7 Cara Cek IMEI Semua Model Smartphone

cara cek imei samsung

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari 15 digit angka. Bisa dibilang IMEI ini merupakan identitas setiap ponsel atau smartphone. Itulah kenapa sangat penting untuk cek keaslian IMEI sebelum membeli smartphone baru. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan perangkat yang kamu beli adalah device asli, bukan replika bahkan palsu.

Cara Cek IMEI

Masalahnya tidak semua orang mengetahui bagaimana cara cek nomor IMEI. Bahkan beberapa orang cenderung tidak tahu apa itu IMEI dan apa kegunaannya. Untuk pengecekan IMEI, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut diantaranya:

1. Dial *#06#

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah melalui dial pad. Cukup ketikkan kode *#06# dan informasi IMEI smartphone-mu akan langsung muncul di layar.
*#06#

cara cek imei honor

2. Masuk ke Menu 'About Phone'

Kamu hanya perlu masuk ke menu 'setting - about phone - status', scroll ke bawah sampai melihat informasi seputar IMEI. Di beberapa model smartphone, terkadang informasi IMEI sudah ditampilkan di menu 'about phone'.

cara cek imei huawei

3. Dus Box

Tanpa mengulik smartphone sebenarnya kamu sudah bisa melihat nomor IMEI, yaitu di bagian samping dus box hape kamu. Cara ini biasa digunakan untuk memastikan keaslian ponsel yang akan dibeli.

Jadi, pas hape barumu di-unbox, pastikan IMEI yang tertera di smartphone sama dengan IMEI pada dus box. Kalau ternyata berbeda, jangan mau membelinya karena dipastikan perangkatmu tidak sesuai, bisa jadi palsu.

cara cek imei via kardus pembelian

4. Dibalik Baterai

Kalau smartphone kamu mengadopsi baterai removable, buka casing dan cabut baterainya. Kamu akan melihat 15 digit angka disana. Itulah IMEI smartphone-mu. Cara ini hanya berlaku untuk smartphone berbasis Android.

cara cek imei android

5. Casing Belakang (iPhone)

Kalau di Android kamu perlu membuka casing belakang, di iOS kamu tak perlu melakukannya. iPhone mencantumkan 15 digit IMEI-nya di bagian casing belakang. Jadi, cukup balik dan lihat saja.

cara cek imei iphone

6. Melalui iTunes (iPhone)

Cara ini memerlukan komputer/laptop yang sudah diinstal iTunes. Sambungkan iPhone ke komputer via kabel USB. Kemudian masuk ke menu 'Library'  dan informasi lengkap seputar iPhone yang kamu gunakan akan muncul, termasuk spesifikasi singkat, serial number, versi sistem operasi, dan juga 15 digit IMEI iPhone-mu.

cara cek imei iphone via itunes

7. SIM Tray (iPhone)

Alih-alih menempatkannya dibalik baterai, iPhone justru menuliskan IMEI pada SIM tray. Cabut saja dan lihat nomornya. Selesai.

cara cek imei via sim tray

Cek Keaslian IMEI

Masuk ke website http://www.imei.info/ dan masukkan IMEI yang ingin dicek, kemudian tekan tombol 'Check'.

imei.info adalah situs untuk mengecek keaslian nomor imei

Informasi dasar smartphone akan ditampilkan yang menandakan hape kamu asli.

informasi dasar smartphone

Jika saat pengecekan gagal, bisa dipastikan hape-mu palsu atau replika.

Cara di atas berlaku untuk semua tipe perangkat. Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Honor, dan semua seri iPhone. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel