mengatur penggunaan mobile data ini maka kamu bisa langsung masuk ke 'Settings - Data usage -Cellular data - Set cellular data limit' dan tap untuk mengaktifkannya.

5. Batasi Penggunaan Data Background

Terkadang tanpa disadari habisnya kuota internet karena penggunaan data otomatis di background smartphone. Karenanya, cara hemat kuota di smartphone yaitu dengan mematikan penggunaan data di background. Untuk melakukannya kamu bisa masuk ke menu 'Settings - Data Usage'. Tap tiga garis vertikal di kanan atas (restrict background data), kemudian klik 'OK'. Dengan hal tersebut kamu bisa menghemat kuota internet kamu dengan lebih baik. Namun ada risiko yang harus ditanggung, yaitu kamu akan ketinggalan notifikasi dengan cepat.

6. Identifikasi Aplikasi penyedot Kuota Data

instagram adalah salah satu media sosial yang paling banyak makan kuota

Berikutnya, cara hemat kuota di smartphone adalah dengan cara mengidentifikasi aplikasi paling banyak menyedot kuota. Memang akan ada beberapa aplikasi yang telah di download dan kamu install akan lebih banyak menyedot kuota dibanding aplikasi lainnya.

Cara mengetahui hal tersebut dengan menuju ke menu 'Settings - Data Usage' dan scroll ke bawah. Di bagian inilah kamu akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota di smartphone kamu. Untuk menghemat kuota, maka kamu bisa melakukan uninstall aplikasi yang banyak mengambil kuota tersebut. Facebook, YouTube, dan Instagram adalah yang paling boros.

7. Batasi Penggunaan Data di Masing-masing Aplikasi

Selain membuat pembatasan pada penggunaan mobile data, cara hemat kuota di smartphone yang juga bisa dilakukan dengan membuat pembatasan penggunaan data pada masing-masing aplikasi atau layanan yang ada untuk penghematan kuota. Beberapa aplikasi bisa memiliki opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri.

Cara pengaturannya bisa di aksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin kamu atur tersebut. Seperti misalnya pada aplikasi Google Photos, maka kamu bisa masuk ke 'Settings - Back Up & Sync' untuk melihat opsi penghematan data aplikasi tersebut.

Itulah beberapa cara hemat kuota di smartphone yang bisa kamu terapkan agar penggunaan kuota kamu tidak boros lagi. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel