Cara Terbaik Mengisi Daya Baterai Ponsel

tips charging smartphone

Meskipun terus dikembangkan dan kapasitasnya sudah semakin besar, tetap saja keluhan semacam baterai boros atau cepat rusak masih suka dialami pengguna ponsel. Apa sih sebenarnya yang jadi masalah?

Salah satu penentu awet tidaknya sebuah baterai adalah proses charging atau pengisian daya pada ponsel itu sendiri. Selama ini, bagaimana metode yang kamu lakukan? Apa sudah benar?

Dengan alasan kemajuan teknologi, banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan proses isi daya baterai. Dibiarkan semalaman masih menjadi kebiasaan sebagian orang saat charging smartphone. Memang benar, sudah ada fitur untuk memutus aliran listrik secara otomatis saat baterai penuh. Dengan alasan itu, lantas apa kamu juga ikut melakukannya?


Agar baterai tetap awet, tidak melembung dan tetap tahan lama, berikut tips isi daya yang bisa kamu lakukan.

1. Cabut Ketika Indikator Baterai Sudah 100%

Meski sudah ada fitur pemutus daya otomatis, ada baiknya kamu tetap mencabut charger ketika proses isi daya memang sudah selesai. Toh, kenapa juga harus dibiarkan? Kalau sudah penuh ya dicabut saja. Baterai yang sering di-charge terus-menerus akan mengurangi life-cycle atau umur baterai itu sendiri.

2. Jaga Baterai Jangan Sampai Overheat

baterai yang terlalu panas bisa mengurangi umur baterai

Saat mengisi daya, seringnya ponsel tetap digunakan. Hal ini akan membuat baterai lebih cepat panas. Bukannya tidak boleh, tapi sebisa mungkin jangan biarkan kondisi ini terjadi. Gunakan ponsel seperlunya saja seperti chatting atau sekedar browsing saja. Hindari dulu aktivitas bermain game atau hal lain yang membutuhkan banyak daya saat charging dilakukan untuk menghindari panas berlebih.

3. Gunakan Charger Asli

Ingat juga untuk selalu menggunakan charger bawaan karena sudah disesusaikan sedemikian rupa dengan kondisi baterai yang dipakai. Bagaimana kalau rusak? Kamu bisa kok pakai charger lain asalkan dayanya sama dengan charger asli. Ini akan mempengaruhi kecepatan charging itu sendiri.

4. Konsep 20 / 80

Kalau yang ini, saya pribadi tidak terlalu menganjurkan. Diluar sana banyak yang mengatakan tidak baik mengisi daya baterai sampai full 100%, katanya sih mengisi saat indikator 20% dan mencabutnya saat 80% bisa membuat baterai lebih awet.

Untuk sekedar informasi, baterai jenis baru (Li-Ion dan Li-Po) itu bisa diisi dan dicabut kapanpun. Jadi tidak usah terlalu berpatokan dengan konsep di atas. Yang penting jangan dibiarkan semalaman saja sudah cukup.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel