Perbedaan Headset, Headphone, Earphone, dan Handsfree

perbedaan headset dan headphone

Headset, headphone, handsfree, dan earphone adalah produk yang sekilas memiliki fungsi sama, yaitu untuk mendengarkan musik. Intinya sama-sama memiliki output berupa suara yang digunakan dengan ditempelkan di telinga. Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya 4 produk tersebut itu beda-beda fungsinya?

Nyatanya masih banyak orang yang salah kaprah dengan hal ini. Berikut perbedaan headset, headphone, earphone, dan handsfree yang harus kamu tahu.

1. Headset

headset untuk mendengarkan dan berbicara

Headset merupakan perangkat gabungan dari headphone dan mikrofon. Itulah kenapa dinamakan headset (1 set). Perangkat ini memiliki dua device yaitu input dan outpout. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk mendengarkan sekaligus berbicara.

2. Headphone

headphone hanya untuk berbicara saja

Sama seperti headset, hanya saja tidak memiliki mikrofon. Dengan kata lain, kamu hanya bisa menggunakan headphone untuk mendengarkan saja, tidak bisa buat ngomong pas video call, main game, dll. Jelas kan?

3. Earphone

Earphone untuk berbicara saja, bentuknya kecil

Earphone bisa dibilang sama dengan headphone, tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan ukurannya tersebut, kamu jadi lebih mudah dalam hal penyimpanan dan pemakaian. Tidak seperti headphone yang menutupi telinga saat digunakan, earphone menggunakannya dengan cara disumbatkan ke telinga.

4. Handsfree

Handsfree bisa untuk mendengarkan dan berbicara, bentuknya kecil

Kalau handsfree itu fungsinya sama seperti headset, yaitu bisa dipakai untuk mendengarkan sekaligus berbicara. Namun, dengan bentuk yang lebih sederhana untuk memudahkan pemakaian. Selain itu, handsfree biasanya dilengkapi dengan kontrol tambahan untuk menunjang fitur. Perangkat ini juga sering disebut bluetooth headset.

Sudah jelas kan sekarang perbedaanya?

Diberdayakan oleh Blogger.