4 Tips Mempercepat Charging Smartphone

cara mempercepat proses pengisian daya di smartphone

Smartphone layaknya sudah seperti barang yang harus ada di genggaman orang saat ini. Sekarang apapun bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone. Browsing, update status, download, ataupun belanja bisa dilakukan ponsel pintar ini.

Untuk melakukan semua hal tersebut smartphone membutuhkan daya yang tidak sedikit. Sudah tidak asing bukan orang mengeluh soal baterai boros pada ponselnya? Smartphone apa saja entah itu Android, iOS atau Windows Phone memang terkenal perihal baterai boros.

Proses charging untuk mengisi daya baterai juga membutuhkan waktu yang tidak cepat. Yah, kira-kira membutuhkan 1-2 jam sampai baterai benar-benar penuh. Tapi, sebenarnya kamu bisa mempercepat charging smartphone kamu lho. Tips ini bisa kamu lakukan untuk mempercepat pengisian daya pada ponselmu:


Matikan Smartphone

Untuk mendapatkan proses isi daya yang maksimal, sebisa mungkin matikan ponsel kamu saat melakukan charging. Secara teori, charging yang dilakukan pada ponsel dalam keadaan mati lebih cepat selesai karena tidak ada daya yang keluar saat melakukan isi daya. Berbeda jika kamu menggunakan smartphone bersamaan dengan mengisi daya. Baterai akan lebih lama penuh karena adanya proses keluar masuk arus listrik dalam waktu bersamaan.

Matikan Jaringan Data

Jika terpaksanya kamu tidak bisa kehilangan akses dengan smartphone kesayangan kamu, matikan saja data saat melakukan charging atau gunakan modus terbang (airplane mode). Perlu diketahui, jaringan data adalah salah satu faktor penyebab baterai ponsel boros.

Gunakan Charger Original

Charger asli (original) adalah charger yang sudah disesuaikan dengan tipe ponsel kamu. Daya atau arus yang dipakai sudah pasti cocok dengan ponselmu. Jadi sebisa mungkin gunakan charger bawaan untuk isi ulang daya. Sebenarnya boleh menggunakan charger tipe lain, hanya saja pastikan arus pada charger yang kamu pakai sama dengan charger bawaan ponsel kamu.

Jangan Charge Dengan USB

Terkadang karena lupa bawa charger, kebanyakan orang menggunakan laptop untuk charge smartphone via kabel USB. Cara ini tidaklah salah, hanya saja arus yang dimiliki USB itu lebih kecil (sekitar 0,1 A - 0,5 A). Ini terpaut jauh dari charger bawaan yang memiliki output daya sekitar 2 A. Dengan begitu proses charging akan menjadi lebih lama. Kebayang kan nunggunya?

Mungkin ada pendapat lain untuk mempercepat charging smartphone? Bisa masukan di kolom komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.