Cara Merawat Powerbank Agar Awet dan Tahan Lama

Cara merawat dan menggunakan Power Bank yang baik dan benar

Kebutuhan akan smartphone yang semakin tinggi menuntut smartphone untuk selalu terjaga (tidak mati). Demi mewujudkan hal tersebut, developer smartphone pun berlomba-lomba membuat hp dengan kapasitas baterai besar demi ketahanan baterai yang awet. Meski begitu, nyatanya semua smartphone entah itu Android, iOS, atau Windows Phone sekaligus memang terkenal boros daya. Apalagi jika penggunanya merupakan seorang dengan mobilitas tinggi.

Menyadari kebutuhan akan daya baterai yang tinggi, Power Bank pun muncul untuk menjawab semua masalah tersebut. Power Bank sendiri berfungsi sebagai penyedia daya tambahan untuk smartphone ketika kita berada di luar ruangan yang tidak memungkinkan untuk nge-charge hp. Dengan Power Bank, kamu tak perlu khawatir lagi smartphone bakal mati tiba-tiba.

Namun, di beberapa kasus sebagian pengguna sering mengeluh bahwa Power Bank mereka cepat drop bahkan rusak padahal terhitung masih baru. Maka dari itu, penting untuk diketahui bagaimana cara merawat Power Bank yang baik dan benar.

Tips Power Bank Awet

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk menjaga keawetan Power Bank. Berikut diantaranya:

1. Jangan Sering Di-charge

Pada dasarnya Power Bank sama saja dengan baterai yang memiliki siklus charging. Jenis baterai sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Li-Ion (Lithium Ion) dan Li-Po (Lithium Polymer) Dilansir dari laman Hippo, dikatakan bahwa siklus charging yang dimiliki jenis baterai Li-Ion adalah sekitar 500 kali, sedangkan Li-Po memiliki siklus yang lebih panjang, yaitu 1000 kali charge.

Untuk memaksimalkan siklus baterai yang kamu miliki, alangkah baiknya hindari terlalu sering mengisi daya Power Bank. Lakukan pengisian daya jika benar-benar dibutuhkan saja, yaitu saat baterai mau habir (bar tinggal 1). Dan buat kamu yang baru mau membeli Power Bank, sebaiknya pilih yang memiliki jenis baterai Li-Po karena lebih awet dan tahan lama.

2. Jangan Sampai Over Charging

Over charging ini biasanya kesalahan yang paling sering dilakukan kebanyakan orang. Percaya atau tidak, mayoritas orang lebih suka mengisi daya Power Bank atau hp mereka saat malam hari menjelang tidur. Hal ini bertujuan agar di pagi hari perangkat langsung dalam kondisi penuh. Tapi, masalahnya ini adalah kebiasaan yang kurang baik.

Baterai yang sudah penuh tapi tetap dibiarkan terisi penuh secara terus menerus perlahan membuat komponen dalam baterai menjadi cepat rusak. Jadi, selalu usahakan mencabut Power Bank dari sumber daya ketika sudah terisi penuh. Kecuali kamu memiliki Power Bank dengan fitur over charging protection yang menjadi tidak masalah apabila kamu tinggal semalaman karena proses isi daya akan terputus otomatis saat baterai Power Bank sudah terisi penuh.

3. Jangan Biarkan Sampai Mati

Entah karena lupa atau malas, beberapa orang terkadang tidak sadar kalau kapasitas Power Bank mereka tinggal sedikit. Karena butuh, akhirnya tetap memaksa menggunakan Power Bank untuk nge-charge hape. Eh, belum sampai penuh udah mati duluan. Kebiasaan ini sebaiknya kamu hindari juga kalau tidak ingin Power Bank kamu cepat rusak.

Selalu perhatikan indikator baterai pada Power Bank-mu, kalau memang mau dipakai, pastikan dulu dayanya akan cukup buat nge-charge smartphone-mu sampai penuh. Dan setiap mau dibawa pergi, jangan lupa isi Power Bank kamu sampai penuh agar penggunaannya juga maksimal.

4. Simpan di Tempat yang Sejuk

Untuk menjaga suhu Power Bank tetap terjaga, simpan atau letakkan Power Bank di tempat yang tidak panas atau terkena sinar matahari langsung. Panas berlebih ini akan menyebabkan kerusakan komponen di dalam Power Bank. Hindari juga meletakkan Power Bank dekat perangkat elektronik lain untuk menghindari gelombang elektromagnetic belebih.

5. Usahakan Tidak Terjatuh

Mau bagaimanapun juga, Power Bank tetaplah perangkat elektronik yang tidak didesain tahan benturan. Sekali atau dua kali sih mungkin tidak menjadi masalah. Namun, beda cerita kalau jatuhnya berkali-kali. Jika ingin lebih aman, kamu bisa pakai casing tambahan untuk menghindari benturan. Selain menghindari benturan, bodi Power Bank juga aman terhadap goresan.

Itulah 5 cara merawat Power Bank yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat!

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel