PhoneKid, Smartphone yang Dibuat Khusus Untuk Anak-anak

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan pada anak

Saat ini perkembangan ponsel sudah sangat pesat, bahkan sampai dijuluki smartphone atau ponsel pintar. Ya, karena memang smartphone tidak hanya digunakan untuk kebutuhan dasar saja (sms dan telepon). Smartphone bisa digunakan untuk fungsi lain seperti main game, internetan, dengar musik, fungsi GPS, dll.

Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, smartphone memang menjadi sebuah benda yang sangat membantu memudahkan pekerjaan manusia. Namun, kadang malah jadi sesuatu yang negatif ketika digunakan oleh anak-anak. Agak miris memang ketika anak jaman sekarang sudah sangat mahir menggunakan smartphone. Memang benar dia bisa mengikuti jaman, tapi hal tersebut ditakutkan membuat si anak candu dan ketergantungan dengan ponselnya.

Terkait masalah ini, Escudo Web menyusun sebuah rencana untuk mengembangkan smartphone khusus anak-anak yang diberi nama PhoneKid. Di dalam PhoneKid akan ditanam sebuah fitur yang memungkinkan orang tua mengawasi anak mereka. Jadi, paling tidak orang tua bisa sedikit mengontrol buah hati mereka saat menggunakan smartphone.

Fitur-fitur yang ada di PhoneKid

Gampangnya sih PhoneKid ini akan tersinkronisasi dengan ponsel sang orang tua. Dengan begitu, diharapkan orang tua bisa memantau kegiatan anak mereka. Orang tua juga memiliki kontrol untuk mengatur aplikasi apa saja yang dapat diakses di PhoneKid.

Hal tersebut jelas sangat membantu orang tua mengawasi anak mereka, mengingat banyak anak yang sudah bisa dikatakan 'terjerumus' oleh banyak konten negatif akibat tidak terkendalinya mereka dalam menggunakan hape.

Orang tua juga diberi akses untuk memberikan perintah melalui home screen. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengingatkan si anak akan sesuatu. Karena berada di home screen, otomatis sang anak akan langsung mengetahuinya saat membuka hape.

Orang tua bisa mengontrol aktivitas anaknya dengan PhoneKid

PhoeKid ini juga memiliki fitur SOS yang akan langsung menghubungi nomor orang tua ketika anak dalam keadaan terancam. Sebaliknya, jika orang tua menelepon, anak juga tidak dapat menolak panggilan tersebut. Sejumlah fitur di dalam ponsel juga tidak bisa dimatikan kecuali dalam keadaan baterai habis.

Melihat fungsinya tersebut, agaknya PhoneKid ini akan menjadi sebuah gebrakan baru untuk menanggulangi masalah anak kecanduan smartphone yang sering terjadi. Sayangnya, Escudo Web masih mencari partner untuk mengembangkan idenya tersebut. Semoga sih memang bisa direalisasikan, ya!

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel