6 Tips Memilih Power Bank yang Bagus dan Berkualitas

memilih power bank terbaik

Di jaman yang serba internet seperti sekarang, kebutuhan akan smartphone menjadi sebuah hal wajib. Lihat saja, sekarang dimana-mana kamu bisa melihat orang selalu sibuk dengan smartphone-nya masing-masing. Ada yang browsing, beli barang online, cek social media, atau sekedar main game untuk menghilangkan penat.

Agar selalu bisa digunakan dalam berbagai keadaan, baterai smartphone menjadi sebuah hal utama yang harus diperhatikan. Karena smartphone juga menjadi tidak ada gunanya ketika beterainya habis, bukan? Hal tersebutlah yang membuat diciptakannya Power Bank, sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penyuplai daya tambahan untuk smartphone.

Kelebihan utama power bank sendiri ialah bisa digunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Jadi, suatu saat bateraimu habis, kamu tidak perlu bingung mencari colokan untuk nge-charge lagi. Masalahnya adalah tidak sedikit orang yang bingung memilih power bank yang bagus untuk smartphone mereka.

Memilih Power Bank Berkualitas

Berikut 5 tips yang bisa kamu gunakan sebagai acuan jika ingin membeli power bank baru:

1. Kapasitas Power Bank

Poin pertama yang harus kamu perhatikan adalah kapasitas daya tampung baterai power bank yang akan dibeli, apakah 5000 mAh, 10000 mAh, atau mungkin 20000 mAh. Sesuaikan kapasitas power bank dengan kapasitas baterai smartphone-mu. Misal kamu punya smartphone dengan baterai 4000 mAh, alangkah baiknya kamu beli power bank dengan kapasitas di atas 8000 mAh.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikanmu kenyamanan dalam menggunakan power bank. Dengan kapasitas minimal 2 kali lebih besar dari baterai, kamu tentunya menjadi semakin leluasa saat akan melakukan charging nantinya.

2. Pastikan Arus Power Bank Sama dengan Arus Charger Bawaan

Hal ini sering tidak diperhatikan oleh sebagian besar orang, padahal arus adalah sesuatu yang penting dalam istilah charging. Ketidaksesuaian arus akan membuat proses pengisian baterai menjadi tidak maksimal yang menyebabkan baterai smartphone menjadi cepat rusak/menggembung.

Lihat dulu berapa arus yang digunakan charger bawaan smartphone-mu, katakanlah 2 ampere. Berarti kamu harus membeli power bank dengan arus 2 ampere juga. Hal ini untuk tetap menjaga baterai smartphone pada performa terbaiknya. Selain itu, proses charging tetap bisa berjalan normal.

3. Jangan Tergiur Harga Murah

'Ada harga ada barang', quote tersebut bukanlah omong kosong belaka karena memang harga menentukan kualitas. Jangan langsung tergiur dengan iming-iming power bank murah, karena biasanya barangnya tidak akan awet. Atau lebih parahnya barang yang kamu beli mungkin adalah palsu. Niatnya menghemat uang, eh malah dapatnya barang palsu, kan rugi to?

Selalu pastikan barang yang kamu beli memiliki kualitas yang bagus. Kualitas power bank bisa dilihat dari merek, harga, dan kemasannya. Biasanya ada ciri-ciri khusus tersendiri yang bisa dijadikan acuan untuk membedakan power bank asli dan abal-abal.

4. Pertimbangkan Merek Ternama

Di luar sana ada banyak sekali merek power bank yang bisa kamu pilih dengan harga yang beragam. Biasanya merek yang sudah memiliki nama besar seperti Hippo dan Vivan akan memiliki banderol harga yang lebih mahal. Tapi, itu sebading kok dengan kualitas yang mereka berikan.

Sama seperti poin nomor 3, jangan asal memilih power bank, apalagi kalau merek-nya terdengar asing di telinga karena bisa jadi itu adalah produk yang tidak berkualitas. Merek yang sudah besar menandakan dedikasi mereka yang benar-benar dipercaya masyarakat, jadi bisa dipastikan kamu tidak akan kecewa meski harus mengeluarkan uang lebih.

5. Fitur Tambahan

Kebanyakan orang taunya power bank hanya untuk keperluan charging saja, padahal ada fitur lainnya juga lho. Salah satunya adalah Short Circuit Protection, yaitu fitur proteksi tambahan untuk mencegah konsleting pada power bank saat digunakan untuk nge-charge.

Fitur ini tidak akan kamu temui di semua merek power bank, melainkan hanya di merek tertentu saja. Biasanya sih yang sudah besar, makannya kebanyakan power bank ternama harganya cenderung mahal karena memang ada kelebihan lain selain fungsi utamanya untuk mengisi daya baterai.

6. Garansi

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penting buatmu untuk memastikan garansi dari power bank yang akan kamu beli. Biasanya sih dikasih waktu 6 bulan - 1 tahun masa garansi tergantung dari produknya. Pastikan juga garansi yang kamu dapatkan adalah resmi (original), bukan garansi toko/distributor. Yang jelas sih selalu rawat power bank kamu dengan baik.

Itulah 6 tips memilih power bank yang bagus dan berkualitas. Jangan asal beli, ya!

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel